Sukses


BRI Liga 1: Duo Persebaya Absen saat Hadapi Madura United, Paul Munster Justru Bersyukur

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya tak bisa memainkan dua pemain andalannya melawan Madura United dalam laga pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/2024, Rabu (13/3/2024). Keduanya adalah striker asing Paulo Henrique dan gelandang Muhammad Iqbal.

Paulo Henrique menerima kartu merah dalam laga terakhir melawan Borneo FC (7/3/2024). Sedangkan Muhammad Iqbal sudah mengoleksi empat kartu kuning. Situasi itu membuat mereka mendapat larangan bertanding.

Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, tidak merasa kehilangan dengan absennya dua nama itu. Justru dia merasa ini jadi kesempatan bagi para pemain lain untuk mendapat menit bermain. 

“Bagi saya, ini adalah peluang bagi para pemain. Banyak pemain telah menunggu kesempatan mereka, dan ini adalah kesempatan mereka untuk tampil,” kata Paul Munster, Selasa (12/3/2024).

“Yang jelas membuat saya terkesan, karena mereka perlu tampil. Inilah saatnya mereka menunjukkan kesempatan mereka. Terserah mereka, tapi bagi saya, ini selalu menjadi peluang bagi para pemain,” imbuh pelatih Persebaya Surabaya itu.

2 dari 5 halaman

Ada Pengganti, Termasuk Toni Firmansyah

Paul Munster tidak menyebutkan siapa pemain yang akan disiapkan sebagai pengganti. Untuk posisi striker, Persebaya Surabaya masih punya Chandra Waskito dan Wildan Ramdani. Sedangkan gelandang bisa diisi oleh Toni Firmansyah.

Nama Toni mampu menunjukkan peningkatan performa di BRI Liga 1 2023/2024. Dia pun akhirnya mencetak gol perdana untuk Persebaya ke gawang Borneo FC.

Toni Firmansyah musim lalu masih masuk skuat Persebaya U-18. Dia baru promosi ke tim senior sejak awal musim ini. Pada usia masih 19 tahun, belum banyak menit bermain juga yang didapatnya.

Pertandingan berlangsung dramatis terjadi saat Borneo menjamu Persebaya (7/3/2024). Skor masih 0-0 sampai menit ke-84. Persebaya kemudian unggul dulu lewat sepakan keras Toni Firmansyah dari luar kotak penalti (85’).

Toni memanfaatkan bola rebound yang mengarah kepadanya. Dengan satu sentuhan, dia melepas tembakan keras dan hanya membuat kiper Nadeo Argawinata melongo tanpa berupaya menghalau sepakannya.

Itu adalah gol perdananya untuk Persebaya. Sayangnya, gol itu tidak membantu Persebaya memenangkan pertandingan. Borneo pada akhirnya menang 2-1 dalam laga ini.

Meski demikian, Paul Munster cukup puas dengan apa yang ditunjukkan oleh Toni Firmansyah. Apalagi, Persebaya kini tidak punya gelandang asing selepas kepergian Ze Valente dan Song Ui-young.

Musim ini, Toni Firmansyah telah mencetak masing-masing satu gol dan assist dalam 14 penampilan. Secara keseluruhan, Munster terus memberi motivasi untuk para pemainnya agar bisa terus berkembang.

3 dari 5 halaman

Berupaya Tetap Mendominasi

Terlepas dari itu, Persebaya Surabaya sangat berupaya menang atas Madura United dalam laga pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/2024 ini. Derbi Suramadu jilid 18 akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu malam.

Kedua tim tercatat sudah berjumpa 17 kali di semua ajang. Catatan pertemuan menunjukkan bahwa Persebaya merupakan tim yang masih mendominasi Madura United.

Bajul Ijo mampu membukukan 10 kemenangan, sedangkan Laskar Sape Kerap hanya dua kali unggul.

Total, terdapat 51 gol yang tercipta dalam semua pertandingan Derbi Suramadu di semua ajang. Lagi-lagi Persebaya lebih banyak mencetak gol dengan membukukan 31, sementara Madura United tertinggal jauh dengan mencetak 20 gol.

4 dari 5 halaman

Jadwal Persebaya Vs Madura United

Persebaya Surabaya vs Madura United

Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya

Rabu, 13 Maret 2024

Kick-off: 20.30 WIB

Live: Indosiar

Live streaming: Vidio

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer