Sukses


Kondisi Fisik Pemain Timnas Indonesia Masih Ngos-ngosan Jelang Melawan Palestina dan Argentina

Bola.com, Surabaya - Jajaran pelatih Timnas Indonesia menghadapi kendala selama pemusatan latihan (TC) di Surabaya. Mereka harus mengembalikan kondisi kebugaran fisik para pemain yang belum ideal.

Penyebabnya, para penggawa Timnas Indonesia tidak berlatih bersama klub karena kompetisi Liga 1 sedang libur. Maklum saja, kompetisi kasta teratas Indonesia itu telah rampung pada April 2023 lalu.

Sejumlah klub memang menggelar latihan untuk menghadapi musim baru. Tapi, mereka belum mencapai pada tahap untuk mempersiapkan pertandingan.

Pelatih fisik Timnas Indonesia, Shin Sang-gyu, menyebutkan bahwa pihaknya punya catatan penting terkait kondisi ini. Dia diwajibkan bekerja keras untuk mengembalikan kebugaran fisik Fachruddin Aryanto dkk.

“Kami ada sedikit beban dalam kondisi pemain. Kondisinya liga Indonesia saat ini sedang istirahat. Setiap tim memang ada latihan, tapi belum sampai tahap normal. Kami harusnya punya fisik dan performa yang baik, tapi tidak begitu,” kata Shin Sang-gyu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

TC di Surabaya

Timnas Indonesia melakoni agenda TC di Surabaya sejak Senin (5/6/2023). Mereka bersiap menghadapi dua laga uji coba internasional, masing-masing melawan Palestina (14 Juni 2023) di Surabaya dan kontra Argentina (19 Juni 2023) di Jakarta.

Artinya, waktu yang dimiliki oleh Timnas Indonesia hanya sekitar sepekan saja untuk mematangkan persiapan. Dalam pekan ini, fisik pemain perlu digenjot agar lebih siap menghadapi pertandingan lagi.

“Ini disayangkan. Apalagi, pertandingan kami melawan tim yang bagus, pastinya peringkat di atas kami jauh di pertandingan internasional. Dengan kondisi dan situasi yang kami punya, kami berusaha semaksimal mungkin,” ujar Shin Sang-gyu.

“Memang situasi saat ini tidak mendukung. Kami harus profesional. Dengan adanya waktu sedikit ini, pastinya kami bisa meningkatkan fisik sampai maksimal, sedikit demi sedikit meningkat, agar energi pemain bisa lebih baik,” imbuh pelatih fisik asal Korea Selatan itu.

3 dari 4 halaman

Uji Coba Penting

Dua laga uji coba pada bulan Juni 2023 ini sedang menjadi perhatian publik pecinta sepak bola nasional. Pasalnya, Timnas Palestina termasuk tim kuat di Asia yang cukup rutin berkiprah di Piala Asia.

Sedangkan Timnas Argentina merupakan tim dengan peringkat tertinggi dalam ranking FIFA saat ini. Mereka juga berstatus juara bertahan Piala Dunia setelah mampu memenangi edisi 2022.

Ditambah keberadaan sang megabintang Lionel Messi juga akan semakin menyemarakkan dua agenda penting FIFA Match Day tersebut.

4 dari 4 halaman

Peringatan dari Erick Thohir

Ketum PSSI, Erick Thohir juga mengaku kesal setelah mengetahui hanya ada delapan pemain yang bergabung pada latihan resmi perdana. Ia yang hadir langsung ke GBT sampai dibuat geleng-geleng kepala.

"Ini kepentingan nasional. Merah Putih lebih tinggi daripada apapun. Saya apresiasi dengan para pemain yang datang tepat waktu," ujarnya lewat akun Instagram @erickthohir, Selasa (6/6/2023).

"Saya meminta Pak Sumardji dari BTN (Badan Tim Nasional) untuk mengingatkan klub karena ini kepentingan nasional. Saya dan PSSI bisa menghukum klub," tegas pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer