Sukses


BRI Liga 1: Tak Kunjung Debut Bersama Persis, Eks Bek Timnas Indonesia U-19 Masih Berjuang Pulih dari Cedera

Bola.com, Solo - Mantan bek Timnas Indonesia U-19, Marcell Januar Putra, masih harus berjuang untuk pulih dari cedera. Setelah promosi ke tim utama Persis Solo, dia tak kunjung mendapat kesempatan untuk debut di BRI Liga 1.

Marcell Januar memang terpaksa menunda peluang untuk mengukir penampilan pertamanya di kasta tertinggi. Sebab, sejak pertengahan musim BRI Liga 1 2023/2024, dia mesti menjalani pemulihan cedera.

Dokter Tim Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo, menyebut bahwa pemain berusia 20 tahun itu masih harus melewati proses pemeriksaan rontgen untuk melihat progres pemulihan retakan engkelnya.

“Marcell Januar saat ini masih menunggu hasil rontgen terakhir sekitar dua minggu lagi setelah sebelumnya mengalami fraktur ankle,” kata Iwan Wahyu Utomo.

 

2 dari 4 halaman

Tunggu Progres Pemulihan

Iwan mengatakan, hasil pemeriksaan inilah yang bakal menentukan nasib Marcell. Apabila fraktur pada pergelangan kakinya sudah dinyatakan sembuh, dia baru mendapat lampu hijau untuk berlatih.

Menu latihan yang dilahap bek asal Gresik, Jawa Timur, itu juga masih terbatas. Saat ini, dia masih belum diperbolehkan untuk melahap latihan berat yang bertumpu pada kaki 

“Apabila hasil pemeriksaan memperlihatkan bahwa tulangnya sudah menyambung, dia bisa mulai berlatih bersama tim fisioterapis,” kata Iwan.

“Jadi, nanti dia sudah bisa berlatih dengan kedua kakinya. Sebab, saat ini dia hanya bisa berlatih untuk bagian upper body saja,” tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Belum Sempat Debut

Jika dibandingkan pemain-pemain muda jebolan Persis Solo Youth lainnya, Marcell menjadi salah satu nama yang tak kunjung mendapatkan kesempatan mengukir penampilan di BRI Liga 1.

Padahal, pada musim ini, setidaknya ada nama-nama seangkatan Marcell semacam Rendy Sanjaya hingga Rifqi Ray yang sudah merasakan menit bermain bersama Laskar Sambernyawa. 

Sayangnya, Marcell mengalami nasib yang berbeda. Dia belum memperoleh kesempatan bermain meskipun namanya beberapa kali terdaftar sebagai pemain cadangan.

 

4 dari 4 halaman

Punya Potensi Besar

Marcell Januar Putra merupakan salah satu pemain yang memiliki prospek cerah. Sejak berusia muda, dia sudah sempat bermain bersama Timnas Indonesia U-16 angkatan Marselino Ferdinan yang saat itu diasuh Bima Sakti.

Setelah itu, pemain jebolan Persis Solo U-20 ini juga sempat menjadi salah satu bek yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 proyeksi Piala Dunia U-20 2023.

Dia sempat menjadi andalan lini pertahanan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 dan dibawa untuk menghadapi Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Sayangnya, pada kejuaraan yang disebut terakhir, dia tak mendapat kesempatan bermain.

Video Populer

Foto Populer