Sukses


Prediksi BRI Liga 1, PSS Sleman Vs Persik Kediri: Kembali ke Jalur Kemenangan, Elang Jawa!

Bola.com, Sleman - PSS Sleman menjamu Persik Kediri dalam laga pekan ke-23 BRI Liga 1 2022/2023 yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (9/2/2023). Kedua tim meraih hasil minor dalam laga terakhir dan bertekad bangkit pada laga kali ini.

PSS Sleman menelan kekalahan di laga terakhir mereka dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023. Klub berjulukan Super Elang Jawa itu dibekuk Persib Bandung 0-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu (5/2/2023).

Hasil minor itu sekaligus memutus rekor tiga kemenangan beruntun Super Elang Jawa di BRI Liga 1. PSS bertekad bangkit saat menjamu Persik di Stadion Maguwoharjo.

Peluang PSS untuk bisa mengambil tiga poin dari tim tamu cukup terbuka. Setidaknya ada dua faktor yang mendukung Laskar Sembada diunggulkan dalam duel nanti.

Pertama, Bagus Nirwanto cs. punya motivasi berlipat karena akan bermain di kandang. Meski dalam laga nanti dipastikan digelar tanpa penonton, tetapi anak-anak Sleman punya catatan baik dengan meraih dua kemenangan beruntun plus clean sheet di Maguwoharjo.

Kedua, Macan Putih datang dalam kondisi terluka setelah dalam laga sebelumnya dipermalukan PSIS Semarang dengan skor 1-2. Selain itu, menilik tabel klasemen PSS Sleman berada di atas Persik.

Kini, Elang Jawa nangkring di posisi 14 klasemen BRI Liga 1 dengan torehan 25 poin. Rinciannya tujuh kemenangan, empat hasil imbang, dan 11 kekalahan.

Sementara Persik tercecer di dasar klasemen dengan koleksi 16 poin. Mereka menelan 11 kekalahan, tujuh hasil imbang, dan cuma meraih tiga kemenangan.

2 dari 8 halaman

Kembali ke Jalur Kemenangan

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro menyatakan, timnya siap menghadapi Persik Kediri. Seto berharap Elang Jawa mendapat poin penuh. Hasil minor dalam laga sebelumnya juga sudah dilupakan.

Pelatih asal Kalasan, Sleman itu ingin anak asuhnya bermain lebih lepas tanpa beban dan enjoy. Persiapan selama kurang lebih tiga hari ini diharapkan berdampak positif di lapangan.

"Persiapan seperti biasa dengan jadwal yang sebenarnya cukup padat. Kami hanya bisa membuat kebugaran pemain lebih baik," ujar Seto Nurdiyantoro dalam pre match press conference, Rabu (8/2/2023) pagi.

"Harapannya besok tampil maksimal, kami juga tidak bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan secara utuh, tetapi kami coba ingatkan bagaimana kami bermain. Semoga pemain akan lebih baik dalam setiap pertandingan," lanjutnya.

 

3 dari 8 halaman

Posisi di Klasemen BRI Liga 1 Bukan Patokan

Meski bakal menghadapi lawan yang ada di bawahnya dalam klasemen BRI Liga 1, PSS pantang meremehkan. Menurut Seto, bukan berarti Persik tak bisa menyulitkan PSS.

Rentetan hasil minor yang didapat diprediksi akan menyulut semangat Macan Putih untuk bangkit. Selain itu, menurutnya posisi klasemen tidak bisa dijadikan patokan.

Seto memberi contoh pertandingan antara Barito Putera versus Bali United. Meski berada jauh di bawah Serdadu Tridatu, Barito Putera secara mengejutkan bisa mengalahkan tim kuat Bali United.

"Saya pikir Persik sekarang mulai menggeliat, memenangkan beberapa pertandingan dan situasi kompetisi saat ini di klasemen atas cukup sengit, sementara di papan bawah juga sama," ucap Seto.

"Pertandingn ini, mau enggak mau, kami harus menang untuk memperbaiki klasemen. Harapan saya, rasa percaya diri, rasa motivisi tinggi, tetap dibawa pemain meski kami sempat kalah," sambungnya.

4 dari 8 halaman

Bakal Melakukan Rotasi?

Dengan padatnya jadwal BRI Liga 1, adakah kemungkinan tim pelatih PSS Sleman melakukan rotasi dalam laga nanti?

"Rotasi mungkin iya, tetapi kami lihat perkembangannya," beber Seto Nurdiyantoro.

"Sebenarnya secara umum permainan sudah oke. Hanya mungkin dari kondisi fisik dan mental psikis itu memengaruhi. Ini jadi pembelajaran, pemain lepas, enjoy dan 99 persen pemain yang menentukan," tegasnya.

 

5 dari 8 halaman

Janji Berikan yang Terbaik

Sementara itu, gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan, berjanji memberikan yang terbaik dalam laga nanti. Kim menuturkan para pemain sebisa mungkin akan menjalankan instruksi pelatih dengan baik.

"Dari pemain siap bertanding besok, walaupun recovery antarpertandingan sangat mepet, tapi itu sudah biasa buat pemain," kata gelandang PSS itu.

"Saya pikir pertandingan sangat penting melawan Kediri yang secara klasemen ada di bawah kami. Bagaimana caranya kami ambil tiga poin untuk bisa memperbaiki posisi di klasemen dan naik ke papan tengah," harap Kim Jeffrey.

6 dari 8 halaman

Menyorot Jadwal Padat

Sama seperti PSS Sleman, keluhan yang sama juga diungkapkan pelatih Persik Kediri, Divaldo Alves. Dia menyebut, faktor kebugaran dan mental jadi perhatian khusus jelang menghadapi PSS Sleman. Apalagi, Persik tanpa meraih poin dalam dua laga terakhirnya.

"Berada di tengah jadwal padat ini memang kebugaran dan fisik pemain menjadi satu fokus kami. Ada beberapa pemain yang masih terus kami pantau kondisinya," tuturnya.

Dalam lawatan ke Sleman, Persik total membawa 23 pemain. Pelatih kelahiran Luanda, Angola, itu berharap timnya bisa mencuri poin di kandang PSS. Terlebih, dalam laga nanti Persik kemungkinan bisa menurunkan kekuatan penuh.

"Kami sangat tidak nyaman dengan hasil terakhir. Namun, saya pikir semua tahu kini kami semua harus kembali bekerja keras. Kami ingin kembali meraih hasil positif di kandang PSS," tandas Divaldo Alves.

 

7 dari 8 halaman

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi

  • PSS Sleman (4-3-3): M. Ridwan; Ibrahim Sanjaya, Nurdiansyah, Ifan Nanda, Derry Rachman Noor; Jihad Ayoub, Jonathan Cantillana, Kim Kurniawan; Haris Tuharea, Yevhen Bokhashvili, Irkham Zahrul Mila
  • Pelatih: Seto Nurdiyantoro
  • Persik Kediri (4-2-3-1): Dikri Yusron; Agil Munawar, Anderson, Sabillah, Yusuf Meilana; Rohit Chand, Otto Bayu; Miftahul Hamdi, Renan Silva, Faris Aditama; Flavio Silva.
  • Pelatih: Divaldo Alves

Prediksi Bola.com: 60-40

Kamis, 9 Februari 2023

Venue: Stadion Maguwoharjo, Sleman

Kick-off 17.00 WIB.

8 dari 8 halaman

Posisi PSS dan Persik di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer