Sukses


BRI Liga 1: Berambisi Sapu Bersih 5 Laga Sisa, Barito Putera Intip Peluang ke Championship Series

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2023/2024 kembali bergulir pada pekan depan. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu akan memainkan matchday ke-30.

Saat ini, BRI Liga 1 tengah rehat selama kurang lebih dua pekan karena agenda FIFA Matchday. Pada periode ini, Timnas Indonesia bermain melawan Vietnam pada putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jeda kompetisi dimanfaatkan sejumlah tim untuk berbenah, tak terkecuali Barito Putera. Pasca-diliburkan, tim berjulukan Laskar Antasari itu sudah kembali digeber latihan pada Rabu (20/3/2024).

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan, mengatakan libur singkat diberikan agar pemain yang menjalankan ibadah puasa bisa berkumpul bersama keluarga. Sekaligus menghilangkan rasa penat setelah melakoni padatnya jadwal BRI Liga 1 musim ini.

"Jeda selepas laga kemarin ke laga selanjutnya lumayan panjang, ada jeda kompetisi dua pekan juga," ujar Rahmad Darmawan.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Situasi Kondusif

Suasana tim juga sedang bagus. Barito Putera menutup laga terakhir jelang FIFA Matchday dengan kemenangan. Mereka membungkam PSM Makassar dengan skor 3-1 pada pekan ke-29 BRI Liga 1 di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Jumat, 15 Februari 2024.

Kemenangan tersebut istimewa karena diraih berkat comeback luar biasa. Sempat tertinggal pada babak pertama, Laskar Antasari mampu membalikkan keadaan di paruh kedua. Dua gol di antaranya tercipta melalui tendangan bebas.

Mantan pelatih RANS Nusantara itu berujar, sepasang gol free kick dari Mike Ott dan Renan Alves bukan sebuah kebetulan. Sebab, selama persiapan dirinya selalu memberikan waktu tambahan pemain untuk melakukan individual service.

"Jujur, untuk individual service kita selalu menyerahkan kepada pemain melakukan ekstra waktu setelah latihan itu kepada beberapa eksekutor kita untuk melakukan itu," katanya.

 

3 dari 5 halaman

10 Besar Klasemen

Tambahan tiga poin mengantarkan Barito Putera ke posisi sembilan klasemen sementara BRI Liga 1. Laskar Antasari mengumpulkan 40 poin dari 29 laga yang dijalani. Perinciannya meraih 10 kemenangan, 10 seri, dan sembilan kalah.

Rahmad Darmawan senang timnya kembali masuk 10 besar. Menurutnya, pencapaian saat ini tidak lepas dari kerja keras seluruh pemain. Sementara itu target berikutnya, dia berharap Barito Putera bisa terus naik peringkat klasemen.

"Tentu juga atas kerja keras semua pemain disamping doa dari masyarakat, dan penonton kita yang masih mendoakan di tempat masing-masing," kata pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Pada laga selanjutnya Laskar Antasari akan ditantang PSIS Semarang di Stadion Sultan Agung, Jumat (29/3/2024) malam WIB. Duel nanti harus dimenangkan untuk menjaga peluang lolos ke Championship Series.

 

4 dari 5 halaman

Kans ke Championship Series

Barito Putera menyisakan lima pertandingan pada fase reguler. Setelah bersua PSIS, mereka bakal bertemu RANS Nusantara, Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan Persikabo 1973. Kalau ingin lolos, mereka harus bisa memanfaatkan momentum dengan memetik poin maksimal dari tim-tim itu.

Untuk mengisi satu slot pada babak empat besar, Barito Putera wajib menyapu bersih semua laga sisa. Oleh karena itu, mereka akan mengumpulkan 65 poin pada akhir kompetisi.

Sembari berharap tim-tim rival macam Dewa United, Persik Kediri, Persis Solo, PSIS, dan Madura United terpeleset di lima pertandingan tersisa. Sementara itu, baru Borneo FC yang sudah memastikan diri melaju ke Championship Series.

Itu setelah klub berjulukan Pesut Etam tersebut membukukan 69 poin dari 29 laga. Seperti diketahui, hanya ada empat tim teratas klasemen yang berhak lolos ke fase ini.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer