Sukses


Tekuk Liverpool Lewat Adu Penalti, City Juarai Piala Liga Inggris

Bola.com, London - Manchester City meraih trofi Piala Liga Inggris 2015-16 usai mengalahkan Liverpool 3-1 lewat adu penalti pada pertandingan final, di Stadion Wembley, London, Senin (29/2/2016) dini hari WIB. Babak adu penalti dilaksanakan setelah kedua tim bermain 1-1 hingga 120 menit. 

Pada babak adu penalti, hanya Can yang tampil baik sebagai eksekutor Liverpool. Tiga penendang lain, Lucas Leiva, Coutinho, dan Lallana gagal menceploskan bola. Sementara itu di kubu City, Jesus Navas, Aguero, dan Toure sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Satu-satunya penendang yang gagal adalah Fernandinho

Kedua tim memulai pertandingan ini dengan tempo lambat lantaran bermain hati-hati pada menit-menit awal pertandingan. Aliran bola lebih banyak bergulir di tengah lapangan.

Peluang pertama diperoleh Liverpool melalui aksi Coutinho pada menit kelima. Beruntung bagi City, kiper Wilfredo Caballero mampu tampil sigap memotong bola umpan silang gelandang asal Brasil kepada Nathaniel Clyne yang sudah bersiap melepaskan tendangan ke arah gawang. 

Pada menit ke-25, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menarik keluar Mamadou Sakho. Bek asal Prancis itu ditengarai mengalami cedera usai menanduk kepala rekannya, Emre Can. Sakho sempat menunjukkan kekecewaannya dengan melemparkan botol minum saat masuk ke lorong ganti. 

City mulai bangkit pada pertengahan babak pertama. Sergio Aguero mendapatkan kesempatan emas untuk membawa timnya unggul lebih dulu. Sayang, bola tendangan keras bomber asal Argentina itu ke arah pojok kiri gawang Liverpool dapat diantisipasi kiper Simon Mignolet. 

Gelandang Manchester City, Fernandinho, usai mencetak gol ke gawang Liverpool, pada pertandingan final Piala Liga Inggris, di Stadion Wembley, Minggu (29/2/2016) dini hari WIB. (AFP/Glyn Kirk).

Selepas turun minum, suporter City bersorak setelah Fernandinho sukses mencatatkan namanya di papan skor untuk membuat The Citizens unggul 1-0 pada menit ke-49. Gol tersebut diciptakan gelandang asal Brasil itu usai memanfaatkan umpan matang Aguero.  

Tertinggal, Klopp mencoba mengubah strategi dengan melakukan pergantian pemain. Alberto Moreno ditarik keluar untuk digantikan Adam Lallana, sementara Divock Origi masuk menggantikan Roberto Firmino. Taktik itu pun berjalan dengan baik karena permainan Liverpool lebih efektif. 

Pada menit ke-83, upaya Liverpool menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil setelah Coutinho mampu membobol gawang Caballero. Gelandang asal Brasil itu menceploskan bola ke gawang lawan usai meneruskan bola tendangan Lallana dari dalam kotak penalti. 

Gelandang Liverpool, Philippe Coutinho, saat merayakan gol ke gawang Manchester City, pada pertandingan final Piala Liga Inggris, di Stadion Wembley, Minggu (28/2/2016). (AFP/Ben Stansall).

Dua menit sebelum waktu normal berakhir, City mendapatkan dua peluang emas melalui aksi Fernandinho dan Yaya Toure. Namun, dua kesempatan itu belum membuahkan hasil karena dapat dipatahkan Mignolet yang tampil cukup gemilang sepanjang pertandingan ini. 

Pada babak tambahan waktu, kedua tim masih saling jual beli serangan dan menciptakan beberapa kesempatan emas. Liverpool hampir saja kembali unggul jika bola hasil sundulan Origi, usai memanfaatkan umpan Coutinho, tidak dapat ditepis Caballero pada menit ke-108.

10 menit sebelum babak tambahan usai, The Reds kembali mendapatkan peluang emas. Kembali Origi membuat jantung suporter City berdetak kencang setelah bola sundulannya usai menerima umpan silang James Milner, melayang tipis di sisi kiri gawang Caballero. Akan tetapi, Aguero dan kawan-kawan mampu menyudahi pertandingan dengan menjadi juara lantaran menang 3-1 pada babak adu penalti.

Kiper Manchester City, Willy Caballero (tengah), bersama rekan-rekannya saat merayakan keberhasilan The Citizens meraih trofi Piala Liga Inggris, usai mengalahkan Liverpool 1-3 lewat babak adu penalti, di Stadion Wembley, London, Minggu (28/2/2016).

Susunan pemain:
Liverpool: 22-Simon Mignolet; 2-Nathaniel Clyne, 17-Mamadou Sakho (4-Kolo Toure 25'), 18-Alberto Moreno (20-Adam Lallana 72), 21-Lucas; 7-James Milner, 10-Philippe Coutinho, 14-Jordan Henderson, 23-Emre Can; 11-Roberto Firmino (27-Divock Origi 80), 15-Daniel Sturridge.
Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

Manchester City: 13-Wilfredo Caballero; 3-Bacary Sagna (5-Pablo Zabaleta 90), 4-Vincent Kompany, 22-Gael Clichy, 30-Nicolas Otamendi; 6-Fernando (16-Jesus Navas 90), 7-Raheem Sterling, 21-David Silva (14-Wilfred Bony 110), 25-Fernandinho, 42-Yaya Toure; 10-Sergio Aguero.
Manajer: Manuel Pellegrini (Cile)

Wasit: Michael Oliver

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer