Sukses


Minus Bantuan Paulo Gali Freitas, Timnas Timor Leste Jadi Bulan-bulanan di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Semarang - Tanpa bantuan pemain asing PSIS Semarang, Paulo Gali Freitas, Timnas Timor Leste mengalami nasib tragis saat menghadapi putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam pertandingan melawan Chinese Taipei yang berlangsung di Stadion Nasional Kaohsiung, Kaohsiung, Kamis (12/10/2023), Timor Leste harus menanggung malu setelah digempur empat gol tanpa balas.

Sejak menit awal, Chinese Taipei memang sudah tampil menggebrak. Mereka tak butuh waktu lama untuk membuka keunggulan. Ketika laga baru menginjak menit keempat, tuan rumah sukses unggul lewat. Yu Yao-hsing.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah semakin menggila. Mereka sukses menambah tiga gol lewat Chen Ting-yang (57’), Yu Yao-hsing (60’), dan Ko Yu-Ting (88’). Hasil ini membawa Timor Leste pulang dengan tangan hampa.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tanpa Bantuan Gali Freitas

Yang mengejutkan, tidak ada nama Paulo Gali Freitas dalam daftar pemain yang dibawa oleh pelatih Timnas Timor Leste, Gopalkrishnan Ramasamy, pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini.

Pemain yang kini berkarier bersama PSIS Semarang itu justru terlihat berlatih bersama timnya di jeda internasional. Padahal, kiprah Gali Freitas terhitung istimewa saat memperkuat Mahesa Jenar di BRI Liga 1 2023/2024.

Winger yang identik dengan julukan ‘Wonderkid Abadi’ itu sukses menyumbangkan enam gol dan tiga assist. Jumlah gol ini hanya kalah dari top scorer sementara PSIS, Carlos Fortes, yang sukses mencetak tujuh gol.

 

 

3 dari 5 halaman

Nasib Timor Leste Terancam

Kekalahan empat gol tanpa balas dari Chinese Taipei pada pertandingan leg pertama ini jelas membuat nasib Timnas Timor Leste terancam.

Mereka dibayangi kegagalan untuk melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebab, mereka harus mengejar defisit empat gol untuk bisa melanjutkan perjuangannya ke putaran kedua. Penentuan nasib ini akan digelar pada leg kedua yang berlangsung Selasa (17/10/2023).

Menurut jadwal, laga leg kedua ini akan digelar di markas Timor Leste. Namun demikian, mereka justru memilih markas Chinese Taipei, Stadion Nasional Kaohsiung sebagai homebase-nya.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Sudah Ditunggu Malaysia

Di tengah bayang-bayang kegagalan ini, Timnas Timor Leste sebetulnya berpeluang berjumpa Timnas Malaysia pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebab, pemenang antara Timor Leste dan Chinese Taipei akan menempati satu slot yang tersedia di Grup D. Di grup ini, ada tiga negara yang menanti mereka, yakni Oman, Kirgistan, dan Malaysia.

Timor Leste tentu saja harus menang dengan margin lebih dari empat gol untuk bisa melanjutkan perjuangannya di babak kualifikasi ini.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer