Sukses


Persebaya Rekrut Ferdinand Sinaga, Berharap Bisa Juara Liga 1

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya resmi memperkenalkan Ferdinand Sinaga sebagai rekrutan baru untuk lini serang musim depan. Acara perkenalan itu dilakukan di Persebaya Store, Surabaya, Selasa (23/5/2023).

Ferdinand Sinaga menjadi striker ketiga yang masuk skuad Persebaya Surabaya untuk Liga 1 2023/2024. Sebelumnya, tim Bajul Ijo lebih dulu memiliki striker asing, Paulo Victor, dan mendangkan Wildan Ramdhani.

Ferdinand Sendiri tentu sudah bukan nama asing bagi pecinta sepak bola nasional. Mencuat lewat SEA Games 2011, striker yang kini sudah berusia 34 tahun itu telah membela 14 klub berbeda sepanjang kariernya.

Satu di antara 14 klub itu adalah klub Malaysia, Kelantan, yang diperkuatnya pada musim 2018. Sementara 13 klub lain yang dibelanya adalah Persibat Batang, Persikab Bandung, Pelita Jaya, PPSM Magelang, Persiwa Wamena, Semen Padang, Putra Samarinda, Persib Bandung, Sriwijaya FC, PSM Makassar, PSMS Medan, dan Persis Solo.

Segudang pengalaman itu diharapkan bisa membuat Persebaya bisa berbicara lebih banyak di Liga 1.

“Ini sesuai dengan kebutuhan tim, Ferdinand juga sudah malang melintang di Liga Indonesia, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Persebaya,” kata Yahya Alkatiri, manajer Persebaya Surabaya.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Ferdinand Bisa Membantu Persebaya

Ferdinand Sinaga berpengalaman membawa klub yang dibelanya meraih titel juara. Itu dimulai dengan trofi ISL U-21 2008-2009 saat masih berseragam Pelita Jaya.

Dia juga pernah membawa Semen Padang menjuarai IPL 2011-2012 sekaligus menjadi top scorer. Kemudian, dia mempersembahkan trofi ISL 2014 bersama Persib Bandung serta gelar individu pemain terbaik pada musim  tersebut.

Masih ada dua gelar lain yang pernah didapatnya, yakni Piala Indonesia 2018-2019 bersama PSM Makassar dan trofi Liga 2 2021 bersama Persis Solo.

Pengalaman Ferdinand Sinaga itu yang diharapkan bisa membantu Persebaya Surabaya meraih kemenangan demi kemenangan untuk menjadi juara pada musim depan. 

“Semoga dengan bertambahnya Ferdinand ada banyak variasi yang bisa pelatih lakukan secara strategi maupun secara mental di luar pertandingan,” ucap Yahya Alkatiri.

“Yang jelas semua pemain sama, dan yang paling penting adalah semoga Ferdinand bisa menularkan pengalamannya ke pemain yang lain,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Masih Cari 2 Pemain Asing

Sesuai dengan regulasi baru yang diterbitkan oleh PT Liga Indonesia Baru, setiap klub bisa memiliki enam pemain asing untuk Liga 1 2023/2024. Rinciannya 5 pemain asing bebas dari mana pun dan 1 pemain khusus dari Asia Tenggara.

Sejauh ini, Persebaya Surabaya telah memiliki empat pemain asing, yakni Paulo Victor, Ze Valente, Bruno Moreira, dan Sho Yamamoto.

Artinya, Persebaya masih punya dua slot lagi untuk pemain asing, termasuk yang utama adalah satu pemain asal Asia Tenggara.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga 1

Video Populer

Foto Populer