Sukses


Belanja Boros Louis van Gaal di Manchester United: Beli 14 Pemain, Yang Berguna Cuma Sedikit

Bola.com, Jakarta - Pelatih top asal Belanda, Louis Van Gaal pernah berkarier di Manchester United. Dia menangani klub berjulukan Setan Merah itu pada kurun waktu 2014-2016.

Dua musim menangani Setan Merah, Van Gaal gagal menjuarai Premier League. Meski begitu, dia berhasil mempersembahkan Piala FA pada musim 2015-2016.

Piala FA merupakan satu-satunya trofi yang dimenangkan Van Gaal di Old Trafford. Tak lama setelah itu, mantan pelatih Barcelona itu dipecat.

Selama menukangi Manchester United, Van Gaal merekrut cukup banyak pemain. Siapa saja mereka dan bagaimana nasibnya sekarang? Simak di bawah ini

Video

2 dari 15 halaman

Angel Di Maria

Manchester United merekrut Angel Di Maria dari Real Madrid dengan biaya 75 juta euro pada musim panas 2014. Nominal itu menjadikan Di Maria sebagai pembelian termahal Louis van Gaal.

Namun, Di Maria hanya bertahan satu musim di Old Trafford. Dia gagal menunjukkan performa terbaiknya sehingga dijual ke PSG pada musim berikutnya.

Di Maria berhasil membangkitkan kariernya di PSG. Dia sudah mencetak 88 gol dari 255 pertandingan di semua kompetisi untuk klub Prancis tersebut.

3 dari 15 halaman

Anthony Martial

Anthony Martial bergabung ke Manchester United pada 2015. Dia ditebus dengan biaya yang mencapai 60 juta euro dari AS Monaco.

Selama memperkuat Setan Merah, Martial telah mengemas 258 pertandingan. Dia berhasil mencetak 78 gol dari penampilannya tersebut.

Penyerang asal Perancis itu kini menjadi andalan Ole Gunnar Solskjaer. Akan tetapi, penampilannya belakangan ini tidak terlalu konsisten.

4 dari 15 halaman

Morgan Schneiderlin

Morgan Schneiderlin bergabung ke Manchester United dari Southampton pada Juli 2015. Setan Merah mengeluarkan 35 juta euro untuk mendapatkan pemain asal Prancis tersebut.

Kedatangan Schneiderlin diharapkan bisa memperkuat lini tengah Manchester United. Akan tetapi, sang pemain justru kesulitn mendapat kesempatan bermain reguler di Old Trafford.

Schneiderlin hanya tampil 47 kali bersama The Red Devils. Mantan pemain Strasbourg itu akhirnya hengkang ke Everton pada Januari 2017.

5 dari 15 halaman

Memphis Depay

Memphis Depay tampil cemerlang bersama PSV Eindhoven. Manchester United kemudian merekrutnya pada 2015 dengan biaya 34 juta euro.

Namun, winger asal Belanda gagal itu tampil sesuai ekspektasi bersama Setan Merah. Dia hanya mencetak tujuh gol dari 53 pertandingan.

Pada Januari 2017, Depay meninggalkan Old Trafford dan hijrah ke Lyon. Kini, Depay sudah menemukan performa terbaiknya bersama Lyon.

6 dari 15 halaman

Marcos Rojo

Marcos Rojo tampil impresif bersama Argentina di Piala Dunia 2014. Hal itu membuka jalan Rojo untuk datng ke Manchester United.

Sayang, nasib Rojo di Old Trafford bisa dibilang sangat tidak beruntung. Cedera membuat sang pemain jarang tampil di atas lapangan.

Setelah sempat dipinjamkan ke Estudiantes, Rojo meninggalkan Old Trafford pada musim dingin 2021. Dia kembali ke Argentina sekali lagi untuk bergabung dengan Boca Juniors.

7 dari 15 halaman

Matteo Darmian

Matteo Darmian tiba di Manchester United pada tahun 2015. Bek asal Italia itu direkrut dari Torino dengan biaya yang mencapai 18 juta euro.

Namun, cedera dan gagal adaptasi membuatnya kesulitan menembus skuad utama Manchester United. Setelah membela Setan Merah dalam empat musim, Darmian kembali ke Italia dengan memperkuat Parma.

Darmian saat ini bermain di Inter Milan. Walau bukan pemain inti, dia cukup berguna bagi tim asuhan Antonio Conte.

8 dari 15 halaman

Daley Blind

Daley Blind merupakan anak buah Louis van Gaal di timnas Belanda. Dia mengikuti sang bos ke Manchester United setelah Piala Dunia 2014.

Selama memperkuat Setan Merah, Blind tampil dalam 141 pertandingan. Dia juga berhasil membantu klub menjuarai Liga Europa 2016-2017.

Setelah kurang mendapatkan kesempatan bermain, Blind akhirnya meninggalkan Manchester United. Dia memutuskan kembali ke Ajax, hingga kini.

9 dari 15 halaman

Bastian Schweinsteiger

Bastian Schweinsteiger didatangkan Louis van Gaal ke Manchester United pada tahun 2015. Gelandang asal Jerman itu ditebus dari Bayern Munchen sebesar 9 juta euro.

Kedatangan Schweinsteiger di Old Trafford diiringi dengan ekspektasi tinggi. Dia diyakini akan membawa mental juara dan kematangan bermainnya setelah meraih kesuksesan bersama Bayern dan timnas Jerman.

Meski sukses mencatatkan 35 pertandingan di semua kompetisi, performa Schweinsteiger ternyata tidak mengesankan. Dia lebih sering menjadi pemain cadangan daripada pemain inti.

10 dari 15 halaman

Radamel Falcao

Radamel Falcao didatangkan Manchester United pada 2014. Penyerang asal Kolombia itu dipinjam dari AS Monaco selama satu musim.

Namun, Falcao gagal menunjukkan tajinya saat berseragam Setan Merah. Dia hanya mencetak empat gol dari 29 pertandingan di semua kompetisi.

Setelah masa peminjamannya berakhir, Falcao sempat memperkuat Chelsea pada musim 2015-2014. Kini, pemain berusia 35 tahun itu bermain di Galatasaray.

11 dari 15 halaman

Sergio Romero

Sergio Romero merapat ke Manchester United pada 2015. Dia didatangkan dari Sampdoria secara gratis,

Sejak saat itu hingga sekarang, Romero tak pernah menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang. Kiper Argentina itu cuma menjadi pelapis David De Gea.

Kontrak Romero di Old Trafford akan habis pada akhir musim ini. Pemain berusia 34 tahun itu berniat mencari klub baru pada musim panas mendatang.

12 dari 15 halaman

Luke Shaw

Luke Shaw bergabung dengan Manchester United pada tahun 2014. Dia didatangkan dari Southampton dengan biaya 37,5 juta euro.

Cedera patah kaki sempat menghambat perkembangan Luke Shaw di Old Trafford. Namun, bek asal Inggris itu pada akhirnya mampu menemukan kembali performa terbaiknya.

Saat ini, Luke Shaw menjadi pemain reguler Ole Gunnar Solskjaer di Man United. Dia sudah mencatatkan 179 penampilan untuk klub.

13 dari 15 halaman

Ander Herrera

Ander Herrera direkrut Manchester United di bawah rezim Louis Van Gaal. Dia diboyong dari Athletic Bilbao pada 2014 dengan biaya 36 juta euro.

Herrera kemudian menjadi pemain favorit publik Old Trafford. Dia berhasil membukukan 189 penampilan untuk Setan Merah.

Kebersamaan Herrera dengan Setan Merah berakhir pada musim panas 2019. Dia kemudian melanjutkan kariernya di Prancis dengan PSG.

14 dari 15 halaman

Vanja Milinkovic-Savic

Vanja Milinkovic-Savic datang ke Manchester United pada tahun 2014. Dia direkrut dari klub Serbia Vojvodina dengan biaya 1,75 juta euro.

Namun Milinkovic-Savic tak pernah sekalipun tampil bersama tim senior. Dia kemudian dilepas ke Lechia Gdansk pada tahun 2016.

Saat ini, kiper berusia 24 tahun itu bermain untuk Torino. Dia sudah memperkuat klub Serie A tersebut sejak tahun 2017 lalu.

15 dari 15 halaman

Victor Valdes

Victor Valdes bergabung dengan Manchester United pada Januari 2015. Dia sempat menganggur selama beberapa bulan usai dilepas oleh Barcelona.

Namun, Valdes gagal merebut posisi inti di bawah mistar gawang MU. Malah, dia terlibat cekcok dengan Louis van Gaal akibat menolak dimainkan di tim U-21.

Valdes akhirnya meninggalkan Old Trafford pada musim panas 2016. Dia sempat memperkuat Middlesbrough dan pensiun satu tahun setelahnya.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 21/4/2021)

Video Populer

Foto Populer