Sukses


Bukti Taktik Van Gaal Tidak Efektif untuk MU

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Louis van Gaal, dinilai tidak cocok menerapkan strategi pengutamaan penguasaan bola kepada Wayne Rooney dan kawan-kawan. Salah satu alasannya karena taktik manajer asal Belanda tersebut justru membuat serangan Setan Merah tidak efektif. 

Menurut catatan Opta, pemuncak klasemen sementara Premier League, Leicester City, hanya membutuhkan 46 umpan akurat untuk setiap tendangan akurat ke arah ke gawang. Sementara itu, MU tercatat memiliki total 131 umpan, yang juga merupakan salah satu terbaik. 

Akan tetapi, statistik MU tersebut dinilai tidak efektif lantaran hanya mampu menciptakan sedikit tembakan akurat ke gawang lawan. Dari empat pertandingan kandang terakhir, MU hanya melepaskan tujuh tendangan akurat—rekor terburuk skuat The Red Devils di kompetisi domestik. 

Dari total 17 laga, pasukan Manchester United hanya melepaskan 61 tendangan akurat ke gawang—peringkat ke-15 dari total 20 klub peserta Premier League 2015-16. Peringkat pertama ditempati Tottenham Hostpur (110 tendangan), diikuti Manchester City (104 tendangan). 

Dalam dua bulan terakhir, serangan MU juga terkesan tumpul lantaran mengakhiri lima pertandingan dengan skor tanpa gol di Stadion Old Trafford. Lima laga tersebut antara lain saat melawan Manchester City, Middlesbrough, CSKA Moscow, PSV Eindhoven, dan West Ham United. 

Oleh karena itu, tidak heran jika total gol yang diciptakan Manchester United sejauh ini sangat rendah (22 gol). Jumlah tersebut bahkan semakin buruk jika dibandingkan pada musim terakhir Sir Alex Ferguson melatih Rooney dan kawan-kawan yang mampu mencatatkan total 43 gol. 

Pada musim ini, rekor kebobolan MU juga bisa dibilang sangat tinggi bersama Van Gaal. Meski begitu, asisten pelatih MU, Steve Round, mengatakan taktik manajer asal Belanda tersebut memang mengakibatkan beberapa perubahan gaya bermain Juan Mata dan kawan-kawan. 

"MU menggunakan taktik dengan basis penguasaan bola. Jadi, mereka memang akan lebih sedikit menciptakan peluang. Mereka memainkan gaya bermain dengan cara Van Gaal. Apakah itu akan bertahan lama cukup lama, kita akan lihat bagaimana kelanjutannya," ujar Round. 

Teranyar, MU menelan kekalahan 1-2 dari Norwich City, pada laga lanjutan Premier League di Old Trafford, Sabtu (19/12/2015). Itu adalah kekalahan ketiga MU dalam tiga pertandingan terakhir setelah sebelumnya mereka juga takluk 2-1 oleh Bournemouth dan Wolfsburg (Liga Champions). 

Hasil ini pun semakin membuat posisi Van Gaal berada dalam tekanan besar. Menurut media-media Inggris, nasib mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen tersebut akan ditentukan saat Setan Merah menghadapi Stoke City di Britannia Stadium, Sabtu (26/12/2015). 

Sumber: Opta, Skysports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer