Sukses


Hasil Piala Presiden 2022: PSS Singkirkan Persib Lewat Babak Adu Penalti

Bola.com, Bandung - PSS Sleman berhasil mengalahkan Persib Bandung di babak perempat final Piala Presiden 2022, Jumat (1/7/2022) malam WIB. PSS mengalahkan Persib dengan skor 5-3 lewat babak adu tendangan penalti. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan skuad asuhan Seto Nurdiyantoro ke babak semifinal.

Persib Bandung tampil nyaris full team di laga ini. Para pemain andalan Timnas Indonesia seperti Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya dimainkan sejak awal laga.

Di sisi lain, Seto Nurdiyantoro justru hanya menurunkan satu pemain asing di laga ini. Sosok yang dimaksud adalah Ze Valente.

Laga berjalan delapan menit, PSS Sleman mendapatkan peluang pertama. Rifky Suryawan melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti. Fitrul Dwi Rustapa menepis bola yang kemudian membentur tiang gawang. Boaz Solossa gagal memanfaatkan bola muntah tersebut. Trio gelandang Persib yang diisi Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Abdul Aziz tampil dominan. Meski demikian, mereka sulit menembus lini pertahanan PSS.

Persib Bandung terlihat sangat kesulitan membongkar pertahanan Persib. Hingga cooling break tiba, belum ada shot on target yang mengarah ke gawang Muhammad Ridwan.

Boaz Solossa sempat mencetak gol di menit ke-43. Namun, gol itu dianulir lantaran Boaz sudah ada dalam posisi offside. Babak pertama berakhir dengan kedudukan imbang tanpa gol.

 

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Sama seperti di babak pertama, di awal babak kedua tempo lambat kembali tersaji. PSS Sleman bermain lebih aman, sementara Persib tidak bisa memanfaatkan situasi itu.

PSS Sleman justru mampu mencetak gol lebih dulu di menit ke-53. Menerima umpan dari sisi kiri, Boaz secara mengejutkan menang dalam duel udara dengan dua bek Persib.

Boaz mengarahkan bola dengan kepalanya ke pojok kanan atas gawang Persib. Fitrul Dwi Rustapa tak bisa berbuat banyak.

Setelah kebobolan pelatih Persib, Robert Alberts langsung melakukan dua pergantian cepat. Febri Hariyadi dan David Rumakiek ditarik keluar. Masuk dua pemain yang lebih segar, Zalnando dan Erwin Ramdani.

Frets Butuan melewati beberapa pemain PSS Sleman di menit ke-59. Sayangnya, eksekusi terskhir Frets masih jauh dari sasaran.

Sepuluh menit kemudian, Frets Butuan kembali mengancam. Kali ini melalui tendangan keras dari sisi kanan pertahanan PSS. Muhammad Ridwan masih mampu menepis tendangan itu.

Bek kiri PSS Sleman, Syaiful Ramadhan bertindak ceroboh di menit ke-83. Ia melakukan pelanggaran di area terlarang. PSS dihukum penalti dan Syaiful mendapatkan kartu kuning kedua.

Marc Klok maju sebagai eksekutor. Ia mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang PSS. Muhammad Ridwan bisa membaca bola namun, laju tembakan Klok terlalu keras.Tak ada gol yang tercipta hingga babak kedua usai. Pertandingan ini harus diselesaikan dengan babak adu tendangan penalti.

 

3 dari 4 halaman

Adu Penalti

Persib Bandung:

  • - Marc Klok (Gol)
  • - Erwin Ramdani (Gagal)
  • - Rachmat Irianto (Gol)
  • - Achmad Jufriyanto (Gagal)

PSS Sleman:

  • - Ze Valente (Gol)
  • - Bagus Nirwanto (Gol)
  • - Hambali Thalib (Gol)
  • - Rifky Suryawan (Gol)

 

4 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain

  • Persib Bandung (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa (Kiper), Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Rachmat Irianto, David Rumakiek (Belakang), Abdul Aziz, Marc Klok, Ricky Kambuaya (Tengah), Febri Hariyadi, Ezra Walian, Frets Butuan (Depan).
  • Pelatih: Robert Alberts
  • PSS Sleman (4-2-3-1): Muhammad Ridwan (Kiper), Bagus Nirwanto, Marckho Sandi, Dedy Gusmawan, Syaiful Ramadhan (Belakang), Manda Cingi, Wahyu Sukarta, Rifky Suryawan, Ze Valente, Irkham Mila (Tengah), Boaz Solossa (Depan)
  • Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Video Populer

Foto Populer