Sukses


PSIS Masih Tetap Optimistis Tembus Empat Besar BRI Liga 1

Bola.com, Semarang - Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, masih menyimpan optimisme untuk melaju ke babak championship series meski baru saja kalah dari PSM Makassar pada pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Selasa (16/4/2024) malam WIB itu, PSIS Semarang harus mengakui keunggulan PSM Makassar setelah digebuk dengan skor 1-3.

Mahesa Jenar sebetulnya bisa unggul terlebih dahulu lewat gol Tri Setiawan (29’). Namun, skuad Juku Eja berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak tiga gol melalui aksi Kenzo Nambu (58’) dan brace Yakob Sayuri (60’ dan 83’).

Gilbert Agius mengatakan, kekalahan ini tak terlepas dari kelengahan para pemainnya pada babak kedua. Kesalahan-kesalahan individu yang dilakukan para pemain menjadi sumber malapetaka.

“Saya pikir, kami bisa mengontrol pertandingan pada babak pertama, lalu mampu mencetak satu gol. Kami tahu bahwa kami menghadapi tim yang sangat berkualitas,” kata Gilbert dalam sesi konferensi pers pascalaga, Selasa (6/4/2024).

“Namun, saya rasa kami bisa mengontrol permainan karena bermain bagus pada babak pertama. Pada babak kedua, sayangnya kami malah melakukan dua kesalahan individu,” imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Kesalahan Fatal

Menurut pelatih asal Malta itu, kesalahan-kesalahan individu para pemain PSIS bisa dimaksimalkan dengan baik oleh lawan. Mereka mampu mencetak gol apik yang bersumber dari kealpaan ini.

“Ini bagian dari sepak bola. Semua pemain bisa melakukan kesalahan. Semua pesepak bola di dunia ini bisa melakukan kesalahan. Terlepas dari hal itu, PSM mencetak dua gol yang sangat brilian,” ujarnya.

“Saat kami berusaha kembali fokus ke lapangan setelah kebobolan, PSM Makassar kembali mencetak gol ketiga yang tak kalah istimewa lewat aksi individu. Saya ucapkan selamat untuk PSM,” tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Optimistis Empat Besar

Sebetulnya, pertandingan ini menjadi kesempatan bagi Taisei Marukawa dan kolega untuk mengamankan poin penuh demi menjaga peluangnya di persaingan papan atas klasemen BRI Liga 1 2023/2024.

Terlepas dari kegagalan meraih poin penuh ini, Gilbert masih optimistis anak asuhnya bisa lolos ke fase championship series. Masih ada tiga laga yang harus dimaksimalkan Mahesa Jenar untuk mewujudkan target itu.

“Sebetulnya ini kesempatan bagus bagi kami untuk bisa kembali ke empat besar. Kami masih tetap memiliki peluang. Jadi kami harus berjuang pada tiga pertandingan yang tersisa,” ujar Gilbert.

4 dari 4 halaman

Hilang Konsentrasi

Gelandang PSIS, Tri Setiawan, juga mengakui bahwa kesalahan jadi sumber kegagalan timnya pada laga ini. Menurutnya, para pemain Mahesa Jenar kehilangan konsentrasi, sehingga harus mendapatkan hukuman telak.

“PSM bermain bagus. Kami, pada babak pertama, bermain apik sehingga bisa mencetak gol. Babak kedua, kami kehilangan konsentrasi, sehingga pemain-pemain banyak melakukan kesalahan,” kata Tri.

Video Populer

Foto Populer