Sukses


Fakta Timnas Indonesia Dipermalukan Irak 0-2 di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Awalnya Berimbang, Blunder Mengacaukan Segalanya

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali gagal mengalahkan Timnas Irak dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kali ini, Garuda takluk 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024) sore WIB.

Sepasang gol kemenangan tim tamu tercipta di babak kedua. Mereka membuka keunggulan via Aymen Hussein pada menit ke-54. Irak kemudian memperlebar jarak lewat Ali Jasim di menit ke-88.

Meskipun keok, Timnas Indonesia tetap bertengger di posisi kedua klasemen sementara Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jordi Amat dkk. membukukan tujuh poin dari lima laga yang dijalani.

Sementara Irak kokoh di puncak klasemen dengan poin sempurna yakni 15. Urutan ketiga dihuni Vietnam dengan nilai 6. Adapun Filipina tercecer di dasar klasemen dengan satu angka.

Ada sejumlah fakta menarik yang mengiringi kekalahan Timnas Indonesia kontra Timnas Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Apa saja? Berikut ulasannya di bawah ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berimbang

Irak bukan lawan yang mudah bagi Timnas Indonesia. Singa Mesopotamia sejauh ini masih superior atas Garuda. Termasuk dalam bentrok kali ini.

Tim Merah-Putih sebetulnya tampil cukup baik pada babak pertama. Sayangnya, Garuda tak mampu memanfaatkan peluang emas yang didapat. Mereka kepayahan dalam mencetak gol.

Dari catatan lapangbola.com, ball possession kedua tim berimbang 50-50. Irak mampu mengemas jumlah shot on goal sedikit lebih banyak, yakni 10 tembakan. Berbanding sembilan yang dihasilkan Timnas Indonesia.

Pun demikian dengan jumlah operan yang dibuat kedua tim. Irak mengemas 369 umpan akurat dari total 445 umpan yang diciptakan. Sedangkan Garuda membuat 373 umpan akurat dari 437 umpan yang dilepaskan.

3 dari 4 halaman

Penalti, Blunder dan Red Card

Bisa dikatakan, Timnas Indonesia cukup apes pada laga kali ini. Selain kesulitan mencetak gol, mereka justru mengalami kesialan di paruh kedua. Garuda mendapat hukuman penalti karena bek Timnas Indonesia, Justin Hubner, melakukan handball di kotak terlarang.

Tidak lama setelah tertinggal, tim besutan Shin Tae-yong itu harus bermain dengan 10 pemain. Kapten tim, Jordi Amat diusir oleh wasit Shaun Evans lantaran melakukan pelanggaran keras terhadap gelandang Irak, Zidane Iqbal.

Tidak sampai disitu. Penjaga gawang Timnas Indonesia, Ernando Ari melengkapi deretan nasib buruk skuad Garuda pada laga ini. Kiper Persebaya Surabaya itu bahkan melakukan dua kali blunder fatal.

Pertama, Ernando Ari membuat pelanggaran yang berujung penalti kedua bagi Irak. Beruntung, sepakan penalti Aymen Hussein melambung ke atas mistar gawang. Kesalahan berikutnya yang dibuat Nando membikin tim lawan memperbesar keunggulan.

Kiper berusia 22 tahun itu terlalu lama menguasai bola hingga direbut pemain Irak di dalam area penalti. Dengan mudah, Ali Jasim menceploskan bola ke gawang yang kosong.

4 dari 4 halaman

Masih Ada Peluang

Meski kalah, peluang Timnas Indonesia melaju ke fase berikutnya belum tertutup. Syaratnya, mereka wajib memenangkan pertandingan terakhir melawan Filipina. Duel kedua tim berlangsung di SUGBK pada Selasa, 11 Juni 2024.

Tambahan tiga angka akan membuat Garuda mengunci posisi runner-up Grup F dengan nilai 10. Perolehan poin itu tidak terkejar dari Vietnam andai mereka memenangi dua pertandingan lagi. Sebab, Tim Merah-Putih unggul head to head dari The Golden Star Warriors.

Video Populer

Foto Populer