Sukses


Masuk Grup Neraka di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Pantang Ciut karena Peluang Masih Ada

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tergabung di grup neraka pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski satu grup dengan tim-tim raksasa Asia, Tim Garuda pantang ciut karena peluang lolos ke putaran final tetap terbuka.

Komentar itu disampaikan kiper legendaris Timnas Indonesia, Hermansyah, selepas drawing fase ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Hasil drawing itu menempatkan Indonesia di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

"Sepak bola bukan matematika. Peluang semua tim saat ini sama. Tinggal bagaimana nanti di lapangan. Siapa yang siap fisik dan mental, melaksanakan instruksi pelatih, maka sudah pasti akan memenangkan pertandingan," kata Hermansyah kepada Bola.com, Jumat (28/6/2024) malam WIB.

Publik sepak bola Indonesia menyebut Timnas Indonesia berada di grup neraka mengingat lawan-lawannya mempunyai level atau prestasi di atas Indonesia. Dua diantaranya, yakni Australia dan Jepang merupakan kontestan tetap Piala Dunia.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pantang Dianggap Remeh

Hermansyah pun tak menutup mata jika lawan-lawan Timnas Indonesia di Grup C punya catatan bagus, dan ada tentunya level pun ada di atas Tim Garuda.

Meski akan melakoni laga berat, pria yang kini menjadi pelatih kiper di Persikabo 1973 itu menyebut Timnas Indonesia punya progres yang positif pada penyisihan grup.

Timnas Indonesia kata Hermansyah, bermain bagus dan bisa lolos ke fase ketiga merupakan bukti jika kekuatan Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Timnas Indonesia sudah memperlihatkan progres yang baik ya, dengan memiliki pemain-pemain berkualitas dan sudah solid meski ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pelatihnya seperti ketajaman pemain depan, dan pertahanan," tuturnya.

3 dari 6 halaman

3 Lawan Terberat

Dari empat lawannya itu, menurut Hermansyah ada tiga tim yang mungkin bisa membuat Indonesia lebih kerja keras atau bisa saja menjadi sandungan. Ketiga tim itu yakni Jepang, Australia, dan Arab Saudi.

Untuk dua tim lainnya yakni Bahrain dan China, Timnas Indonesia bisa meniru apa dilakukan saat mengalahkan Korea Selatan beberapa waktu yang lalu. Meski beda level usia, pemain Tim Garuda saat ini banyak dihuni para pemain yang memperkuat level usia 23 tahun.

"Artinya persiapan pun pasti sudah mengarah kesana kan, masih ada waktu untuk melakukan persiapan menghadapi mereka. Mungkin Jepang dan Australia yang terberat, tapi setidaknya kita berusaha dulu, saya yakin timnas sekarang ini bisa bersaing," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

Siapkan Mental dan Fokus

Hermansyah pun berpesan kepada semua pemain yang nanti memperkuat Timnas Indonesia di fase ketiga Piala Dunia agar mereka menyiapkan mental, tidak boleh terpancing emosi, serta fokus dan disiplin selama 90 menit pertandingan.

"Jaga kekompakan ya, siapkan kan mental dan fisik terbaik. Dalam sepak bola tidak ada hal yang mustahil, selama mau bekerja keras, dan disiplin serta fokus, pasti apa yang ditargetkan akan tercapai. Pantang menyerah itu yang paling penting," Hermansyah mengakhiri pembicaraan.

5 dari 6 halaman

Hasil Drawing Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

6 dari 6 halaman

Simak Liputan Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer