Sukses


Media Korea Klaim Shin Tae-yong Berburu Pemain ke Belanda Selama 2 Minggu: Demi Dinaturalisasi dan Bela Timnas Indonesia

Bola.com, Seoul - Media Korea Selatan, Best Eleven, mengabarkan bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan pergi ke Belanda untuk mencari pemain yang bisa dinaturalisasi.

Shin Tae-yong disebutkan bakal menetap di Negeri Kincir Angin selama dua pekan untuk berburu pemain yang mempunyai darah Indonesia.

"Terkait naturalisasi, saya berencana untuk menyelidiki pemain dengan darah Indonesia. Saya yakin ada pemain yang lebih baik," ujar Shin Tae-yong dinukil dari Best Eleven.

Saat ini, Shin Tae-yong masih berada di Korea Selatan. Arsitek berusia 53 tahun itu pulang kampung setelah memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

7 Pemain Naturalisasi

Sejak Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia pada Januari 2020, PSSI telah menaturalisasi tujuh pemain, tidak termasuk Marc Klok.

Ketujuhnya ialah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, dan Jay Idzes.

Hanya Jay Idzes yang belum pernah membela Timnas Indonesia. Sebab, perpindahan kewarganegaraan bek asal Venezia di Serie B itu baru selesai pada akhir Desember 2023.

3 dari 4 halaman

Proses Naturalisasi 4 Pemain

Selain nama-nama di atas, PSSI juga sedang memproses naturalisasi empat pemain dengan asal-usul Indonesia. Keempatnya ialah Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes.

"Setelah pemeriksaan lebih lanjut, ini tidak mudah. Pemain keturunan jarang bermain untuk klub mereka, tetapi mereka lebih sering bermain untuk Timnas Indonesia," imbuh Shin Tae-yong.

"Kami menghadapi tantangan besar dalam mengelola Timnas Indonesia," ucap nakhoda yang membawa tim berjulukan Skuad Garuda itu ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Demi menyelaraskan dengan Statuta FIFA, Shin Tae-yong perlu melacak pemain dengan darah Indonesia maksimal dari kakek atau neneknya.

"Mereka bukan pemain dengan darah murni, tetapi pemain dengan darah Indonesia," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Perintah Erick Thohir

Sebelumnya, Ketua PSSI, Erick Thohir, telah memerintahkan Shin Tae-yong ke Belanda untuk mencari pemain keturunan, terutama buat lini depan.

"Sekarang, Shin Tae-yong saya minta ke Eropa untuk memetakan lagi pemain naturalisasi, apakah untuk posisi di lini depan," ucap Erick Thohir pada beberapa waktu lalu.

Setali tiga uang dengan Erick Thohir, Shin Tae-yong mengakui Timnas Indonesia membutuhkan penyerang naturalisasi meski telah memiliki Rafael Struick.

"Posisi striker itu yang menjadi kesulitan untuk saya. Saya sedang diskusi dengan Pak Erick Thohir agar kami bisa mendapatkan pemain baru yang lebih kuat," ungkapnya belum lama ini.

"Mungkin jika ada, saya akan terbang langsung ke Belanda atau negara mana pun untuk mencari pemain berdarah Indonesia. Kami butuh untuk melengkapi posisi striker yang lebih baik," terang Shin Tae-yong.

Sumber: Best Eleven

Video Populer

Foto Populer