Sukses


Demi Hindari Degradasi, PSS Fokus Maksimalkan 6 Laga Tersisa di Regular Series BRI Liga 1

Bola.com, Sleman - Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic, meminta anak asuhnya fokus menjalani sisa laga di BRI Liga 1 2023/2024. Arsitek asal Serbia itu ingin Super Elang Jawa mengakhiri musim di posisi yang lebih baik.

PSS Sleman saat ini masih ada di papan bawah klasemen sementara Liga 1. PSS menempati peringkat 15 dengan koleksi 31 poin. Mencatat tujuh kemenangan, 10 kali imbang, dan 11 kalah.

BRI Liga 1 menyisakan enam pertandingan lagi. Terdekat, PSS Sleman akan berhadapan dengan Borneo FC pada pekan ke-29. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/3/2024) malam WIB.

"Saya tahu bahwa sekarang posisi PSS Sleman hanya tiga poin dari zona degradasi tapi masih ada enam pertandingan dan saya akan mencoba untuk memaksimalkan itu," ujar Risto Vidakovic.

"Ada banyak pertandingan berikutnya yang sangat penting bagi kami. Saya pikir kami harus memiliki mentalitas untuk bertarung," sambung pelatih PSS Sleman itu.

2 dari 5 halaman

Evaluasi

PSS Sleman gagal memetik kemenangan dalam tiga pertandingan terakhinya. Tim Elang Jawa ditahan imbang Persita Tangerang 3-3. Kemudian kalah dari Persebaya Surabaya dan PSM Makassar dengan skor 1-2.

Rentetan hasil minor itulah yang membuat posisi PSS Sleman makin merosot. Mereka bahkan hanya terpaut tiga poin saja dari Persita Tangerang yang tepat berada di batas atas zona degradasi atau peringkat 16 klasemen.

Risto Vidakovic menyadari kondisi timnya saat ini. Evaluasi dan pembenahan di sisa waktu yang ada akan terus dilakukan. Pelatih berlisensi UEFA Pro itu berharap PSS Sleman bisa tampil lebih baik lagi di laga selanjutnya.

"Soal evaluasi, apa yang terjadi di lapangan terkadang di persiapan sudah bagus tapi ada kesalahan yang terjadi. Kami akan menganalisa apa yang terjadi saat pertandingan sebelumnya," katanya.

3 dari 5 halaman

Tidak Ideal

Mantan pelatih Borneo FC itu turut menyoroti padatnya jadwal di BRI Liga 1. Setiap peserta harus menjalani pertandingan hanya berjarak empat sampai lima hari.

Belum lagi tim harus bolak-balik menempuh perjalanan darat maupun udara sebelum melakoni partai tandang.

“Soal jadwal sulit bagi kami melakukan persiapan secara ideal. Jujur, kami tidak punya waktu untuk bersiap serta berbicara secara taktis karena kami fokus pemulihan pemain dari laga terakhir dan menjadi segar untuk laga berikutnya,” ucap Risto.

“Semua tim berada dalam situasi yang sama. Yang jelas kami tetap fokus menjalani kompetisi. Kami harus menerima kondisi ini dan harus terus maju memikirkan pertandingan serta fokus dengan apa yang harus kami lakukan," tegasnya.

4 dari 5 halaman

6 Laga Terakhir PSS Sleman di BRI Liga 1 2023/2024

14 Maret 2024: PSS Sleman Vs Borneo FC

29 Maret 2024: Madura United Vs PSS Sleman

02 April 2024: PSS Sleman Vs Arema FC

15 April 2024: PSS Sleman Vs Dewa United

20 April 2024: Persik Kediri Vs PSS Sleman

28 April 2024: PSS Sleman Vs Persib Bandung

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer