Sukses


BRI Liga 1: Ferdinan Sinaga Petik Pelajaran Berharga setelah Persebaya Ditekuk PSIS

Bola.com, Surabaya - Striker Persebaya Surabaya, Ferdinand Sinaga, meminta kepada rekan-rekannya untuk tidak larut dalam kesedihan. Dia ingin para pemain Bajul Ijo belajar dari kekalahan perdana di BRI Liga 1 2023/2024.

Persebaya baru saja mendapat kekalahan pertama setelah di markas PSIS Semarang. Duel pekan ketiga itu berakhir dengan skor 2-0 untuk Laskar Mahesa Jenar di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (16/7/2023) sore.

Sebelum menelan pil pahit di laga ini, Persebaya meraih kemenangan 3-2 di markas Persis Solo (1/7/2023) dan ditahan imbang 1-1 saat menjamu Barito Putera (8/7/2023). Duel kontra PSIS ini membuat tren hasil Persebaya menurun.

Ferdinand Sinaga berusaha membesarkan hati para pemain Persebaya. Dia meminta kepada para pemainnya untuk mau menjadikan kekalahan ini sebagai pelajaran berharga bagi tim asal Kota Pahlawan itu.

“Kami bicara dari hati ke hati, bagaimana kami menerima kekalahan pertama dalam pertandingan. Ini pembelajaran untuk pertandingan berikutnya, jangan sampai kami melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang membuat tim mendapat kekalahan,” ungkapnya.

2 dari 4 halaman

Hanya 4 Tembakan

Persebaya tak banyak membukukan tembakan, hanya empat saja dengan satu saja yang mengarah ke gawang. Namun, ada satu peluang emas yang sebenarnya berpotensi membuat Persebaya unggul dulu.

Momen itu terjadi di menit ke-71. Itu bermula dari umpan silang Arief Catur Pamungkas di sisi kanan yang berhasil diselesaikan sundulan oleh Brylian Aldama. Sayang tandukannya melenceng dari gawang PSIS.

Pada akhirnya, PSIS unggul dua gol lewat gol yang diborong oleh striker Carlos Fortes. Masing-masing tercipta dari eksekusi penalti (78’) dan open play (90+3’). 

PSIS sukses melahirkan berbagai ancaman lewat tembakan-tembakan ke gawang. Kerja sama antara Carlos Fortes dan Taisei Marukawa kerap merepotkan lini pertahanan Persebaya.

3 dari 4 halaman

0-2

Sampai akhirnya, pada menit ke-76, gelandang Persebaya, Ripal Wahyudi, menjatuhkan Taisei Marukawa di kotak terlarang. Fortes lantas menyelesaikan eksekusi penalti dan berbuah gol dua menit kemudian.

Dalam kondisi tertinggal, Persebaya berusaha membalasnya demi mencuri angka. Sayang, yang terjadi justru PSIS melakukan serangan balik cepat yang akhirnya membuat Carlos Fortes menggandakan keunggulan di injury time.

4 dari 4 halaman

Ajang Balas Dendam

Laga ini pun jadi ajang “balas dendam” yang tepat buat PSIS. Sebab, musim lalu mereka selalu kalah saat berjumpa dengan Persebaya di Liga 1.

“Pertandingan ini menjadi pembelajaran yang baik untuk kami maupun saya pribadi. Ketika mengalami kekalahan, kami melakukan perbaikan, mentalitas kami berjuang sampai akhir pertandingan,” ujar Ferdinand Sinaga.

Hasil ini membuat Persebaya menduduki posisi ke-11 klasemen sementara dengan empat poin hasil dari masing-masing satu menang, seri, dan kalah, dalam tiga laga.

Berikutnya, mereka akan menjamu RANS Nusantara memasuki pekan keempat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (23/7/2023).

Video Populer

Foto Populer