Sukses


Timnas Indonesia U-19 Wajib Tundukkan Myanmar Jika Mau Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, Ini Perhitungan Peluangnya

Bola.com, Bekasi - Timnas Indonesia U-19 berhasil memetik kemenangan dalam laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2022. Mereka unggul dengan skor 5-1 atas Filipina di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022) malam.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-19 naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan delapan angka. Dua posisi teratas Grup A dihuni oleh Vietnam dan Thailand yang sama-sama telah mengoleksi 10 poin.

Peluang Timnas Indonesia U-19 untuk finish dua posisi alias melaju ke semifinal teratas tentu masih terbuka lebar. Sebab, mereka akan menghadapi Myanmar di laga terakhir pada Minggu (10/7/2022) malam.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Myanmar Tersingkir

Myanmar sudah dipastikan tidak akan lolos ke semifinal karena baru mengemas enam poin dari tiga laga. Artinya, kemenangan atas Timnas Indonesia U-19 nantinya tak mungkin membuat mereka masuk ke dua posisi teratas karena hanya punya sembilan poin maksimal.

Di saat yang bersamaan, Vietnam dan Thailand akan saling berhadapi di partai terakhir fase grup tersebut, Minggu malam juga. Peluang kedua tim juga masih sangat terbuka lebar dan memegang kendali untuk melaju ke fase gugur.

3 dari 7 halaman

Bagaimana Kans Timnas Indonesia U-19?

Kans Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 masih ada, meskipun mereka harus berjuang keras dan nantinya akan bergantung dari hasil tim lain.

Persaingan di Grup A ini luar biasa berat. Indonesia, Thailand, dan Vietnam, tim-tim yang punya tradisi bagus di turnamen usia muda, kumpul di situ.

Yang perlu dilakukan para pemain Timnas Indonesia U-19 saat ini adalah berjuang keras untuk menumbangkan Myanmar di laga terakhir. Dengan begitu, mereka akan mengoleksi 11 poin di fase grup.

4 dari 7 halaman

Sikut-sikutan

Tapi, belum tentu juga dengan 11 poin itu mereka bisa lolos. Ada Thailand dan Vietnam yang juga punya kans besar dan juga meraih 11 poin di klasemen akhir nanti jika mengakhiri laga dengan hasil imbang.

Persaingan seru ini semakin mendefinisikan bahwa Grup A merupakan grup neraka yang dihuni oleh para kandidat juara ajang ini. Tim-tim yang akan lolos ke babak 4 besar akan ditentukan sampai laga pamungkas.

Kans Timnas Indonesia U-19 lolos akan semakin besar jika duel Vietnam versus Thailand melahirkan pemenang. Sebab, situasi itu membuat Timnas Indonesia U-19 menyalip satu dari dua tim tersebut dan dipastikan finish dua posisi teratas.

5 dari 7 halaman

Paling Produktif

Seperti disebutkan, jika laga Thailand versus Vietnam berakhir seri maka terdapat tiga tim yang sama-sama mengoleksi 11 angka. Berdasarkan regulasi turnamen, penentuan tim yang lolos ke fase gugur jika poin sama adalah selisih gol, agresivitas gol, lalu head to head.

Nah, regulasi selisih gol ini membuat Timnas Indonesia U-19 akan lebih diunggulkan. Pasalnya, mereka kini menjadi tim dengan surplus gol terbanyak dengan telah membukukan 12 gol dan kebobolan satu gol saja.

Bandingkan dengan Thailand yang hanya enam, lalu Vietnam hanya sembilan. Kedua tim ini juga akan kesulitan untuk menambah surplus gol karena saling berhadapan. Bandingkan dengan Timnas Indonesia U-19 yang berpeluang mencetak banyak gol kontra Myanmar.

6 dari 7 halaman

Kemenangan Jadi Harga Mati

Thailand dan Vietnam kemungkinan akan memilih saling bunuh untuk lolos, ketimbang bermain dengan skor imbang dan bergantung dengan hasil Timnas Indonesia U-19 lalu hitungan produktivitas gol.

Makanya, Timnas Indonesia U-19 juga wajib mencetak banyak gol, untuk mengantisipasi adanya situasi penentuan produktivitas.

Jadi, kans Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal tetap ada. Tapi, pakai acara degdegan sampai pertandingan terakhir karena harus menang melawan Myanmar di laga terakhir nanti.

7 dari 7 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-19

Matchday 5 Grup A Piala AFF 2022

  • Timnas Indonesia U-19 Vs Myanmar
  • Minggu, 10 Juli 2022
  • Kick-off: 20.00 WIB
  • Stadion Patriot Candrabhaga
  • Live: Indosiar
  • Live Streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer