Sukses


Nasib 10 Lulusan Akademi Arsenal yang Debut pada Musim Terakhir Arsene Wenger: Eddie Nketiah Termoncer

Bola.com, Jakarta - Arsene Wenger terkenal sebagai pelatih yang memberikan kesempatan bagi pemain muda Arsenal terus berkembang. Bahkan, dia terus melakukannya hingga akhir masa jabatannya di London.

Pelatih asal Prancis itu mengembangkan banyak pemain berbakat saat mengabdi selama 22 tahun di Arsenal. Setiap tahun, dia mencoba menghasilkan generasi penerus dan memolesnya menjadi seorang bintang.

Alih-alih membeli pemain berharga wow, Wenger justru menciptakan pemain mahalnya sendiri. Tidak jarang, Arsenal selalu mendapat untung kala menjual pemain hasil didikannya dengan harga yang mahal.

Pada musim terakhirnya sebagai pelatih kepala Arsenal, Arsene Wenger memberikan debut senior kepada 10 pemain jebolan akademi Gunners. Lalu bagaimana nasibnya sekarang?

Berikut nasib 10 pemain muda yang diberikan kesempatan jalani debut senior pada musim terakhir Arsene Wenger sebagai manajer Arsenal.

 

2 dari 11 halaman

1. Matt Macey

Macey bergabung dengan akademi Arsenal pada 2013 setelah uji coba yang sukses dan melakukan debut di tim utama dalam pertandingan Piala Liga melawan Norwich pada 2017. Tapi dia hanya membuat satu penampilan lagi.

Penjaga gawang tersebut kemudian dipinjamkan ke Plymouth Argyle. Ia tampil mengesankan di League One, sebelum kembali ke Arsenal. Dia ikut membantu manajer Arsenal saat ini, Mikel Arteta, menjuarai Piala FA 2020 sebelum hijrah ke Hibernian.

 

3 dari 11 halaman

2. Ben Sheaf

Sheaf memulai karier dengan tim muda West Ham sebelum beralih ke Arsenal pada 2014, dan Wenger memberi tips kepadanya untuk masa depan yang cerah. "Dia selalu unggul dalam permainan dan kualitas antisipasinya sangat apik," kata Wenger kepada Arsenal Player pada 2017.

Gelandang itu menjalani debut seniornya dalam kemenangan 1-0 Arsenal atas Red Star Belgrade pada 2017, tetapi hanya membuat dua penampilan lagi untuk klub tersebut. Sheaf saat ini beralih ke Coventry City, setelah menandatangani kontrak pada 2021 setelah masa pinjaman yang sukses.

 

4 dari 11 halaman

3. Marcus McGuane

McGuane adalah prospek yang dinilai tinggi saat menjadi starter dari dua penampilan seniornya melawan BATE Borisov pada 2017. Dia bergabung dengan Luton Town tahun lalu dan saat ini dipinjamkan ke Portsmouth.

Sang gelandang pindah ke tim B Barcelona pada 2018 dan menjadi orang Inggris pertama di tim raksasa Spanyol itu sejak Gary Lineker pada 1989 saat tampil di Piala Super Catalan. McGuane kini kembali ke Inggris bersama Oxford United.

 

5 dari 11 halaman

4. Eddie Nketiah

Nketiah juga menjalani debut saat melawan BATE Borisov dengan mencetak dua gol dalam waktu 35 menit pada penampilan berikutnya melawan tim yang sama. Dia kemudian membukukan gol pertaman di Primere League pada laga terakhir musim 2018/2019.

Setelah menjalani masa pinjaman yang kurang memuaskan di Leeds, ia kembali ke Emirates dan telah menjadi anggota skuad kunci untuk Arteta. Nketiah saat ini mengisi posisi Gabriel Jesus yang cedera dan telah mencetak beberapa gol penting musim ini.

 

6 dari 11 halaman

5. Joe Willock

Willock bergabung dengan akademi Arsenal pada usia empat tahun dan menjalani debutnya saat meraih kemenangan di Piala Liga atas Doncaster pada September 2017. Pemain berusia 23 tahun itu menandatangani kontrak jangka panjang dengan The Gunners pada September 2019 tetapi tidak pernah bisa mendapatkan tempat di tim utama.

Setelah mencetak delapan gol dalam 14 penampilan Premiere League untuk Newcastle United saat dipinjamkan pada paruh kedua musim 2020/2021, dia akhirnya dipermanenkan dengan harga 25 juta pounds. Willock sejak saat itu mengemas empat gol dalam 51 penampilan Premier League untuk tim asuhan Eddie Howe.

 

7 dari 11 halaman

6. Josh Dasilva

"Saya ingin bermain untuk Arsenal selama sisa hidup saya, tetapi saya harus melakukan yang terbaik untuk karier saya," kata Dasilva kepada The Independent awal tahun ini. Itu tidak mudah, tetapi ada peluang yang lebih baik dan saya percaya pada diri sendiri," lanjutnya.

Dia telah membuktikan dirinya sebagai pemain kunci di Brentford. Dasilva menjadi pilar saat Brentford promosi ke Premier League dan membukukan 30 penampilan untuk Thomas Frank's Bees di papan atas.

 

8 dari 11 halaman

7. Reiss Nelson

Setelah melakukan debut di Arsenal saat melawan Chelsea di Community Shield 2017, Nelson telah tampil lebih dari 50 kali untuk klub masa kecilnya. Meskipun di sela-sela itu dia dipinjamkan ke Hoffenheim dan Feyenoord.

Pemain sayap itu kini tidak masuk dalam skuad utama Arsenal di bawah besutan Mikel Arteta akhir-akhir ini. Dia mencetak dua gol dan mencatatkan assist hanya dalam 64 menit di Premier League musim ini.

 

9 dari 11 halaman

8. Chris Willock

Pemain berusia 22 tahun itu adalah kakak dari Joe Willock dan melakukan debut di Arsenal pada laga Piala Liga melawan Nottingham Forest pada 2016. Dia hanya membukukan satu penampilan lagi dan menandatangani kontrak lima tahun dengan Benfica sejak 2017.

Di Benfica, Willock juga gagal bersaing dan akhirnya kembali ke Inggris. Dia sudah hampir mengoleksi 100 penampilan untuk tim yang terancam terdegradasi dari Champions League, Queens Park Rangers.

 

10 dari 11 halaman

9. Jeff Reine-Adelaide

Mantan pemain internasional Prancis U-21 itu mendapati peluangnya terbatas di Emirates. Reine-Adelaide hanya membuat delapan penampilan untuk tim senior Arsenal sebelum bergabung dengan klub Ligue 1 Angers pada 2018.

Reine-Adelaide akhirnya mampu memulai kembali kariernya di Prancis. Dia kemudian diboyong ke Lyon dengan transfer senilai 25 juta pounds pada 2019. Dia tidak pernah cukup terkesan di Parc Olympique Lyonnais, dan sekarang dipinjamkan ke Troyes.

 

11 dari 11 halaman

10. Alex Iwobi

Debut senior Iwobi untuk Arsenal terjadi saat kekalahan Arsenal dengan skor 0-3 dari Sheffield Wednesday pada 2016. Pemain sayap tersebut mencatat 149 penampilan untuk Gunners.

Kedatangan Nicolas Pepe membuat Iwobi gagal bersaing di era Unai Emery. Pemain asal Nigeria itu dijual ke Everton seharga 28 juta dolar pada 2019 dan kariernya mengalami pasang surut.

Sumber: Planet Football

 

Video Populer

Foto Populer