Sukses


Mengenal Paulo Josue dan Endrick Dos Santos, Duo Naturalisasi Terbaru Timnas Malaysia

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Malaysia memang memiliki program naturalisasi dalam beberapa tahun terakhir. Menariknya, program untuk keperluan Timnas Malaysia itu tak hanya menyasar pemain keturunan seperti yang belakangan dilakukan oleh Indonesia.

Banyak pemain asing yang tidak memiliki garis keturunan Malaysia bisa memperkuat Timnas Malaysia. Pada Piala AFF 2022 misalnya, Harimau Malaya diperkuat oleh tujuh pemain naturalisasi.

Semakin hari, jumlah pemain naturalisasi skuad Timnas Malaysia tampaknya terus bertambah. Terbaru, ada dua sosok pemain naturalisasi yang mendapatkan tempat di skuad Kim Pan-gon.

Dua sosok yang dimaksud adalah Paulo Josue dan Endrick Dos Santos. Keduanya akan diandalkan Timnas Malaysia saat menghadapi Timnas Turkmenistan dan Hong Kong akhir bulan ini.

Bola.com mengajak pembaca untuk mengenal keduanya. Simak ulasannya di bawah ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Muda dan Menjanjikan

Endrick Dos Santos pertama kali datang ke Malaysia pada 2018. Saat itu ia memperkuat klub bernama Felcra FC. Pemain kelahiran Brasil itu tak butuh waktu lama beradaptasi di Malaysia,

Setahun kemudian, Endrick sudah bisa mendapatkan kontrak di Selangor FC. Penampilannya cukup apik di klub tersebut. Sempat membela Penang, Endrick kemudian mendapatkan kontrak dari raksasa Malaysia, Johor Darul Ta'zim pada awal 2023.

Endrick dilahirkan di Brasil. Ia pun sempat memperkuat banyak klub Brasil pada fase awal kariernya. Sebut saja Ypiranga. Namun, sebelum ke Malaysia, pemain yang identik dengan nomor punggung 23 ini juga sempat lama berkarier di Siprus.

3 dari 4 halaman

Sudah Uzur

Satu lagi pemain naturalisasi baru Timnas Malaysia adalah Paulo Josue. Keputusan Malaysia memberikan naturalisasi kepada pemain satu ini cukup menarik. Sebab, Josue saat ini sudah cukup uzur, yakni 34 tahun.

Namun, statistiknya di sepak bola Malaysia memang cukup baik. Sejak memperkuat Kuala Lumpur FC pada 2017, Paulo Josue sudah mencetak 30 gol dan 23 assist dari 89 pertandingan.

Paulo Jose dilahirkan di Brasil 34 tahun silam. Ia sempat memperkuat beberapa klub Brasil seperti Juventude dan Sao Bento pada masa awal kariernya.

Sebelum pindah ke Malaysia pada 2017, ia juga sempat mencoba kompetisi sepak bola Timur Tengah. Ia memperkuat klub Uni Emirat Arab bernama Dibba Al-Hisn.

4 dari 4 halaman

Skuad Timnas Malaysia untuk FIFA Matchday Maret 2023

  1. Kalamullah
  2. Sikh Izhan
  3. Damien Lim
  4. Syihan Hazmi
  5. Sahrul Saad
  6. Corbin-Ong
  7. Arif Aiman
  8. Akhyar Rashid
  9. Matthew Davies
  10. Syahmi Safari
  11. Syamer Kutty
  12. Feroz Bahrudin
  13. Endrick Dos Dos Santos
  14. Darren Lok
  15. Dominic Tan
  16. Stuart Wilkin
  17. Daniel Ting
  18. Brendan Gan
  19. Faisal Halim
  20. Quentin Cheng
  21. Khuzaimi Piee
  22. Fayad Zulkifli
  23. Nor Azam Azih
  24. Paulo Josue
  25. Dion Cools
  26. Noaa Laine

Video Populer

Foto Populer