Sukses


Analisis dan Data Menunjukkan Bintang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan Jadi Pemain Paling Berbahaya Kedua di Piala Asia U-23

Bola.com, Jakarta - Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan, menjadi pemain paling berbahaya kedua di Piala Asia U-23 2024 setelah bintang Timnas Jepang U-23, Fuki Yamada.

Analis di Asian Football Analysis Zone, Ben Griffis, mengungkapkan hasil penelitian terhadap Marselino Ferdinan berdasarkan data Opta untuk xT Chain, yang berasal dari gabungan jumlah dari xT diterima, xT diciptakan, dan xT dibantu.

xT dalam adalah expected threat atau bahasa sederhananya seberapa besar ancaman yang dilakukan suatu tim atau seorang pemain terhadap lawannya.

Marselino Ferdinan mencatatkan xT 1,04 untuk umpan diterima, xT 0,69 untuk operan sukses, dan xT 0,71 untuk umpan yang diselesaikan dengan bantuan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Analisis terhadap Marselino Ferdinan

"Marselino Ferdinan adalah sumber yang konsisten bagi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024, menjadi pusat dari banyak serangan mereka," tulis akun X @AFA_Zone.

"Kita bisa melihat mengapa, Marselino Ferdinan menempati peringkat kedua untuk 'xT Chain', yang merupakan total dari xT Received, xT Created, dan xT Assisted. Semuanya melalui umpan.

"xT berarti ancaman yang diharapkan. Ini adalah metrik yang mengukur nilai dari memindahkan bola dari satu titik ke titik lain," jelas Asian Football Analysis Zone.

3 dari 4 halaman

Pemain Paling Penting untuk Timnas Indonesia U-23

"Lebih spesifik, ini adalah perubahan dalam probabilitas bahwa suatu gol akan dicetak dalam beberapa tindakan berikutnya dari memindahkan bola dari A ke B. Bisa positif atau negatif," ungkap Asian Football Analysis Zone.

Marselino Ferdinan hanya kalah dari Fuki Yamada yang merangkum xT 1,02 untuk umpan diterima, xT 1,37 untuk operan sukses, dan xT 0,3 untuk umpan yang diselesaikan dengan bantuan.

Selain data di atas, Marselino Ferdinan juga menjadi pemain Timnas Indonesia U-23 tersubur di Piala Asia U-23 dengan dua gol dan tersering di atas lapangan lewat 600 menit.

Sumber: Asian Football Analysis Zone

4 dari 4 halaman

Analisis Football Analysis Zone

Video Populer

Foto Populer