Sukses


Timnas Indonesia U-23 Ciptakan Sejarah Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23, Erick Thohir: Kita Pertahankan Tradisi Kemenangan di Qatar!

Bola.com, Solo - Timnas Indonesia U-23 mencatat sejarah lolos ke putaran final Piala Asia-23 2024. Kepastian itu didapat usai Marselino Ferdinand dkk. mencatat kemenangan 2-0 atas Turkmenistan pada laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023) malam WIB.

Hasil ini mengantarkan Timnas Indonesia U-23 lolos keĀ  putaran Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Qatar pada 2024. Kedua gol skuad Garuda Muda dicetak oleh Ivar Jenner dan Pratama Arhan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyambut positif kelolosan Timnas Indonesia U-23. Menurut Erick, mental dan tradisi menang harus menjadi kultur yang tak boleh luntur.

"Alhamdulillah tradisi kemenangan Timnas Indonesia U-23 berlanjut. Setelah emas SEA Games 2023, finalis AFF U-23, tren positif berlanjut di kualifikasi Piala Asia U-23. Mari kita pertahankan mental dan tradisi menang di Qatar!,ā€ terang Erick Thohir di Stadion Manahan usai pertandingan, Selasa (12/09/2023) malam WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mental Baja

Erick Thohir mengatakan bahwa misi sesungguhnya dari Timnas Indonesia U-23 ada di Qatar pada 2024. Dengan persiapan matang, pasukan Shin Tae-yong bisa menatap peluang bermain di Olimpiade. Syaratnya timnas mesti melaju hingga babak semifinal.

ā€œTidak ada yang tak mungkin dalam sepak bola. Memang perjuangan di Qatar tidak mudah. Namun dengan mental pemenang yang tidak mau menyerah, tradisi kemenangan ini bisa kita lanjutkan untuk menembus Olimpiade Paris 2024," lanjut Erick.

3 dari 4 halaman

Tetap Fokus

Erick Thohir kembali mengingatkan pentingnya fokus dan tingkat konsentrasi seluruh pemain Timnas Indonesia U-23 agar target optimal dapat terpenuhi. Pihaknya meminta pemain tidak puas dengan sekadar lolos ke Piala Asia U-23 2024.

ā€œMental pemenang ini yang mesti dipertahankan siapapun lawannya. Hari ini mungkin Turkmenistan, besok di Qatar mental yang sama mesti kita pertahankan, tak peduli lawannya Jepang atau Korea Selatan,ā€ tegas Erick Thohir.

4 dari 4 halaman

Makin Gemilang

Di era Erick Thohir memegang kendali kepengurusan PSSI, Timnas Indonesia memang mencatat rentetan hasil yang memuaskan. Dimulai dengan keberhasilan timnas Indonesia U-19 tampil baik di Piala Asia.

Berlanjut di ajang SEA Games 2023. Penantian juara timnas selama 32 tahun berhasil dituntaskan dengan keberhasilan timnas Indonesia meraih juara. Pada Piala AFF U-23, Timnas Indonesia menjadi runner up dengan hanya kalah adu penalti di babak final melawan Vietnam.

Kini di ajang Piala Asia U-23, timnas tampil sempurna dengan menyabet seluruh kemenangan dengan total mencetak 11 gol tanpa kebobolan. Di level senior tren positif timnas Indonesia mengantarkan rekor Garuda mencatat peringkat FIFA terbaik dalam 12 tahun terakhir selain akan tampil di Piala Asia 2023 tahun depan.

Video Populer

Foto Populer