Sukses


Persebaya Masih di Papan Bawah, Paul Munster Bicara Kans 4 Besar BRI Liga 1

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya masih tertahan di peringkat ke-13 klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024. Mereka kini mengoleksi 32 poin setelah melakoni 26 pertandingan.

Tim asal Kota Pahlawan itu secara konsisten berada di bawah peringkat ke-10 sejak pekan ke-17 lalu. Artinya, sudah 10 pertandingan mereka lalui dan tetap berada di papan bawah klasemen sementara.

Teranyar, Persebaya gagal mencuri poin penuh dalam dua laga beruntun. Mereka sempat bermain imbang 1-1 kontra Persita Tangerang (23/2/2024) sebelum akhirnya dipaksa berbagi poin dengan skor 0-0 menantang PSM Makassar (28/2/2024).

Dengan sisa delapan pertandingan, banyak rintangan berat bagi Persebaya untuk naik peringkat. Sebab, semua tim semakin bersaing ketat untuk mengamankan posisi.

Persebaya sendiri sejak awal musim menargetkan juara Liga 1 musim ini. Artinya, mereka harus masuk ke empat besar dulu. Lantas, bagaimana pelatih Paul Munster menyikapi situasi yang dialami timnya?

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Fokus Tiap Laga Saja

Peluang Persebaya untuk merangsek ke empat besar tentu masih terbuka lebar. Posisi keempat kini dihuni oleh Bali United yang mengemas 42 poin dari 25 laga. Secara matematis, masih banyak kesempatan.

Tapi, ada delapan tim lain di atas Persebaya dan di bawah Bali United. Belum lagi, Persib Bandung (peringkat kedua) dan PSIS Semarang (peringkat ketiga) yang juga masih berusaha mengamankan posisi di empat besar.

“Saya fokus pada pertandingan berikutnya. Kami bersaing. Penting bagi kami untuk bertahan sebagai sebuah tim dan kami juga menyerang sebagai sebuah tim,” kata pelatih asal Irlandia Utara.

 

3 dari 5 halaman

Bergantung pada Tim Lain

Kalaupun Persebaya memenangi delapan pertandingan tersisa, itu juga masih bergantung pada pertandingan lain. Jadi, Bajul Ijo akan menghadapi tantangan yang tak mudah untuk masuk empat besar.

Sedangkan Borneo Samarinda masih dengan nyaman ada di puncak klasemen sejak pekan ke-14 karena konsisten mendulang poin.

Paul Munster menilai timnya harus menunjukkan mentalitas pemenang di setiap pertandingan yang tersisa ini.

“Mentalitasnya adalah kami memainkan setiap pertandingan untuk menang. Itulah mentalitasnya. Kami terus berjalan. Mentalitasnya adalah kami terus melaju, namun penting juga untuk tidak kebobolan,” ucap Paul Munster.

 

4 dari 5 halaman

Lawan Berat Menanti

Fakta lainnya, dari delapan tersisa, Persebaya harus menghadapi enam tim yang posisi ada di atas mereka. Di antaranya adalah Borneo Samarinda, Madura United, Dewa United, Persib Bandung, Bali United, dan Persik Kediri.

Hanya dua tim dengan posisi di bawah yang akan dihadapi Persebaya. Mereka adalah PSS Sleman dan Arema FC. Itu pun kedua tim tersebut sedang berupaya keras untuk bisa memperbaiki posisi di klasemen juga.

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer