Sukses


Utak-atik Perubahan Komposisi Gelandang dan Bek Timnas Indonesia U-23 saat Jumpa Turkmenistan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Bola.com, Solo - Penampilan Timnas Indonesia U-23 saat menggasak Chinese Taipei U-23 pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Sabtu (9/9/2023), terlihat nyaris tanpa cela. Namun, tetap ada kemungkinan perubahan komposisi yang diterapkan Shin Tae-yong saat melawan Turkmenistan.

Perubahan komposisi pemain ini tak terlepas dari strategi rotasi pemain yang dilakukan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia U-23 dan Turkmenistan berjumpa di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023) pukul 19.00 WIB.

Di lini tengah misalnya, Arkhan Fikri menjadi satu-satunya pemain yang tampil penuh pada laga perdana. Sebab, Ivar Jenner ditarik keluar oleh Shin Tae-yong pada menit ke-65 saat memainkan Rayhan Hannan.

Sementara itu, sektor pertahanan menjadi lini yang nyaris tak mengalami perubahan. Sebab, dari empat nama yang ada, hanya Rizky Ridho yang tak bermain penuh. Dia keluar pada menit ke-65 digantikan oleh Komang Teguh.

Adapun tiga bek lainnya, Pratama Arhan, Rio Fahmi, dan Elkan Baggott, bermain penuh selama 2x45 menit. Ketiga pemain ini juga masing-masing menyumbang satu gol untuk skuad Garuda Muda.

Jika berbicara soal perubahan komposisi gelandang dan bek, ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan tim pelatih pada pertandingan nanti. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sektor Gelandang

Duet yang ditampilkan Ivar Jenner dan Arkhan Fikri pada laga kontra Chinese Taipei memang terhitung impresif. Selain bertugas melancarkan alur distribusi bola, keduanya bisa menjaga keseimbangan lini tengah Timnas Indonesia U-23.

Ivar misalnya, sukses mengirimkan dua umpan terobosan yang menghasilkan gol. Pertama menjadi assist untuk gol Witan Sulaeman pada menit ke-30, dan berikutnya menjadi umpan untuk gol Marselino Ferdinan pada menit ke-58.

Sementara itu, mobilitas Arkhan Fikri juga luar biasa. Tak hanya itu, dia juga punya tugas khusus untuk mengambil sepak pojok. Salah satunya sukses ditanduk oleh Elkan Baggott pada menit ke-56 yang menjadi gol keenam Garuda Muda.

Melihat stok pemain yang ada, Alfeandra Dewangga dan Rahyan Hannan menjadi sosok pemain yang paling berpeluang untuk menjadi pelapis kedua pemain ini. Khusus untuk pemain yang disebut terakhir, dia sempat bermain selama 25 menit pada laga pertama.

Tak hanya itu, ada pula nama Marselino Ferdinan yang bisa digeser untuk beroperasi di sektor tengah. Pemain berusia 19 tahun ini punya kreativitas yang bisa dimaksimalkan untuk menghidupkan koridor ini.

 

3 dari 4 halaman

Komposisi Lini Pertahanan

Kombinasi antara Elkan Baggott dan Rizky Ridho di jantung pertahanan juga tak boleh dilupakan. Keduanya sama-sama punya ketenangan, baik ketika menghalau serangan lawan maupun saat ikut membantu fase build-up.

Pada laga pertama Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, hanya Rizky Ridho yang sempat digantikan Komang Teguh.

Sebetulnya, masih ada satu pemain lain yang belum mendapat kesempatan bermain, yakni Muhammad Ferarri.

Adapun dua pemain yang beroperasi di sektor sayap, yakni Ilham Rio Fahmi di kanan dan Pratama Arhan di sisi kiri, juga bermain tak kalah apik. Mereka cukup aktif melakukan overlap untuk membantu serangan Garuda Muda.

Stok pemain yang ada memang masih bisa digunakan untuk melapisi atau bahkan mengganti kedua pemain ini. Di sisi kanan, opsi terbaiknya ialah Fajar Fathur Rahman. Dia punya karakter menyerang dan bertahan yang sama baiknya.

Sementara di sisi kiri, pemain yang berpotensi menggantikan Arhan ialah Dony Tri Pamungkas. Tak hanya itu, Alfeandra Dewangga juga bisa diplot sebagai bek kiri apabila dibutuhkan.

Yang jelas, nama-nama pemain yang tampil sebagai starter pada laga perdana ialah pilihan terbaik yang sudah dirancang Shin Tae-yong. Bukan tidak mungkin, komposisi ini bisa mengalami perubahan tergantung situasi dan kondisinya.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Sabtu, 9 September 2023

  • Timnas Indonesia U-23 vs Chinese Taipei (9-0)

Selasa, 12 September 2023

  • Turkmenistan vs Timnas Indonesia U-23

Video Populer

Foto Populer