Sukses


Walah! Vietnam Krisis Striker Jelang Hadapi Timnas Indonesia, Philippe Troussier Siap Panggil Pemain Liga Jepang

Bola.com, Hanoi - Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier, tengah mencari solusi untuk mengatasi krisis penyerang menjelang laga melawan Timnas Indonesia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pada akhir Februari lalu, Philippe Troussier sempat terbang ke Jepang untuk menemui sekaligus melihat performa salah satu pemain Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong, yang berkarier bersama Yokohama FC di J2 League.

Langkah ini diambil Philippe Troussier karena The Golden Star sedang mengalami krisis penyerang selama beberapa waktu terakhir. Oleh karena itu, dia harus bergerak untuk merumuskan solusi yang tepat.

“Timnas Vietnam tidak memiliki penyerang yang bagus. Jadi kami harus mempersiapkan diri dengan hati-hati untuk mengatasi situasi ini. Ini satu-satunya senjata yang berbahaya bagi lawan,” kata Philippe Troussier dikutip dari Bongda.

Dengan demikian, Cong Phuong tampaknya masih menjadi salah satu pemain yang dipertimbangkan oleh Philippe Troussier. Padahal, dia sudah cukup lama tampil bersama Timnas Vietnam di ajang internasional.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Krisis Penyerang

Apabila melihat performa para penyerang andalan Timnas Vietnam bersama klubnya masing-masing di kancah domestik, kekhawatiran Philippe Troussier sebetulnya memang cukup beralasan.

Nguyen Van Toan, misalnya. Pemain berusia 27 tahun ini berstatus sebagai penyerang lokal yang paling garang. Namun, dia hanya bisa mengukir tiga gol dan tiga assist dari 10 laga bersama Nam Dinh FC.

Jumlah yang lebih sedikit justru diperlihatkan Nguyen Tien Linh. Striker berusia 26 tahun itu hanya menghasilkan dua gol dan tiga assist dari 11 pertandingannya untuk Binh Duong FC musim ini.

Adapun dua nama pemain lainnya yang biasa beroperasi di lini serang Timnas Vietnam seperti Nguyen Dinh Bac hingga Pham Tuan Hai, sejauh ini baru membukukan dua gol saja di V.League 1 musim ini.

3 dari 3 halaman

Performa Cong Phuong

Kualitas Nguyen Cong Phuong memang diharapkan bisa menutup kekurangan yang muncul di lini serang Timnas Vietnam. Striker berusia 29 tahun ini sebetulnya punya pengalaman yang cukup. Dia sudah bermain 50 kali untuk The Golden Star dan menyumbang 11 gol.

Setelah sempat absen cukup lama di level internasional, Cong Phuong sebetulnya sempat mencetak gol dalam laga uji coba internasional melawan Palestina pada medio September 2023 lalu.

“Dalam konteks performa striker lokal yang bermain di V.League kurang bagus, Nguyen Cong Phuong dinilai bisa menjadi solusi bagus bagi Philippe Troussier,” bunyi ulasan Bongda.

“Kualitas CP10 sudah terbukti selama bertahun-tahun bermain di Timnas Vietnam di bawah asuhan Park Hang-seo. Gaya bermain Cong Phuong dinilai sangat sosok dengan filosofi penguasaan bola pelatih,” tambahnya.

Video Populer

Foto Populer