Sukses


Sistematika 8 Besar hingga Final Piala Presiden 2022: Perjuangan Belum Usai!

Bola.com, Jakarta - Piala Presiden 2022 sudah memasuki fase akhir dari babak grup, di mana kini hanya menyisakan empat pertandingan, masing-masing dua dari Grup A dan dua lainnya dari Grup B. Panggung 8 besar turnamen pramusim segera rapi. Bagaimana kelanjutan tim-tim yang berhasil lolos ke fase selanjutnya?

Sampai sejauh ini, baru Grup C dan Grup D dari Piala Presiden 2022 yang sudah rampung terlaksana. Persib Bandung dan Bhayangkara FC menjadi tim yang melangkah ke 8 besar dari Grup C. Sementara dari Grup D ada Arema FC dan PSM Makassar yang mendapatkan tiket ke perempat final.

Jika melihat komposisi tersebut, dua tim tuan rumah fase grup berhasil melanjutkan kiprah mereka dan akan menjadi tuan rumah laga perempat final. Sebagai informasi, juara dari setiap grup akan menjadi tuan rumah di babak delapan besar yang menggunakan format single match.

Sementara itu, PSIS Semarang juga sudah dipastikan menjadi juara Grup A, di mana posisi pendampingnya masih diperebutkan oleh empat tim lain di grup tersebut, yaitu PSS Sleman, Persita Tangerang, Dewa United dan Persis Solo. Keempat tim tersebut masih sama-sama punya peluang untuk ke delapan besar.

Justru yang menarik adalah dari Grup B, di mana belum ada satu pun tim yang memastikan lolos ke fase delapan besar, di mana Borneo FC Samarinda, tim tuan rumah grup yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda, itu berada di puncak klasemen dengan hanya unggul satu poin dari Barito Putera dan dua poin dari RANS Nusantara FC yang sama-sama masih berpeluang mendapatkan tiket ke delapan besar.

Menariknya, akan ada perbedaan sistem pertandingan ketika memasuki perempat final dan semifinal Piala Presiden 2022. Berikut penjelasannya:

2 dari 5 halaman

Single Match di Perempat Final

Dari empat pertandingan yang akan digelar di babak delapan besar atau perempat final, sudah ada tiga tim yang memastikan diri menjadi tuan rumah, yaitu PSIS Semarang, Persib Bandung, dan Arema FC.

Mengapa ada tuan rumah di fase delapan besar ini? Karena pertandignan perempat final Piala Presiden 2022 ini digelar dengan format satu pertandingan atau single match.

Sejak awal sudah disepakati bahwa tim yang lolos sebagai juara grup berhak menjadi tuan rumah pertandingan perempat final.

Artinya, PSIS Semarang yang sudah pasti lolos sebagai juara Grup A bakal berhadapan dengan Bhayangkara FC yang lolos sebagai runner-up Grup C. Duel ini akan digelar di Stadion Jatidiri, Semarang, pada 3 Juli mendatang

Sementara itu, Arema FC dan Persib Bandung masih menunggu lawan masing-masing yang akan dihadapi di Stadion Kanjuruhan, Malang, dan Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Arema FC akan menghadapi runner-up Grup B pada 1 Juli, sementara Persib menjamu runner-up Grup A pada 2 Juli.

Sementara itu, PSM Makassar masih belum tahu akan bermain di mana pada 3 Juli nanti. Lolos sebagai runner-up Grup D, tim berjulukan Juku Eja itu masiih harus menunggu tim mana yang akan keluar sebagai juara Grup B, di mana tim tersebut akan menjadi tuan rumah perempat final yang dimainkan PSM.

3 dari 5 halaman

Dua Leg di Semifinal

Setelah empat pertandingan delapan besar dimainkan dan diketahui empat tim yang melangkah ke fase selanjutnya, Piala Presiden 2022 berlanjut dengan dua laga semifinal yang bakal digelar dengan sistem dua leg atau home and away.

Berbeda dengan perempat final yang menggunakan single match, fase semifinal ini akan menjadi momentum yang luar biasa bagi empat tim yang melangkah jauh di Piala Presiden 2022 itu.

Momentum yang dimaksud adalah setiap tim berhak untuk tampil di stadion kandang mereka dan disaksikan oleh mayoritas suporter tim tuan rumah yang bisa membantu menekan tim tamu dalam pertandingan.

Leg pertama semifinal bakal digelar pada 7 Juli, sementara pertandingan leg kedua digelar empat hari berselang. Tentunya gol tandang akan turut menjadi faktor pendukung keberhasilan tim melangkah ke pertandingan puncak.

4 dari 5 halaman

Dua Kali Final

Seperti halnya semifinal, pertandingan puncak Piala Presiden 2022 pun akan digelar dalam dua kesempatan. Sistem home and away juga akan dilakukan di pertandingan puncak turnamen pramusim tersebut seperti dalam beberapa edisi terakhir Piala Presiden.

Layaknya pertandingan yang digelar di semifinal, dua tim yang melangkah ke partai final sama-sama mendapatkan kesempatan untuk tampil di depan pendukungnya sendiri yang memadati stadion yang mereka gunakan sebagai kandang.

Pertandingan leg pertama final Piala Presiden 2022 bakal digelar pada 14 Juli 2022, sementara leg kedua dari partai puncak itu bakal digelar pada 17 Juli.

5 dari 5 halaman

Jadwal Fase Gugur Piala Presiden 2022

Jadwal Perempat Final Piala Presiden 2022

1 Juli 2022

  • 20.30 WIB - Persib Bandung vs Runner-up Grup A

2 Juli 2022

  • 15.30 WIB - Arema FC vs Runner-up Grup B

3 Juli 2022

  • 15.30 WIB - PSIS Semarang vs Bhayangkara FC
  • 20.30 WIB - Juara Grup B vs PSM Makassar

Jadwal Semifinal Piala Presiden 2022

  • Leg pertama semifinal: 7 Juli 2022
  • Leg kedua semifinal: 11 Juli 2022

Jadwal Final Piala Presiden 2022

  • Leg pertama final: 14 Juli 2022
  • Leg kedua final: 17 Juli 2022

Video Populer

Foto Populer