Sukses


Kabar Buruk Datang untuk Vietnam! Striker Andalannya Cedera Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam tidak dapat menurunkan kekuatan penuh saat menghadapi Timnas Indonesia. Striker andalan Nguyen Cong Phuong dilaporkan tidak berlatih hari ini, Minggu (17/3/2024), karena mengalami cedera.

Padahal, Cong Phuong sangat diharapkan bisa tampil menghadapi Timnas Indonesia dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu. Media Vietnam, Dan Tri, melaporkan sang striker mengalami cedera engkel saat bersama klubnya di Liga Jepang.

“Pada sesi latihan sore tanggal 17 Maret, striker Nguyen Cong Phuong tidak ikut latihan bersama rekan satu timnya di tim Vietnam. Sebelumnya, pemain ini dimasukkan oleh pelatih Troussier untuk berlatih bersama tim Vietnam U23,” tulis Dan Tri.

“Menurut informasi dari VFF, cedera engkel yang dialami striker Nghe An itu kambuh lagi. Ini adalah cedera yang dideritanya di klub Yokohama di Jepang,” lanjut pemberitaan media Vietnam itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pernah Jebol Gawang Timnas Indonesia

Nguyen Cong Phuong tercatat sebagai pemain Vietnam yang berkarier di Jepang bersama Yokohama FC. Namun, ia tidak pernah membukukan menit bermain di J.League 1 2023.

Cong Phuong hanya sekali main melawan Nagoya pada 5 April 2023. Itu pun hanya semenit dan merupakan laga Piala J.League 2023 yang berakhir kekalahan 2-3 bagi Yokohama FC.

Pada akhir musim, Yokohama FC menduduki posisi juru kunci J.League 1 2023. Kini, mereka berkompetisi J.League 2 2024 dan Cong Phuong masih kesulitan mendapat menit bermain.

Kendati demikian, Nguyen Cong Phuong memiliki pengalaman menjebol gawang Timnas Indonesia. Momen itu terjadi dalam babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam pertandingan itu, Vietnam sukses menang 4-0 atas Timnas Indonesia di Stadion Al Maktoum, Dubai, 7 Juni 2021. Nguyen Cong Phuong sukses menyumbang satu gol dalam pertandingan itu.

3 dari 4 halaman

Absen Tampil di Jakarta

Kini, Vietnam sedang bersiap melakoni dua laga kontra Timnas Indonesia. Pada laga pertama, Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024).

“Cedera yang dialami Cong Phuong diketahui tidak parah, tetapi ia harus beristirahat selama beberapa hari. Artinya, sulit bagi penyerang kelahiran 1995 itu untuk pulih dan mencapai performa terbaik jelang laga melawan Indonesia di Jakarta,” tulis Dan Tri lagi.

“Cong Phuong menjadi salah satu nama yang mendapat ekspektasi besar dari para penggemar dalam pertemuan tim Vietnam kali ini. Ia sempat lama tidak bermain di Yokohama, tetapi masih diberi kesempatan oleh pelatih Troussier," lanjut pernyataan media Vietnam itu.

4 dari 4 halaman

Masih Ada Opsi Lain

Tanpa Cong Phuong, Vietnam masih memiliki Nguyen Tien Linh yang tidak kalah produktif mencetak gol. Tien Linh tercatat telah mencetak 18 gol dalam 55 penampilan internasional bersama negaranya.

Pelatih Vietnam, Phillipe Troussier, rencananya akan mengumumkan daftar pemain untuk menghadapi Timnas Indonesia pada Senin (18/3/2024).

Sehari setelah itu, skuat Vietnam berangkat ke Jakarta, Selasa (19/3/2024), dan akan berlatih dua kali di Indonesia sebelum bertanding.

Bicara babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Vietnam sebenarnya mendapatkan hasil yang cukup apik dalam dua pertandingan sebelumnya dengan mengoleksi tiga poin.

Vietnam menang 2-0 atas Filipina (16 November 2023) sebelum akhirnya kalah 0-1 kontra Irak (21 November 2023).

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer