Sukses


Liga Inggris: Cerita Erling Haaland yang Dulu Takut Menyundul Bola, Sukses Berkat Ole Gunnar Solskjaer

Bola.com, Jakarta - Bomber Manchester City, Erling Haaland mengakui Ole Gunnar Solksjaer adalah gurunya di masa kecil yang mengajarinya cara menyundul.

Kemampuannya itu terus berkembang, termasuk saat mencetak gol pertama melalui sundulan ke gawang Manchester United, Minggu (2/10/2022) malam WIB. Man United sendiri notabene adalah tim yang pernah dilatih Ole.

Golnya itu berhasil membuka pesta kemenangan Man City 6-3 atas Man United pada pekan ke-9 Liga Inggris 2022/2023. di Etihad Stadium. Haaland turut mencetak hattrick pada laga ini.

Usaha keras sejak kecil bersama Ole yang kini membuatnya telah dikenal sebagai monster. Selain kedua kakinya, Erling Haaland juga jadi yang termasuk berbahaya di udara berkat kemampuannya menyundul.

2 dari 6 halaman

Dulu Takut Menyudul Bola

Haaland dalam wawancaranya dengan Sky Sports menjelaskan bahwa sejak kecil ia takut menyundul bola. Hal itu terus terjadi pada saat bergabung dengan tim seniornya Bryne, salah satu klub di Norwegia.

“Ketika saya berada di klub kota saya, Bryne, saya tidak bisa menyundul bola. Saya takut melakukannya,” ujar dia.

“Tapi ketika Anda benar-benar baru pertama kali mencoba sesuatu, Anda pasti akan penasaran tentang hal tersebut.”

3 dari 6 halaman

Latihan Menyudul bersama Ole

Pemain yang kini berusia 22 tahun itu mengakui bahwa momen belajar itu terjadi di klub profesional keduanya, Molde, klub Norwegia lainnya. Ole melihat ketakutan tersebut dan memberinya sesi latihan khusus dengan asisten pelatih.

“Lalu ketika saya bergabung dengan Molde dengan Ole di sana, dia bilang ‘oh, kamu tidak bisa menyundul, berarti kita harus segera mempelajarinya’,” ujar Haaland.

“Hampir setiap hari saya mendapatkan umpan silang darinya dan Mark Dempsey [asisten pelatih] dan menyundul bola itu ke gawang.”

“Mark melemparkan bola itu dengan cara yang cukup mudah. Saya berdiri sekitar lima meter darinya dan dia ada di gawang. Saya mencoba untuk menyundulnya lurus dan melakukan hal itu berulang kali.”

4 dari 6 halaman

Memetik Hasil

Haaland kini senang dengan apa yang ia lakukan berulang kali sejak kecil, khususnya soal menyundul. Ia bisa melihat hasilnya saat ini.

“Tidak ada yang lebih baik rasanya ketika Anda sudah berlatih sesuatu dan akhirnya melihat hasil tersebut. Lama-kelamaan muncul perasaan ‘sekarang lebih mudah’ atau akhirnya mencetak gol dengan kepala,” ujar dia mengakhiri.

 

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, 3/10/2022)

5 dari 6 halaman

Liga Inggris Eksklusif di Emtek

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer