Sukses


Media Vietnam Kepo Soroti Sikap Pemarah Shin Tae-yong saat Memimpin Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 tampil menawan di Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda bahkan nyaris lolos Olimpiade 2024, andai tak kalah dari Timnas Guinea U-23 dalam babak play-off yang digelar di Paris pada Kamis (9/5/2024).

Meski gagal berlaga di Olimpiade, apresiasi tinggi layak diberikan kepada skuad Timnas Indonesia U-23. Rizky Ridho dkk. menunjukkan penampilan luar biasa di Piala Asia U-23 edisi kali ini. Berstatus debutan, Garuda Muda sukses membuat kejutan dengan melenggang ke semifinal.

Timnas Indonesia U-23 juga berhasil menumbangkan tim-tim kuat macam Austalia (1-0), Yordania (4-1), Korea Selatan lewat adu penalti (11-10).

Kemudian menelan kekalahan melawan Qatar dan Uzbeskistan dengan skor identik 0-2 serta keok 1-2 kontra Irak.

Kiprah Garuda Muda di sepanjang Piala Asia U-23 2024 mendapat sorotan dari banyak pihak, termasuk media asing.

Tidak hanya membahas kesuksesan Tim Merah-Putih, pelatih Shin Tae-yong juga tak luput dari perhatian.

 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Terlalu Pemarah

Bukan karena keberhasilan sang arsitek membawa Timnas Indonesia U-23 melaju jauh di turnamen tersebut, namun salah satu media Vietnam, Znews.vn menyoroti sikap Shin Tae-yong yang kerap marah-marah dan berujung diusir wasit saat pertandingan.

"Pelatih Shin Tae-yong terlalu pemarah. Kepribadiannya yang pemarah berkali-kali menyebabkan Shin Tae-yong dilarang memimpin tim Indonesia," tulis media tersebut dikutip pada Senin (13/5/2024).

"Pada 9 Mei, Shin Tae-yong menerima dua kartu kuning dalam pertandingan play-off Olimpiade melawan Guinea U-23. Meski diusir dari bench pemain, Shin tetap menunjukkan sikap tidak profesional dan memanggil pemain dari pinggir lapangan untuk mengulur waktu," sambungnya.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Dalam beberapa kesempatan, Shin Tae-yong memang kerap meledak-ledak saat memimpin skuad Garuda di pinggir lapangan. Dia sering kali mengekspresikan emosinya ketika memprotes keputusan wasit yang kurang adil.

Znews.vn kemudian mengungkit sejumlah kejadian yang melibatkan Shin Tae-yong dengan pengadil. Mulai dari babak Kualifikasi Piala Dunia hingga Piala AFF.

"Ini bukan pertama kalinya Shin meninggalkan kesan kurang baik sejak memimpin tim Indonesia. Pertengahan 2021 di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Shin dilarang mendampingi tim saat melawan UEA karena akumulasi kartu,"

"Di Piala AFF 2020, Shin menarik perhatian karena bereaksi keras kepada wasit. Ia mendapat kartu kuning di final leg kedua melawan Thailand," lanjut Znews.vn.

 

 

4 dari 4 halaman

Masih Banyak Lagi

"Pada 2023 saat memimpin Indonesia di U-23 Asia Tenggara, Shin Tae-yong juga mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap wasit. Dia menerima kartu kuning pada laga final melawan Vietnam U-23," ulas Znews.vn.

"Belum lagi banyaknya hukuman kartu lain yang diterima Shin di Kualifikasi Piala Asia 2023, Piala Asia U-20 2023 atau SEA Games 31. Di turnamen tanpa VAR, Shin mengkritik wasit karena keputusan yang buruk terhadap timnya," imbuhnya.

Menurut Znews.vn, Shin Tae-yong merupakan sosok yang tangguh ketika masih aktif bermain. Nah, karakter itulah yang memengaruhi gaya bermain setiap tim yang dibesutnya, tak terkecuali Timnas Indonesia.

"Sejak menjadi pemain, Shin Tae-yong adalah sosok yang memiliki gaya bermain kuat dan tidak takut benturan. Kepribadian itu turut memengaruhi gaya bermain tim yang dipimpinnya. Buktinya, di setiap turnamen yang diikuti Indonesia, para pemainnya kerap mendapat hukuman kartu," pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer