Sukses


BRI Liga 1: Bhayangkara FC Apes! Anderson Salles Cedera, Yanto Basna Belum Bisa Bergabung

Bola.com, Jakarta - Bhayangkara FC menghadapi nasib sial di pekan ketiga BRI Liga 1 2022/2023. Bek Anderson Salles menjadi tumbal kemenangan 1-0 atas Persebaya Surabaya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (7/8/2022).

Mulanya, pemain asal Brasil itu melakukan duel perebutan bola dengan striker Persebaya, Januar Eka Ramadhan, di menit ke-33. Di momen itulah, Anderson Salles lantas memegang pahanya dan tidak mengejar Januar yang lolos dari kawalan.

Tim medis kemudian memberi perawatan kepada Salles di dalam lapangan. Sayang, dia tidak dapat melanjutkan pertandingan dan ditarik keluar pada menit ke-36 dengan diganti oleh Indra Kahfi.

“Saya dapat informasi dari tim medis, Salles ada kendala hamstring. Tapi, kami belum tahu berapa lama penyembuhan. Kami menunggu informasi dari dokter,” kata Widodo C. Putro, pelatih Bhayangkara FC.

2 dari 5 halaman

Kerugian

Absennya Salles ini menjadi kerugian buat Bhayangkara. Sebab, bek berusia 34 tahun itu bukan hanya pemain yang tangguh di belakang. Salles juga dikenal memiliki kemampuan tendangan bebas akurat dan sundulan mematikan yang berbuah gol.

Beruntung, Bhayangkara FC tidak kebobolan di laga ini dengan penampilan yang tetap solid di belakang yang diisi Indra Kahfi dan Asyraq Gufron. Tim berjulukan The Guardian itu terbukti juga tetap bisa mencetak gol.

Gol tunggal laga ini lahir di menit ke-60 yang bermula dari tendangan bebas yang dilepaskan oleh Muhammad Hargianto. Wahyu Suboseto yang ada di kotak penalti menyambutnya dengan tandukan dan gagal dibendung oleh Satria Tama.

3 dari 5 halaman

Menunggu Yanto Basna

Namun, absennya Anderson Salles akan menjadi kerugian, apalagi belum diketahui untuk berapa lama. Di sisi lain, Bhayangkara sebenarnya sudah merekrut bek lokal Yanto Basna, tapi belum bisa bergabung akibat cedera pula.

“Masalah Yanto Basna, ini dia dalam tahap pemulihan. Kemungkinan, kami juga belum bisa daftarkan dia, kemungkinan di putaran kedua,” ungkap Widodo.

“Selama ini iya, sudah dikontrak. Tapi, saya kurang paham juga kontraknya bagaimana bunyinya. Mungkin ada opsi-opsi lain yang memungkinkan bisa win-win solution kedua pihak,” imbuh pelatih  berusia 51 tahun tersebut.

4 dari 5 halaman

Tak Banyak Opsi

Yanto Basna merupakan bek sempat malang melintang di kompetisi Thailand sejak 2018 bersama Khon Khaen, Sukhothai, dan PT Prachuap. Baru pada awal 2022 kontraknya tak berlanjut di Negeri Gajah Perang.

Bhayangkara FC sudah mengumumkan pada April 2022 bahwa mereka berhasil merekrut Yanto Basna untuk musim ini. Kondisinya menambah panjang daftar bek Bhayangkara yang mengalami cedera selain Anderson Salles.

Tak banyak opsi bek tengah Bhayangkara yang tersisa. Kini, hanya ada Asyraq Gufron, Indra Kahfi, Alsan Sanda, dan Nurhidayat.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer