Sukses


3 Tim dengan Status Kuda Hitam di Piala AFF 2022: Siap Ciptakan Kejutan meski Tak Diunggulkan

Bola.com, Jakarta - Sejumlah kontestan yang berstatus sebagai kuda hitam di Piala AFF 2022 telah membuktikan potensi ancamannya. Dengan persiapan masing-masing, mereka siap tampil mengejutkan di turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Pada Piala AFF 2022, tim-tim kuat seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia tentu menjadi kontestan yang paling difavoritkan untuk naik podium juara pada akhir turnamen.

Namun, kontestan-kontestan yang sudah menjadi langganan di final pada beberapa edisi terakhir ini bakal menjumpai ujian khusus dari peserta yang berlabel kuda hitam.

Apabila melihat persiapannya menuju Piala AFF 2022, tim-tim kuda hitam ini sudah mulai menunjukkan taringnya. Ini tentu saja menjadi sinyal bahaya bagi calon lawannya di turnamen ini.

Lalu, siapa saja tim-tim dengan status kuda hitam yang siap menciptakan kejutan di Piala AFF 2022 nanti? Berikut ini Bola.com menyajikan ulasannya.

 

2 dari 5 halaman

Timnas Filipina

Satu di antara pesaing yang akan dihadapi Timnas Indonesia pada penyisihan Grup A Piala AFF 2022, yakni Filipina, sudah membuktikan keseriusannya menghadapi ajang dua tahunan itu.

Pelatih yang baru ditunjuk Federasi Sepak Bola Filipina (PFF), Josep Ferre Ybarz, telah menentukan 23 nama pemain yang akan dibawa ke ajang ini.

Pada ajang kali ini, The Azkals akan mendapat bantuan dari enam pemainnya yang berstatus abroad alias berkarier di luar negeri.

Mereka adalah Kevin Ray Hansen (Kuala Lumpur City FC/Malaysia), Amani Aguinaldo (Nakhon Ratchasima FC/Thailand), Christian Rontini (Penang FA/Malaysia), dan Oliver Bias (Chiangmai United/Thailand).

Selain dari kawasan ASEAN, mereka juga punya David Tabinas (Mito Hollyhock/Jepang) dan Jens Sebastian Rasmussen (Freja RFC II/Denmark).

Yang terbaru, mereka juga sudah menggelar laga uji coba internasional melawan Vietnam pada Rabu (14/12/2022) malam WIB.

Meski kalah, performanya cukup memuaskan. Sempat menahan pasukan Park Hang-seo itu pada waktu normal, mereka akhirnya takluk lewat gol telat Nguyen Van Quyet pada menit ke-90+2.

 

3 dari 5 halaman

Timnas Singapura

Singapura memang bakal menghadapi persaingan yang cukup ketat di Grup B Piala AFF 2022. Mereka ditantang Vietnam dan Malaysia yang di atas kertas lebih difavoritkan.

Meskipun tak diunggulkan, Timnas Singapura punya kesempatan besar untuk mengejutkan. Mereka juga layak dinantikan kiprahnya sebagai satu di antara tim kuda hitam di Piala AFF 2022.

Satu di antara modal berharga yang bakal menentukan kesuksesan The Lions di turnamen kali ini ialah hadirnya pelatih Takayuki Nishigaya.

Juru taktik asal Jepang itu mendapat bantuan dari federasi untuk mematangkan persiapan anak asuhnya dengan menggelar pemusatan latihan di negara asalnya.

Selama berlatih di Negeri Matahari Terbit, Hassan Sunny dan kawan-kawan bakal menguji beberapa klub lokal Jepang yang karakter permainannya dianggap mirip dengan negara ASEAN.

Dari nama-nama pemain yang dibawa ke Jepang, Singapura masih diperkuat sosok-sosok berpengalaman seperti Hassan Sunny, Hariss Harun, Shahdan Sulaiman, hingga Faris Ramli.

Di lini serang, mereka tentu akan mengandalkan Ikhsan Fandi, bintang muda Singapura yang sukses mencatat kiprah mentereng di Thai League 1 bersama BG Pathum United.

Sejauh ini, striker berusia 23 tahun itu sudah mengoleksi sembilan gol dari 16 pertandingan, baik di ajang Thai League maupun Thai FA Cup musim ini.

 

4 dari 5 halaman

Timnas Malaysia

Di bawah asuhan pelatih Kim Pan-gon, Timnas Malaysia sudah mulai memperlihatkan taringnya selama masa persiapan menuju perhelatan Piala AFF 2022.

Mereka sukses menyapu bersih dua kemenangan pada laga uji coba internasional. Tim Harimau Malaya berturut-turut menang atas Kamboja (4-0) dan Maladewa (3-0).

Torehan itu membuktikan anak asuh Kim Pan-gon tetap memiliki potensi besar di Piala AFF 2022, meskipun 12 nama dari 41 pemain yang dipilih tak bisa memenuhi panggilan.

Dari dua laga uji coba itu pula, nama-nama pemain yang berpotensi mencatatkan performa impresif juga sebetulnya dapat diukur.

Yang pertama, ada sang kapten, Faisal Halim, yang sudah menjaringkan tiga gol pada dua laga itu. Dua gol tercipta pada laga kontra Kamboja dan satu sisanya pada duel melawan Maladewa.

Lalu, gelandang naturalisasi kelahiran Inggris, Darren Lok, sudah menyumbangkan tiga assist dan satu gol pada dua pertandingan latih tanding tersebut.

Selanjutnya, gelandang serang naturalisasi asal Inggris, Lee Tuck, juga sudah membukukan dua gol ketika tampil pada dua pertandingan itu.

5 dari 5 halaman

Hasil Drawing Piala AFF 2022

Video Populer

Foto Populer