Sukses


Duel Pelatih Persebaya Vs Persita di BRI Liga 1: Aji Santoso Idola Baru, Alfredo Vera Pernah Berjasa

Bola.com, Surabaya - Pertarungan Persebaya Surabaya kontra Persita Tangerang dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (1/8/2022) malam, bakal jadi momen emosional bagi pelatih Persita, Angel Alfredo Vera.

Pria asal Argentina itu punya sederet kenangan manis saat masih menukangi Persebaya Surabaya. Pada 2017 silam, ia membawa klub berjuluk Green Force itu promosi ke kasta tertinggi.

Sayangnya, kisah indah itu berakhir begitu tragis di pertengahan kompetisi Liga 1 2018. Kegagalan beruntun Persebaya membuat manajemen mengambil langkah dramatis dengan mengakhiri kemitraan.

Setelahnya, pelatih berusia 49 tahun itu melanglang ke beberapa klub besar lain, semisal Persiba Balikpapan hingga Persipura Jayapura. Namun, ceritanya tak pernah lagi menawan seperti saat bersama Persebaya Surabaya.

Kembali ke 'Surabaya' untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun pergi bakal sangat menguras energinya. Tetapi ia harus bertindak profesional sebagai pelatih tim lawan.

 

2 dari 5 halaman

Aji Santoso Idola Baru

Selepas hengkangnya Angel Alfredo Vera, Persebaya Surabaya sejatinya sempat ditukangi beberapa pelatih kawakan, macam Djadjang Nurdjaman dan Wolfgang Pikal. Tapi, tak ada dari keduanya yang mampu bersinar seperti Aji Santoso.

Walaupun tak mampu membawa timnya merebut gelar juara musim lalu, Persebaya dibawanya tampil atraktif. Mereka berhasil melesatkan 56 gol, terbanyak kedua setelah Bali United.

Tak heran bila akhirnya titel pelatih terbaik BRI Liga 1 2021/2022 jatuh ke tangannya. Pelatih asal Malang itu berhasil mengangkangi pelatih beken lainnya, seperti Stefano Cugurra yang membawa Bali United juara.

 

3 dari 5 halaman

Perjalanan Musim Ini

Penampilan Persebaya Surabaya dan Persita Tangerang sejatinya tak bagus-bagus amat sepanjang Piala Presiden 2022. Kedua tim tidak mampu melangkah ke babak selanjutnya lantaran gagal merebut dua posisi teratas di masing-masing grupnya.

Namun, Persita sedikit membuktikan bila mereka bisa tampil lebih baik di kompetisi. Pada pekan pertama lalu, mereka memecundangi Persik Kediri. Sementara itu, Persbaya justru keok dari Persikabo 1973.

Kedua hasil tersebut tentu tak bisa menjadi patokan, mengingat kompetisi juga baru berjalan satu pertandingan. Namun, kemenangan di pertandingan ini, mungkin bakal memberikan kepercayaan diri bagi kedua pelatih menghadapi sisa kompetisi.

 

4 dari 5 halaman

Rekor Pertemuan Aji Santoso Vs Angel Alfredo Vera

Kedua pelatih ini sejatinya memiliki rekor seimbang dalam tiga kali pertemuan terakhir di Liga 1. Keduanya berbagi satu kemenangan dan satu pertandingan lainnya berakhir imbang.

Tetapi di pertemuan terakhir keduanya, Aji harus rela pulang dengan tangan hampa. Vera yang kala itu masih menukangi Bhayangkara FC, berhasil membabat Persela Lamongan asuhan sang rival pada Liga 1 2019.

Pertarungan keempat nanti bakal jadi ajang pembuktian bagi kedua pelatih. Siapa jagoan kalian?

5 dari 5 halaman

Jadwal Persebaya vs Persita

Pekan kedua BRI Liga 1 2022/2023

Persebaya Surabaya vs Persita Tangerang

  • Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya
  • Kick-off: 20.30 WIB
  • Live: Indosiar
  • Streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer