Sukses


Bungkam Laos, Malaysia Raih Gelar Juara Piala AFF U-19 Kedua dalam Sejarah

Bola.com, Bekasi - Timnas Malaysia U-19 tampil impresif di babak final Piala AFF U-19 2022, Jumat (15/7/2022). Dalam laga final yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat itu, Malaysia menang 2-0 atas Laos U-19.

Timnas Malaysia U-19 langsung tampil agresif di awal babak pertama. Laga berjalan lima menit umpan silang winger Adam Farhan masih bisa disapu pemain belakang Laos.

Malaysia terpaksa melakukan pergantian pemain secara cepat di menit ke-12. Najmudin Akmal mengalami cedera pada bagian tangannya. Najmudin tak bisa melanjutkan laga dan masuklah Haykal Danish.

Malaysia mampu membuka keunggulan di menit ke-14. Faiz Amer Runnizar lepas dari kawalan pemain belakang Malaysia. Ia memanfaatkan umpan yang berasal dari tendangan bebas. Para pemain belakang Laos hanya terpana saja.

2 dari 5 halaman

Sengit

Laos tersulut setelah mereka ketinggalan di awal babak pertama. Beberapa kali para pemain Laos mencoba membongkar pertahanan Malaysia. Namun, Laos sulit sekali mendapatkan upaya tembakan.

Tensi laga agak sedikit meninggi. Memasuki menit ke-30 ada tiga pemain yang sudah mendapatkan kartu kuning. Dua pemain dari Laos dan satu lagi dari Malaysia.

Winger kiri Malaysia, Adam Farhan memiliki peluang emas di menit ke-36 Namun, sepakan kaki kirinya masih belum menemui sasaran.

Memasuki menit ke-39, Laos mendapatkan peluang bersih pertama di laga ini. Sayang, sontekan bek tengah Laos, Sipongpang 4 masih bisa ditahan kiper Malaysia, Syahmi Adib.

3 dari 5 halaman

Babak Kedua

Laos langsung menggebrak di awal babak kedua. Penyerang andalan mereka, Peeter Phantavong  memiliki peluang cukup terbuka di kotak penalti Malaysia. Sayangnya, tembakan Peeter Phantavong  masih jauh dari sasaran.

Memasuki menit ke-60, Faiz Amer nyaris mencetak gol keduanya di laga ini. Namun, Faiz kali ini gagal melakukan tugasnya. Padahal, gawang sudah kosong setelah kiper Laos tak berada di posisinya.

Tempo di babak kedua tak secepat di babak pertama. Stamina para pemain dari kedua tim tampak sudah terkuras. Apalagi kondisi lapangan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat tidak terlalu ideal setelah diguyur hujan lebat.

Sampai menit ke-73, Laos masih tampil lebih dominan. Namun, ketatnya pertahanan Malaysia masih belum bisa mereka tembus.

4 dari 5 halaman

Di Atas Angin

Malaysia yang lebih tertekan di babak kedua justru mampu menambah keunggulan di menit ke-76. Alif Farkhan melepaskan crossing yang sangat baik dari sisi kiri pertahanan Laos. Alif Izwan Yuslan yang berdiri bebas tinggal mencocor masuk bola ke dalam gawang Phounin Xayyasone.

Malaysia pandai mengatur tempo permainan di sisa babak kedua. Sementara pemain Laos tampak sudah kehilangan motivasi dan stamina untuk menyerang.

Hingga babak kedua berakhir skor 2-0 untuk keunggulan Malaysia tidak berubah. Harimau Malaya muda meraih gelar juara Piala AFF U-19 2022.

Ini adalah gelar kedua Malaysia di ajang Piala AFF U-19. Sebelumnya mereka meraih gelar pada edisi tahun 2018 lalu. Menariknya, saat itu Indonesia juga menjadi tuan rumah.

5 dari 5 halaman

Daftar Susunan Pemain

Malaysia U-19 (4-3-3): Syahmi Adib (Kiper), Alif Farkhan, Faiz Runnizar, Muhammad Ubaidillah, Fakhrul Fareez (Belakang), Ziad Norhisham, Ahmad Aysar Hadi, Haiqal Haqeemi (Tengah), Adam Farhan, Alif Izwan Yuslan, Najmudin Akmal (Depan).

Pelatih: Hassan Sazali

Laos U-19 (4-1-4-1): Phounin Xayyasone (Kiper), Puoutthavong Sangvilay, Foutbone Kounnasen, Anantaza Siphongphan, Saelunaxay Phommavong (Belakang), Vongsakda Chanthaleuaxay, Chantaviphone Phoumsavanh, Sayfon Keohanam, Chantavixay Kounthompoumphone, Damoth Thongkamshavath (Tengah), Peeter Phantavong (Depan).

Pelatih: Hans Michael Weiss

Video Populer

Foto Populer