Sukses


Gol Indah Salah Bantu Liverpool Bekuk Chelsea

Jakarta, - Liverpool mencatatkan kemenangan penting dalam perburuan gelar juara Premier League musim ini. Bermain di kandang sendiri, Anfield, Minggu (14/4/2019), pasukan Jurgen Klopp ini menumbangkan tim tamu yang juga klub papan atas, Chelsea, dengan skor 2-0.

Dua gol The Reds dicetak Sadio Mane pada menit ke-51 dan Mohamed Salah menit ke-53.

Jalannya pertandingan

Tim asuhan Jurgen Klopp tampil menekan sejak menit-menit awal. Tuan rumah mendapat kans pada menit keenam, tapi tendangan Mohamed Salah masih dapat diblok kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Serangan terus dilancarkan Liverpool, Mohamed Salah bermain mengesankan dalam menerobos pertahanan tim tamu. Tapi, David Luiz kerap menghentikan pergerakannya saat memasuki area kotak penalti The Blues.

Pada menit ke-20, Chelsea memperoleh peluang lewat Eden Hazard. Namun, tembakannya dari dalam kotak penalti masih dapat dibendung kiper The Reds asal Brasil, Alisson Becker.

Liverpool kembali mendapatkan kesempatan, kali ini melalui tendangan keras sang kapten, Jordan Henderson. Tapi, bola sepakan Henderson mampu diblok David Luiz sehingga bola tak masuk ke gawang Chelsea, pada menit ke-26.

Willian memberikan ancaman ke gawang tuan rumah pada menit ke-30, namun tendangannya masih melenceng. Saling serang terjadi, Chelsea banyak mengandalkan serangan balik untuk merepotkan Liverpool.

Tujuh menit kemudian, Sadio Mane melepaskan tembakan setelah menerima operan dari Salah, namun bola masih melebar dari gawang Chelsea. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Liverpool masih memegang kendali permainan di babak kedua. Virgil van Dijk dkk. begitu ngotot bisa menundukkan Chelsea di Anfield malam ini.

Gol pertama The Reds lahir pada menit ke-51 melalui Sadio Mane. Mane menyambar umpan lambung dari Henderson melalui tandukan kencang di tiang jauh, yang membuat Kepa tidak mampu menjangkau bola.

Keunggulan 1-0 membuat tuan rumah semakin termotivasi melancarkan serangan. Dua menit berselang dari gol pertama, gawang Chelsea kembali bergetar.

Tembakan keras Mohamed Salah dari luar kotak penalti menghujam masuk ke pojok kanan atas gawang The Blues. Liverpool memimpin 2-0 atas tim arahan Maurizio Sarri.

Penguasaan bola masih didominasi klub Merseyside ini, sedangkan Chelsea kesulitan mengembangkan permainan. Roberto Firmino mendapatkan peluang, tapi tendangannya pada menit ke-57 masih menyamping di gawang Chelsea.

Eden Hazard mencoba mengajak rekan-rekan setimnya bangkit dari kertinggalan. Tembakannya pada menit ke-59 harus menerpa tiang gawang dan gagal memperkecil ketinggalan Chelsea.

Gawang The Blues masih aman setelah tendangan Mohamed Salah pada menit ke-65 masih bisa ditangkap Kepa. Tim tamu mulai berani keluar menyerang, meski bola masih lebih banyak dikuasai Liverpool.

The Reds punya peluang lagi pada menit ke-79 setelah Firmino menerima umpan Mohamed Salah. Striker asal Brasil itu memutar tubuh dan melepaskan tendangan, namun bola bisa diamankan Kepa.

Pemain Liverpool mengendurkan permainan dan tidak lagi agresif menekan Chelsea. Hanya, situasi ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh The Blues, yang ternyata juga kesulitan dalam membangun serangan.

Malah The Reds yang punya kans menambah gol, beruntung bola sepakan Mane bisa diselamatkan Kepa pada menit ke-89. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, Liverpool tetap menang 2-0 atas Chelsea.

Kemenangan ini membuat Liverpool kembali menyalip Manchester City, yang sebelumnya sempat mengambil alih puncak klasemen. Liverpool kini mengoleksi 85 poin dari 34 pertandingan, sedangkan Chelsea masih di peringkat keempat dengan 66 poin dari 34 laga.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, van Dijk, Matip, Robertson; Henderson (Milner 77), Fabinho, Keita (Wijnaldum 66'); Mane, Salah (Shaqiri 90'), Firmino

Manajer: Jurgen Klopp

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Azpilicueta, Rudiger (Christensen 40'), Luiz, Emerson; Kante, Jorginho, Loftus-Cheek (Barkley 75); Hudson-Odoi (Higuain 56'), Hazard, Willian

Manajer: Maurizio Sarri

Saksikan video pilihan di bawah ini

Video Populer

Foto Populer