Sukses


2 Kekuatan Singapura yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia jika Bertemu di Semifinal Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia melakoni laga krusial pada matchday terakhir babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022. Garuda akan bertemu Timnas Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023) pukul 19:30 WIB.

Timnas Indonesia saat ini bertengger di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan raihan tujuh poin. Garuda memiliki poin yang sama seperti Thailand di puncak klasemen, namun kalah jumlah selisih gol dari Gajah Perang.

Asnawi Mangkualam cs. wajib menang dalam duel nanti. Tambahan tiga angka otomatis membawa pasukan Garuda lolos ke semifinal.

Nah di babak empat besar nanti, Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan dua peringkat teratas Grup B. Di mana posisi tersebut masih diperebutkan oleh tiga tim, yakni Vietnam, Singapura, dan Malaysia.

2 dari 4 halaman

Vietnam Kans Juara Grup

Di antara tiga kontestan di Grup B, Timnas Vietnam lah yang hampir dipastikan menjadi juara Grup B. Pasalnya di partai terakhir mereka akan menghadapi lawan yang terbilang enteng, yakni Myanmar. Tim yang sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022.

Sementara Timnas Singapura bakal saling bunuh di matchday pamungkas fase grup. Seandainya laga ini dimenangkan Singapura dan di klasemen akhir Timnas Indonesia mampu menyegel posisi puncak klasemen akhir Grup A, maka di semifinal nanti kedua tim ini akan saling bertemu.

Lantas, bagaimana kekuatan Timnas Singapura yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia? Berikut ulasannya.

3 dari 4 halaman

Kombinasi Pemain Muda dan Senior

Pelatih Singapura Takayuki Nishigaya membawa 23 pemain dalam Piala AFF 2022. Dari jumlah tersebut, 13 di antaranya merupakan para pemain yang berusia kepala tiga. Beberapa di antara mereka pemain kawakan The Lions yang masih tetap menjadi andalan.

Nama-nama seperti Hassan Sunny, Hariss Harun, Shakir Hamzah, Shahdan Sulaiman, dan Irfan Fandi jadi pilar utama. Kombinasi pemain muda dengan pemain berpengalaman tentu memudahkan Takayuki Nishigaya dalam meracik skema permainan timnya.

Ini terbukti. Sejauh ini The Lions menunjukkan performa yang cukup bagus di Piala AFF 2022. Mereka belum tersentuh kekalahan sepanjang babak penyisihan.

Masing-masing meraih dua kemenangan di laga awal, melibas Myanmar dengan skor 3-2 dan menang 2-0 atas Laos. Kemudian menahan imbang tim kuat Vietnam tanpa gol.

4 dari 4 halaman

Pemain Bintang: Irfan Fandi

Irfan Fandi jadi salah satu pemain bertahan milik Timnas Singapura di Piala AFF 2022. Pemain berusia 25 tahun itu selalu menjadi andalan pelatih Takayuki Nishigaya di lini pertahanan Singapura.

Dia tampil disiplin sepanjang turnamen sejauh ini. Termasuk dalam laga melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup B Piala AFF 2022. Fandi dkk tampil solid hingga tim besutan Park Hang-seo tersebut dibuat frustrasi sepanjang laga.

Irfan Fandi juga menjadi salah satu aktor kemenangan Singapura 2-0 atas Laos. Bek Pathum United FC itu mencetak gol ke gawang Laos lewat sundulan pada laga Grup B Piala AFF 2022, Selasa (27/12/2022).

Video Populer

Foto Populer