Sukses


Rapor Pemain Timnas Indonesia U-20 Setelah Cukur Hong Kong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Rabbani dan Marselino Paling TOP

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 meraih kemenangan meyakinkan saat bersua Hong Kong pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (16/9/2022) malam WIB.

Pada laga ini, pelatih Tim Garuda Nusantara, Shin Tae-yong, merotasi hampir semua pemainnya. Hanya Beri Santoso dan kiper Cahya Supriadi yang dipertahankan dalam starting XI.

Banyaknya perubahan komposisi pemain tersebut tak membuat performa Timnas Indonesia U-20 menurun. Tim Garuda Nusantara tetap menekan Hong Kong sejak menit awal.

Hasilnya pada babak pertama, Timnas U-20 sudah unggul 3-0. Rabbani Tasnim (10'), Nico Saputro (15'), dan Zanadin Fariz (43') berhasil merobek gawang Hong Kong.

Pada babak kedua, Hong Kong sempat memperkecil keduduan lewat Chen Ngo Hin pada menit ke-63. Namun 10 menit jelang bubaran, Marselino Ferdinan yang masuk sebagai pengganti mencetak dua gol, yakni pada menit ke-86 dan 90'.

Sampai laga berakhir, Timnas Indonesia U-20 menang 5-1 atas Hong Kong. Sebelumnya, Marselino Ferdinan dkk. juga pesta gol ke gawang Timor Leste, yakni dengan skor 4-0.

2 dari 7 halaman

Puncaki Grup F

Dua kemenangan beruntun itu membuat Timnas U-20 bercokol di puncak Grup F dengan nilai enam. Jumlah angka tersebut sama dengan yang diraih Vietnam, tetapi berada di posisi kedua.

Dari segi permainan, Timnas Indonesia U-20 terlihat lebih konsisten menekan sejak babak pertama. Pada paruh kedua, pergantian pemain yang dilakukan Shin Tae-yong tak membuat permainan menurun.

Justru Tim Garuda Nusantara semakin menekan Hong Kong. Berikut ini rapor pemain Timnas Indonesia U-20 saat pesta gol ke gawang Hong Kong.

 

3 dari 7 halaman

Kiper

Cahya Supriyadi - 7

Kiper Persija Jakarta itu bisa memberi ketenangan di bawah mistar. Namun, pada babak pertama dia tak banyak menerima tekanan.

Hanya ada satu save yang sempat dilakukan. Sayangnya, pada menit ke-62 Cahya mengalami cedera serius karena benturan di dada dengan rekannya Beri Santoso. Alhasil, dia harus diganti Aditya Arya.

 

4 dari 7 halaman

Belakang

Dia Syayid Alhawari - 7

Tampil sebagai bek kanan, Dia bermain disiplin. Jarang pelanggaran dilakukannya dan beberapa kali melakukan intersep.

Ahmad Rusadi - 7,5

Bermain sebagai kapten tim, Ahmad Rusadi tampil apik pada babak pertama. Banyak intersep dilakukannya. Namun pada babak kedua, Hong Kong mendapatkan penalti, karena Ahmad melakukan handball. Terlepas dari hal itu, dia membuat lini belakang Timnas Indonesia U-20 terlihat tangguh.

Barnabas Sobor - 7

Dia tampil sangat tenang pada laga ini. Beberapa kali Barnabas memperlihatkan skill khas pemain asal Papua. Meskipun posisinya pemain belakang, dia sangat percaya diri saat membawa bola melewati pemain lawan. Namun dia harus ditarik keluar pada pertengahan babak kedua karena cedera.

 

5 dari 7 halaman

Tengah

Ahmad Maulana Syarif - 7

Bermain sebagai gelandang bertahan, dia beberapa kali memutus serangan Hong Kong. Dia juga sempat mendapatkan kesempatan melepaskan tembakan. Tetapi, akurasinya belum menemui sasaran.

Zanadin Fariz - 8

Pemain yang punya peran penting di lini tengah. Dia jadi pengatur serangan Timnas Indonesia U-20. Serangan yang dibandung selalu bermula dari kakinya.

Selain itu, Zanadin juga mencetak gol indah pada menit ke-43. Sebelum itu, dia membuat assist untuk gol pertama yang dicetak Rabbani Tasnim.

Dony Tri Pamungkas - 7

Bermain di sayap kiri, Dony cukup sering mengirimkan umpan lambung ke jantung pertahanan Hong Kong. Namun tak semua umpannya menemui sasaran. Tapi umpannya sering membuat pemian belakang lawan panik.

Nico Saputro - 7,5

Meski tampil sebagai sayap kanan, Nico berhasil menyumbangkan satu gol pada menit 22. Dia melakukan akselerasi sampai ke dalam kotak penalti, dan menuntaskannya jadi gol.

6 dari 7 halaman

Depan

Arsa Ramadan - 6,5

Dibandingkan pemain lain, perannya tak banyak terlihat pada laga ini. Bermain sebagai striker kanan, Arsa seperti masih canggung di lapangan.

Rabbani Tasnim - 8

Satu gol dan dua assist dibuatnya. Ini membukatikan dia punya kontribusi besar pada pertandingan ini. Rabbani memperlihatkan karakternya sebagai striker murni.

Dia kuat dalam bola atas. Selain itu, striker asal Borneo FC Samarinda itu kuat menahan bola dan memberi assist kepada rekannya yang masuk ke dalam kotak penalti.

Beri Santoso - 7

Dia salah satu pemain yang dipercaya jadi starter lagi. Performanya meningkat jika dibandingkan saat melawan Timor Leste. Beberapa kali Beri berhasil melakukan tusukan dari sisi kiri pertahanan lawan.

 

7 dari 7 halaman

Pengganti

Aditya Arya - 7

Bermain sejak menit 62, Aditya langsung dihadapkan pada tendangan penalti Hong Kong. Dia berhasil menepisnya, tapi bola kembali kepada Cheng Ngo dan berhasil melakukan rebound. Meski kemasukan satu gol, Aditya tampil bagus dengan melakukan empat penyelamatan.

Frengki Missa - 6,5

Masuk pada pertengahan babak kedua, Frengki dipercaya bermain di sayap kiri. Namun dia tak banyak memberikan kontribusi, karena Timnas Indonesia U-20 lebih banyak menyerang lewat lini tengah dan sayap kanan.

Dimas Juliono - 6,5

Bermain sebagai bek kiri, Dimas juga jarang terlihat perannya. Sebab, Timnas Indonesia lebih banyak menekan tapi lewat lini tengah dan sayap kanan.

Marselino Ferdinan - 8

Marselino jadi pergantian yang paling berhasil pada laga ini. Masuk pada menit 79, dia berhasil mencetak dua gol. Lewat akselerasinya di menit 85 dan penalti di menit 90. Akurasi umpan-umpannya juga memanjakan lini depan.

Robi Darwis - 7

Untuk kali kedua Robi tampil di posisi yang berbeda dari posisi aslinya. Kali ini dia jadi bek kanan. Padahal posisi aslinya adalah gelandang bertahan.

Sebelumnya, bahkan dia jadi stoper saat melawan Timor Leste. Tapi pada laga ini, Robi tampil bagus. Kerjasamanya dengan Marselino sangat efektif. Gol Marselino pada menit ke-85 bermula dari assistnya.

Video Populer

Foto Populer