Sukses


Erick Thohir Puji Kualitas Stadion Manahan, Punya Fasilitas yang Dukung Penerapan VAR

Bola.com, Solo - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merasa senang dengan hasil renovasi yang dilakukan terhadap Stadion Manahan, Solo. Bahkan, stadion ini sudah layak untuk menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Hal itu disampaikan Erick Thohir saat meninjau kesiapan Stadion Manahan, Solo, sebagai lokasi yang diajukan untuk menyelenggarakan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada 6 hingga 12 September mendatang.

Menurut rencana, Liga 1 memang bakal mulai menerapkan penggunaan VAR pada tahun depan. Erick Thohir menyebut, Stadion Manahan secara kelengkapan fasilitas sudah siap untuk menerapkannya.

“Secara bertahap kita akan menerapkan VAR di Liga 1. Insya Allah pada bulan Februari. Jadi, selama enam bulan ini kami akan melakukan persiapan,” kata Erick Thohir di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/6/2023).

Alhamdulillah salah satunya tentu Stadion Manahan yang saya rasa fasilitasnya sudah ada ini mestinya jadi stadion yang siap untuk menggunakan VAR,” imbuhnya.

 

2 dari 4 halaman

Ruangan untuk VAR Sudah Tersedia

Setiap stadion memang membutuhkan satu ruangan khusus yang dialokasikan untuk tempat operator VAR. Erick Thohir mengatakan, Stadion Manahan juga sudah memiliki ruangan tersebut.

Meskipun demikian, Erick menegaskan bahwa penggunaan VAR di Liga 1 2023/2024 baru akan dilakukan uji coba pada pertengahan musim. Sebab, PSSI baru berencana menerapkan sistem ini secara penuh pada musim depan.

“Selain itu, saya juga sempat melakukan pengecekan ruangan yang nantinya akan digunakan untuk VAR. Tentu konteksnya itu tidak bisa dilakukan saat ini. Namun, paling tidak tahun depan fasilitasnya sudah siap,” ujarnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Fasilitas Sudah Bertambah Baik

Sebetulnya, ini menjadi kunjungan kedua yang dilakukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu di Stadion Manahan. Sebelumnya, kunjungan yang sama pernah dilakukan Erick pada medio Maret 2023.

Ketika itu, dia tengah meninjau kesiapan stadion kebanggaan masyarakat Solo ini yang disiapkan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2023.

Jika dibandingkan dari dua kunjungan ini, dia menilai bahwa progres renovasinya sudah positif. Sebab, ada beberapa fasilitas tambahan yang menegaskan Stadion Manahan sebagai venue bertaraf internasional.

“Sebetulnya saya sudah pernah berkeliling di Stadion Manahan beberapa bulan yang lalu dan saya ingin memastikan saja bahwa Stadion Manahan dalam kondisi yang sangat baik dan terawat,” katanya.

“Ada beberapa fasilitas yang mungkin pada saat itu belum siap, sekarang sudah ada fasilitas buat media yang saya rasa luar biasa,” lelaki berusia 53 tahun itu menambahkan.

4 dari 4 halaman

Tebak Juara Liga Champions 2022/2023

https://www.newshub.id/interactive2/4425

Video Populer

Foto Populer