Sukses


5 Fakta Menarik Nathan Tjoe-A-On yang Mungkin Tak Banyak Diketahui: Punya Darah Wong Semarang, Roda Penggerak Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Jakarta - Sosok Nathan Tjoe-A-On menjadi pusat perhatian dalam perjalanan Timnas Indonesia U-23 pada pergelaran Piala Asia U-23 di Qatar beberapa waktu lalu. Ia ikut mengantarkan Garuda Muda melaju hingga empat besar.

Timnas Indonesia U-23 finish sebagai peringkat 4 dalam turnamen perdana dalam sejarah yang pernah diikuti. Peran Nathan Tjoe-A-On cukup vital dalam membantu kekuatan lini tengah.

Pemain naturalisasi ini yang sudah menjadi WNI pada Maret 2024. Proses yang cukup cepat, membuatnya langsung menjadi andalan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dengan melakoni debut di tim senior melawan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Nathan Tjoe-A-On bersama Jay Idzes melakoni debutnya untuk skuad Merah-Putih melawan Vietnam di Jakarta, 21 April 2024. Kemudian ia bermain pada laga kedua di markas Vietnam 5 hari kemudian.

Tak banyak yang tahu mengenai fakta-fakta dari seorang Nathan Tjoe-A-On. Yuk simak informasi menarik dari Bola.com berikut ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Keturunan Semarang

Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia-Belanda. Dilahirkan di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001, Nathan resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada 11 Maret 2024.

Ayah dari ibunya berasal dari Semarang, Jawa Tengah, sehingga Nathan memiliki garis keturunan Indonesia dari kakeknya.

Nathan Tjoe-A-On, kini berstatus penuh milik klub Inggris Swansea City. Nilai pasarnya sekitar 500.000 Euro atau sekitar Rp8,2 miliar menurut data dari transfermarkt.

3 dari 7 halaman

2. Timba Ilmu di Belanda

Sebelumnya, Nathan telah memiliki karier yang gemilang di dunia sepak bola. Pada 2010-2013, ia tercatat sebagai pemain klub VV Nieiwerkerk.

Ia lalu pindah ke Excelsior pada periode 2013 hingga 2019. Klub Swansea City menjadi Pelabuhan berikutnya pada 2023. Dan kini Nathan tengah dipinjamkan ke klub sepak bola asal Belanda, yakni Heerenveen.

4 dari 7 halaman

3. Pemain Versatile

Pemain Tim Nasional Indonesia Nathan Tjoe-A-On belakangan ini menjadi sorotan publik. Bahkan aksinya saat membela skuad Garuda Muda di Piala Asia mendapatkan apresiasi.

Pada ajang Piala Asia U-23 2024 lalu, Nathan sempat bermain di dua posisi. Ia dipasangkan sebagai gelandang tengah bersama Ivar Jenner, meski Nathan sebenarnya memiliki posisi asli bek kiri.

Nathan punya kelebihan dalam daya jelajah, duel perebutan bola dengan lawan, hingga sesekali naik membantu serangan. Ia cukup piawai dalam melancarkan tekel dan intersep. Layak jika diibaratkan seperti mesin diesel yang terkenal bandel.

Di fase grup Piala Asia U-23, statistik Nathan terbilang impresif. Merujuk sumber dari AFC, Nathan melepaskan 25 umpan dengan 40 persen terjadi di wilayah lawan.

Hal ini menunjukkan bahwa Nathan adalah seorang pemain-multi posisi yang bisa memainkan peran sama baiknya. Tentu hal tersebut menjadi angin segar untuk coach Shin Tae-yong (STY) dalam meramu skuadnya.

5 dari 7 halaman

4. Mengalir Darah Atlet

Darah atlet mengalir pada diri Nathan Tjoe-A-On. Diketahui bahwa ayahnya dulunya adalah pemain American Football.

Nathan pernah blak-blakan kepada Yussa Nugraha dalam sebuah podcast di Youtube. Ia mengaku sangat menyukai sepak bola, meski ayahnya merupakan atlet American Football.

"Dulu papaku pernah main American football, tapi waktu aku masih kecil, aku selalu minta sepak bola," tuturnya.

"Dan setiap hari aku main bola di depan rumah. Dari situ aku suka bermain sepak bola dan setelah itu aku terus bermain bola."

6 dari 7 halaman

5. Jiwa Bela Negara

Fakta menarik lainnya adalah, dalam mendatangkan Nathan ke Piala Asia U-23 2024 ternyata bukan jadi perkara mudah. Bahkan, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir harus turun tangan guna melakukan lobi ke klub sang pemain SC Heerenveen.

Sebelumnya, SC Heerenveen dan PSSI sepakat untuk meminjam Nathan hingga babak penyisihan grup saja. Namun, Erick Thohir kembali melobi klub Eredivisie tersebut untuk meminjam sang pemain lagi di laga perempat final versus Korea Selatan.

Perjalanan Timnas Indonesia U-23 berlanjut hingga semifinal dan perebutan peringkat ketiga. Kini Nathan kembali akan memperkuat Merah-Putih menghadapi Guinea di Paris, Kamis (9/5/2024).

7 dari 7 halaman

Biodata Pemain

Nama: Nathan Tjoe A-On

Tempat tanggal lahir: Rotterdam, Belanda, 22 Desember 2001

Tinggi: 182cm

Posisi bermain: Bek kiri

Klub: Swansea City

Akun Instagram: @nathantjoeaon

Video Populer

Foto Populer