Sukses


Perjalanan Rivalitas Mourinho dan Guardiola

Bola.com, Manchester - Rivalitas antara Jose Mourinho dan Josep 'Pep' Guardiola menjadi hal yang paling ditunggu pada kompetisi Liga Primer Inggris musim 2016-2017. Mou musim depan membela Manchester United dan Pep merupakan arsitek dari Manchester City.

Keduanya telah mempunyai reputasi sebagai manajer top dunia karena prestasi yang telah diraih sepanjang kariernya. Pertemuan Mou dan Pep dalam laga Manchester derby akan semakin menambah panas rivalitas yang telah berjalan sejak Guardiola ditunjuk menjadi pelatih Barcelona. Partai Manchester derby pertama akan berlangsung di Old Trafford (10/11/2016).

Mourinho dan Guardiola pernah mempunyai hubungan baik saat keduanya masih berada di Barcelona. Saat itu, Mourinho yang bertugas sebagai penerjemah bagi Bobby Robson dan kemudian asisten manajer dari Louis van Gaal, mempunyai peran penting untuk menyatukan visi tim.

Barcelona pernah terpecah menjadi dua blok, yaitu blok Catalunya dan blok pemain asing. Blok Catalunya dipimpin oleh Guardiola sementara blok pemain asing oleh Luis Figo. Mourinho mempunyai tugas krusial untuk menjadi penyambung agar kesatuan Blaugrana tetap terjaga.

Mourinho memutuskan untuk meninggalkan Barcelona pada tahun 2000 untuk memulai karier manajerialnya bersama Benfica. Sementara Guardiola yang memasuki fase akhir dalam kariernya, memutuskan untuk hijrah dari Barcelona pada tahun 2001 untuk menjajal kompetisi sepak bola di Italia, Qatar dan Meksiko, hingga akhirnya pensiun pada tahun 2006.

Sebuah keputusan berani dari Joan Laporta dan Txiki Begiristain menjadi akhir dari pertemanan Mourinho dan Pep Guardiola serta menjadi awal untuk rivalitas antara keduanya.

Berikut perjalanan rivalitas Mourinho dan Barcelona:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Awal Rivalitas Mou & Pep

1. Barcelona tunjuk Guardiola sebagai pengganti Rijkaard


Pada September 2007, Mourinho dan Chelsea sepakat untuk mengakhiri kerjasama setelah performa awal musim yang menurun. Pada musim ini juga, Barcelona mengalami penurunan performa di bawah kendali Frank Rijkaard. Mourinho yang saat itu tidak terikat dengan klub mana pun, difavoritkan untuk menjadi suksesor Rijkaard pada musim 2008/09. Barcelona yang diwakili oleh Marc Ingla dan Txiki Begiristain mengadakan pertemuan dengan Mourinho di Portugal. Pada pertemuan ini, Mourinho melakukan presentasi bagaimana ia akan meremajakan Barcelona. Hasil pertemuan tersebut berjalan positif sampai akhirnya Begiristain mengajukan nama Guardiola untuk menjadi suksesor Rijkaard. Mourinho yang merasa tidak dihargai, akhirnya menerima tawaran Inter Milan.

3 dari 6 halaman

Pertemuan Pertama Mou & Pep

2. Pertemuan pertama Mourinho dan Guardiola sebagai pelatih


Pertemuan pertama antara Mourinho dan Guardiola sebagai pelatih terjadi pada fase grup Liga Champions musim 2009/10. Pada pertandingan yang berakhir imbang tanpa gol ini, kedua pelatih mencoba saling mengenal taktik. Pada pertemuan kedua, Barcelona menang dengan skor 2-0.

4 dari 6 halaman

Mou Ungguli Pep

3. Inter singkirkan Barcelona pada semifinal Liga Champions


Masih berada pada musim yang sama, Inter kembali harus bertanding melawan Barcelona pada babak semifinal. Inter keluar sebagai pemenang setelah unggul 3-2 dalam agregat total. Mourinho melakukan aksi selebrasi yang konfrontatif di depan publik Camp Nou, menandakan keunggulannya atas Guardiola. Pada akhir kompetisi, Mourinho mengantarkan Inter meraih treble winners (Liga Champions, Serie A Italia dan Coppa Italia).

5 dari 6 halaman

Mou & Pep di El Clasico

4. Mourinho vs Guardiola pada laga El Clasico


Setelah membawa Inter meraih treble winners, Mourinho memutuskan untuk menerima pinangan Real Madrid. Keputusan ini menandakan Mourinho kembali akan bersaing dengan Guardiola dalam satu di antara pertandingan sepak bola terpanas di dunia, El Clasico. Perang komentar antara Mourinho dan Guardiola selalu terjadi setiap kedua klub akan bertanding. Sebelas pertandingan antara Real Madrid 'Mourinho' dan Barcelona 'Guardiola' berakhir dengan catatan lima kemenangan untuk Guardiola, dua kemenangan untuk Mourinho, dan empat hasil imbang.

6 dari 6 halaman

Mou & Pep di Laga Super Eropa

5. Mourinho vs Guardiola pada laga Piala Super Eropa


Mourinho kembali bertemu Guardiola pada Piala Super Eropa 2013. Mourinho kembali menangani Chelsea menggantikan Rafael Benitez, sementara Guardiola menjadi suksesor Jupp Heynckes. Pertandingan dimenangi oleh Bayern melalui babak adu penalti dengan skor 5-4. Trofi ini sekaligus menjadi trofi pertama Guardiola untuk Die Bayern.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer