Sukses


Bedah Kekuatan Australia, Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024: Kombinasi Jagoan Liga Lokal dan Abroad

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan beraksi di Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Qatar mulai 15 April 2024. Tergabung di Grup A, Tim Garuda akan menghadapi tiga tim yang terbilang punya kualitas dalam hal kekuatan. Satu di antaranya adalah Australia.

Dalam drawing yang digelar pada November 2023 lalu, Australia berada di pot kedua, atau dua pot di atas Timnas Indonesia U-23. Selain itu juga ada tuan rumah Qatar dan Yordania yang akan jadi lawan Tim Garuda Muda.

Bicara khusus mengenai Australia, tim ini lolos ke Piala Asia U-23 2024 dengan catatan bagus. Mereka lolos ke Qatar usai menjadi juara Grup I. 

Australia sukses mencukur habis Laos dengan skor 7-1. Lalu kemudian bermain imbang 1-1 kontra Tajikistan. 

Seperti apa skuad Yordania di Piala Asia U-23 2024 nanti? Berikut ulasannya:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Komposisi Skuad

Seperti timnas senior, Timnas Australia U-23 diisi komposisi pemain yang merumput di luar negeri dan andalan di kompetisi lokal.

Beberapa pemain Australia U-23 yang berstatus penggawa abroad adalah Louis D'Arrigo yang bermain untuk Lechia Gdansk, Polandia.

Lalu ada Paul Okon yang berkarier di Benfica, Portugal. Kemudian kiper utama mereka, Stevan Hall main di Premier League untuk Brighton.

Sementara penggawa Melbourne City, Sydney FC, Newcastle Jets dan Adelaide United jadi penyumbang pemain terbanyak dari kompetisi lokal.

3 dari 4 halaman

Pelatih Lokal Tony Vidmar

Timnas Australia U-23 akan dilatih oleh Tony Vidmar yang merupakan pria kelahiran Adelaide, Australia. Ketika masih berkarier sebagai pemain, Vidmar pernah merumput bersama NAC Breda, Rangers sampai Middlesbrough.

Karier kepelatihannya bisa dibilang belum terlalu mentereng. Prestasi terbaiknya yaitu mengantarkan Australia juara Piala AFF U-16 2016.

Sebelumnya ia hanya berstatus asisten pelatih Timnas Australia dari kelompok umur sampai senior. Tentu Piala Asia U-23 2024 akan jadi pertaruhan besar dalam kariernya.

4 dari 4 halaman

Rekam Jejak Prestasi

Berbicara rekam jejak prestasi, Australia U-23 cukup disegani pada dua edisi terakhir Piala Asia U-23. Tercatat pada dua edisi terakhir, mereka selalu tembus semifinal.

Pada edisi 2020, Australia menempati posisi ketiga. Lalu di 2022, prestasi mereka menurun ke urutan empat.

Di Qatar, tentunya mereka akan kembali lagi berstatus sebagai unggulan. Timnas Indonesia U-23 wajib waspada.

Video Populer

Foto Populer