Sukses


PSSI: Timnas Indonesia Batal Uji Coba Versus India yang Dibekukan FIFA

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sempat membuka kemungkinan untuk beruji coba dengan India dalam FIFA Matchday pada September 2022.

PSSI mengabarkan bahwa rencana laga latih tanding itu gagal terwujud karena India telanjur mendapatkan hukuman dari FIFA.

Akhirnya, PSSI memilih Curacao sebagai lawan Timnas Indonesia pada periode jeda internasional 19-27 September 2022.

"Opsi uji coba Timnas Indonesia dengan India batal karena mereka mendapatkan sanksi FIFA," ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

2 Kali Lawan Curacao

PSSI pun menjadwalkan uji coba Timnas Indonesia melawan Curacao dua kali. Pertama pada 24 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.

Kedua di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada tiga hari berselang.

"Untungnya kami belum deal dengan India. Jadi tidak mengganggu persiapan di FIFA Matchday," imbuh Yunus Nusi.

3 dari 5 halaman

Letak Curacao

Curacao adalah negara dekat Kepulauan Karibia yang masuk Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia atau CONCACAF.

Curacao berada di peringkat ke-84 ranking FIFA per 23 Juni 2022 dan mempunyai sejumlah pemain yang berkarier di Eropa, terutama di Belanda.

Adapun, posisi Timnas Indonesia yang berada di ranking ke-155 FIFA terpaut jauh di bawah Curacao.

4 dari 5 halaman

FIFA Banned India

FIFA menghukum Federasi Sepak Bola India (AIFF). Pada 16 Agustus 2022, Dewan Biro FIFA memutuskan untuk menangguhkan AIFF dengan alasan "pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga."

FIFA tidak menjelaskan siapa pihak ketiga yang dimaksud dan menganggap bahwa intervensi itu adalah pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA.

Sanksi untuk AIFF kemungkinan akan menggugurkan partisipasi Timnas India di turnamen AFC dan FIFA hingga klub-klub India di turnamen antarklub Asia.

FIFA juga memastikan bahwa India batal menjadi tuan rumah Piala Dunia Putri U-17 2022 pada 11-30 Oktober tahun ini akibat hukuman tersebut.

5 dari 5 halaman

Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia Vs Curacao

Timnas Indonesia Vs Curacao

  • 24 September 2022
  • Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung

Timnas Indonesia Vs Curacao

  • 27 September 2022
  • Jakarta International Stadium, Jakarta Utara

Video Populer

Foto Populer