Sukses


Sandy Walsh dan Jordi Amat Selangkah Lagi Jadi WNI, Tinggal Pengambilan Sumpah Bulan Ini?

Bola.com, Jakarta - Dua pemain, Sandy Walsh dan Jordi Amat selangkah lagi akan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Keduanya tinggal diambil sumpahnya di Kantor Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Namun, belum diketahui kapan pengambilan sumpah keduanya akan dilakukan. Kemenkumham sedang mencocokan jadwal kompetisi Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Saat ini, Jordi Amat merumput di Liga Super Malaysia bersama Johor Darul Ta'zim. Sementara Sandy Walsh memperkuat KV Mechelen, tim asal Belgia.

"Tinggal tunggu proses pengambilan sumpah, dan mereka lagi full kompetisi di negaranya, tinggal tunggu itu saja," ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Kalau dari Kementerian Hukum dan Ham tak ada lagi masalah, tinggal kita sesuaikan jadwal keduanya dengan kementerian," lanjut dia.

2 dari 4 halaman

Upayakan Bulan Ini

PSSI pun akan mengupayakan agar pengambilan sumpah keduanya bisa dilakukan Oktober 2022. Namun, Sandy Walsh dan Jordi Amat harus datang langsung ke Indonesia pada proses pengambilan sumpah.

"Kami usahakan bulan ini pengambilan sumpah. Kami berharap keduanya datang ke sini," imbuh Yunus Nusi.

Bila proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat selesai dalam waktu dekat, maka keduanya bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Hanya saja, kejuaraan tersebut tidak masuk agenda FIFA.

3 dari 4 halaman

Pembacaan Sumpah Secara Virtual

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan bahwa Sandy Walsh dan Jordi Amat akan melakukan sumpah kewarganegaraan Indonesia secara virtual.

Sandy Walsh dan Jordi Amat adalah dua pemain keturunan yang telah menjalani proses naturalisasi cukup lama. Mereka juga sempat berlatih bersama Timnas Indonesia untuk menjaga kebugaran.

Proses naturalisasi Walsh dan Amat terus dikebut, dan akhirnya mereka tinggal melakukan sumpah WNI. Zainudin Amali menegaskan bahwa sumpah itu bakal dilakukan secara virtual.

Menpora mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Edward Omar Sharief Hiariej, dan menyebut sumpah WNI Sandy Walsh dan Jordi Amat akan tetap sah meski tidak dilakukan secara langsung.

4 dari 4 halaman

Kans Tampil untuk Timnas Indonesia

Sandy Walsh dan Jordi Amat tidak lama lagi mendapat kewarganegaraan Indonesia dan tentunya bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Artinya, keduanya sudah bisa bermain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 pada 26 Desember 2022-16 Januari 2023.

"Sandy Walsh dan Jordi Amat merupakan pemain yang sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Kami yakin mereka akan menambah kekuatan Timnas Indonesia," tutur Ketum PSSI, Mochamad Iriawan belum ini.

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Asar Arifin, published 7/10/2022)

Video Populer

Foto Populer