Sukses


Trio Madura United Layak Masuk Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022: Pilih yang Mana Shin Tae-yong?

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bisa dikatakan tak punya banyak kesempatan untuk mencari tambahan pemain terbaik jelang perhelatan Piala AFF 2022 yang bakal dimulai Desember nanti.

Penghentian kompetisi sampai batas waktu yang belum ditentukan memaksa denyut sepak bola Indonesia berhenti. Langkah tersebut diambil sebagai imbas Tragedi Kanjuruhan yang menelan 132 korban jiwa.

PSSI sempat menyatakan bakal kembali menggulirkan kompetisi BRI Liga 1 2022/23 pada akhir November nanti. Tetapi rasanya akan sangat sulit melakukan pengamatan dalam waktu yang sangat singkat tersebut.

Namun, seandainya pelatih asal Korea Selatan itu benar-benar mencari tambahan pemain berkualitas untuk Timnas Indonesia, ia bisa melihat ulang aksi para pemain di pertandingan sebelumnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

The Next Fachruddin

Untuk mengerucutkan pertandingan yang akan ditonton ulang, pelatih yang akrab disapa STY tersebut bisa memulainya dari klub-klub papan atas seperti Madura United.

Klub berjulukan Laskar Sape Kerrap itu memang tampil luar biasa di awal musim ini. Kombinasi pemain lama dan baru menjadi kekuatan utama tim arahan Fabio Lefundes tersebut.

Tetapi sayangnya, sejauh ini hanya Fachruddin Wahyudi Aryanto yang menarik perhatian STY. Padahal jika diamati lebih jauh, ada beberapa nama lain yang layak diberi peluang. Siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

 

3 dari 6 halaman

Malik Risaldi

Di tengah kegemilangan Lulinha, ada satu sosok di lini depan yang luput dari perhatian. Malik Risaldi yang didatangkan dari Persela Lamongan sukses memberikan dampak di sisi sayap sebaliknya.

Bisa dikatakan, ia merupakan salah satu pilihan utama pelatih Fabio Lefundes. Pemain berusia 22 tahun selalu tampil sebagai starter jika tak sedang berhalangan.

Menilik atribut winger Timnas Indonesia saat ini, tentu akan sangat menarik melihatnya berada di skuad tersebut. Mayoritas pemain sayap yang dipanggil STY dominan menggunakan kaki kiri.

4 dari 6 halaman

Miswar Saputra

Miswar Saputra menjadi salah satu kejutan dari skuad Madura United musim ini. Dalam lima pertandingan yang dijalani, ia telah mencatatkan empat kali cleansheet.

Catatan tersebut tentu tak boleh disepelekan begitu saja. Apalagi, ia meraih capaian tersebut setelah duduk di bangku cadangan dalam empat pertandingan awal.

Kehadiran Miswar bakal menambah persaingan posisi penjaga gawang di Timnas Indonesia. Jika ia .ampu menjaga konsistensi, rasanya tak mungkin STY melewatkan begitu saja.

5 dari 6 halaman

Reva Adi Utama

Reva Adi Utama jadi salah satu penampil terbaik Madura United musim ini. Walaupun belum mencatatkan gol atau assist, penampilannya di sektor kiri penyerangan tetaplah istimewa.

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu dikenal memiliki umpan silang ciamik. Tak hanya itu, ia memiliki keseimbangan yang sama baiknya dalam hal bertahan maupun menyerang.

Menilik pertandingan Timnas Indonesia terakhir kontrw Curacao, kebutuhan pemain di posisi bek kiri jelas tak terhindarkan. STY tentu tak bisa berharap terus-terusan kepada Pratama Arhan yang mulai kerap diganggu cedera.

6 dari 6 halaman

Jadwal Piala AFF 2022

23 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Kamboja

26 Desember 2022

Brunei Darussalam/Timor Leste Vs Timnas Indonesia

30 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2023

Filipina Vs Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer