Sukses


Mengintip Kans Tim-Tim Jatim Lolos ke Championship Series BRI Liga 1 Musim Ini: Siapa Paling Berpeluang?

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2023/2024 semakin mendekati akhir. Sebanyak 24 pertandingan sudah dilakukan masing-masing tim dan hanya tersisa 10 laga lagi untuk merampungkan seri regular.

Seperti diketahui, ada perbedaan format BRI Liga 1 musim ini dibanding sebelumnya. Yakni, diadakannya Championship Series yang akan diperebutkan empat tim teratas untuk menjadi kampiun musim ini.

Untuk sementara ini, posisi puncak klasemen dihuni Borneo FC yang telah mengoleksi 54 poin. Angka itu cukup jauh dibandingkan tiga tim di bawahnya, yakni PSIS Semarang (42 poin), Persib Bandung (41), dan Bali United (41).

Menariknya, tak ada tim-tim asal Jawa Timur di empat besar itu. Padahal, Jawa Timur selama ini dinilai sebagai kekuatan sepak bola nasional. Lihat saja, Jatim jadi provinsi penyumbang klub Liga 1 terbanyak sejak digelar mulai 2007.

Empat klub Jatim itu adalah Persebaya Surabaya, Arema FC, Madura United, dan Persik Kediri. Keempat tim ini sedang dalam situasi yang berbeda di klasemen.

Ada yang punya peluang besar menembus empat besar, ada pula yang masih berjibaku di zona degradasi. Lantas, bagaimana peluang mereka untuk menembus empat besar?

Bola.com akan mengulas kans tim-tim Jatim itu untuk lolos ke Championship Series BRI Liga 1 musim ini. Simak ulasannya berikut:

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Persik Kediri

Tim Macan Putih jadi klub Jatim dengan posisi teratas di klasemen sementara BRI Liga 1. Persik Kediri menduduki posisi kelima dengan mengemas 37 poin. Artinya, hanya selisih empat poin dari Bali United di peringkat keempat.

Peluang Persik untuk menembus Championship Series sangat terbuka lebar. Apalagi, mereka selama ini mampu tampil konsisten mendulang kemenangan. Mereka sudah tidak terkalahkan dalam enam laga terakhir.

Persik bahkan jadi tim yang selalu berhasil menang melawan tiga tim Jatim lainnya. Tak hanya meraih tiga poin, kemenangan saat melawan Persebaya, Arema, maupun Madura United bahkan diakhiri dengan pesta gol.

 

3 dari 6 halaman

Madura United

Laskar Sape Kerap tepat berada di bawah Persik Kediri. Ya, Madura United ada di posisi keenam dengan mengoleksi 36 poin. Selisih satu poin dengan tim atasnya membuat kans menyalip masih terbuka lebar.

Sayangnya, Fachruddin Aryanto dkk. masih belum kembali menemukan performa apik setelah memasuki putaran kedua. Hal itu berbeda dibandingkan saat putaran pertama yang berhasil berada di puncak klasemen selama delapan pekan.

Dengan 10 laga tersisa, Madura United masih punya peluang besar untuk kembali merangsek ke empat besar. Dari jumlah laga itu, mereka juga hanya sekali melawan tim yang ada di atasnya, yakni Borneo FC.

 

4 dari 6 halaman

Persebaya Surabaya.

Menargetkan juara musim ini, tetapi malah terseok-seok di papan bawah. Itulah yang dialami Persebaya yang masih belum menemukan konsistensi mendulang kemenangan.

Saat ini, Tim Bajul Ijo berada di posisi ke-12 dengan 30 poin. Jika menilik jarak, mereka hanya memiliki selisih 11 poin dengan Bali United. Artinya, secara hitungan, Persebaya masih berpeluang masuk empat besar.

Dengan 10 laga tersisa, kans Persebaya masih terbuka lebar, syaratnya tentu harus lebih banyak meraih kemenangan. Selain itu, ada hasil pertandingan tim lain yang akan berpengaruh.

Tantangan besar justru muncul dalam tiga laga terakhir nanti menghadapi tim-tim yang kuat. Tim Bajul Ijo akan berjumpa dengan Persib Bandung, Bali United, dan Persik Kediri. Itu pun masih belum melawat ke markas Borneo FC.

 

5 dari 6 halaman

Arema FC

Tim Singo Edan malah jadi klub yang konsisten ada di papan bawah. Di dua pekan awal, mereka menduduki peringkat ke-15 dan ke-13. Namun, memasuki pekan ketiga sampai sekarang, Arema konsisten di zona degradasi.

Kini, Arema menghuni posisi ke-16 dengan hanya mengemas 21 poin. Bicara kans lolos Championship Series tentu masih ada peluang. Namun, akan sangat berat jika menarget itu.

Arema FC baru saja memecat Fernando Valente dan menunjuk Widodo Cahyono Putro sebagai pelatih kepala baru. Untuk saat ini, target lepas dari jerat degradasi menjadi realistis karena mereka masih kesulitan mendulang angka.

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer