Sukses


Berapa Ranking FIFA Timnas Indonesia Jika Menang Lagi Lawan Curacao?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Curacao pada FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (26/9/2022). Anak asuh Shin Tae-yong berpeluang naik peringkat jika kembali meraih kemenangan.

Sebelumnya, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Curacao 3-2 pada laga yang digelar Sabtu (24/9/2022) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat. Saling berbalas gol terjadi sepanjang pertandingan sebelum Dimas Drajad menjadi penentu kemenangan.

Kemenangan atas Curacao membuat Timnas Indonesia diperkirakan bakal mendapatkan 7,41 poin dan naik dua peringkat dalam ranking FIFA.

Sebelum latih tanding pertama, Timnas Indonesia berada di posisi ke-155 ranking FIFA per 25 Agustus 2022, sementara Curacao menduduki urutan ke-84.

 

2 dari 5 halaman

Naik ke Posisi 153

Secara matematis, Timnas Indonesia saat ini sudah naik dua peringkat, atau tepatnya di posisi ke-153. Jika kembali meraih kemenangan, maka Merah Putih akan mendulang 7,3 poin lagi.

Tambahan poin tersebut bisa menempatkan Timnas Indonesia ke posisi 152 dunia dengan total 1.033,63 poin.

Sementara kalau imbang lawan Curacao, Pratama Arhan dkk. diperkirakan bakal tetap di posisi 153 dunia.

 

3 dari 5 halaman

Bagaimana Kalau Kalah?

Jika skenarionya lebih berpihak pada Curacao, yang artinya Timnas Indonesia kalah, maka Nadeo Argawinata cs bakal meraih -2,7 poin.

Namun berita bagusnya, berbekal kemenangan pada laga sebelumnya, Timnas Indonesia hanya akan turun satu peringkat ke-154, atau secara keseluruhan naik satu peringkat dari posisi 155 dunia.

Hal ini dikarenakan Maladewa dan Andorra tidak melakoni laga FIFA Matchday. Andorra berada di posisi 151, sementara Maladewa 154, yang jika Timnas Indonesia kalah pun maka Maladewa akan pindah ke posisi 155.

 

4 dari 5 halaman

Rencana Hadapi Tim Posisi 50 Besar Ranking FIFA?

Setelah menghadapi Curacao, PSSI akan mencarikan lawan 50 besar ranking FIFA untuk Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday selanjutnya.

Tentu langkah ini akan membuat posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA bisa semakin meningkat.

FIFA Matchday terdekat yang dapat dijalani oleh Timnas Indonesia adalah pada 20-28 Maret 2023, atau seusai Piala AFF 2022 pada akhir tahun ini.

 

5 dari 5 halaman

Minta Agensi

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan telah meminta kepada agensi yang mendatangkan Curacao, untuk menyediakan lawan 50 besar dunia kepada Timnas Indonesia.

Kedatangan Curacao ke Indonesia dijembatani oleh Bolabros Football, yang memperkenalkan diri sebagai manajemen sepak bola.

"Saya sudah mengobrol dengan agen yang mendatangkan Curacao, kami akan mencari tim yang berposisi 50 ranking FIFA," ujar Iriawan.

Video Populer

Foto Populer