Sukses


Cerita Erling Haaland yang Hampir Berbaju MU: Ole Gunnar Solskjaer Jadi Agennya tapi Tak Digubris

Bola.com, Jakarta - Erling Haaland menjelma sebagai pemain terhebat soal urusan mencetak gol di Liga Inggris saat ini. Ia baru saja menjejakkan karier di Premier League awal musim ini, setelah digaet Manchester City dari Borusia Dortmund.

Namun siapa sangka, Erling Haaland tidak membutuhkan adaptasi lama untuk menjadi mesin gol The Citizens. Gol demi gol ia cetak untuk klub yang bermarkas di Etihad Stadium.

Musim 2022/2023 yang tinggal beberapa pekan lagi berakhir, pemain asal Norwegia itu memiliki statistik yang mencengangkan. Di Liga Inggris ia mencetak 35 gol dari 32 laga.

Sementara di Liga Champions ia membukukan 12 gol dari sembilan laga. Total Haaland mencetak 51 gol di semua kompetisi musim ini, dan jumlah itu bisa bertambah saat kompetisi benar-benar berakhir.

Ada fakta menarik bahwa Erling Haaland ternyata pernah hampir berbaju Manchester United (MU) beberapa tahun lalu. Hal itu dibeberkan oleh Ole Gunnar Solskjaer, mantan manajer tim Setan Merah.

2 dari 7 halaman

Desakan untuk MU

Baru-baru ini Solskjaer menceritakan bahwa ia pernah mendesak manajemen MU untuk menyelesaikan kepindahan Haaland ketika sang pemain masih bermain untuk Molde di tahun 2018.

Solskjaer menjadi manajer Molde saat itu menghubungi petinggi MU agar mengontak Haaland. Harga Erling Haaland saat itu juga sangat murah, yaitu 4 juta poundsterling.

Namun sayangnya usaha Solkjaer sia-sia, lantaran manajemen MU menolak dan membuang kesempatan itu. Menariknya, Ole Gunnar Solskjaer menjadi manajer MU enam bulan setelah itu.

3 dari 7 halaman

Melejit

Setelah berkiprah di Molde, Haaland justru bergabung dengan Red Bull Salzburg dan kemudian Borussia Dortmund sebelum pindah ke Manchester City senilai 51,2 juta poundsterling tahun lalu.

“Saya menelepon United sekitar enam bulan sebelum saya mengambil alih dan memberi tahu mereka bahwa saya mendapatkan striker potensial, tetapi mereka tidak mendengarkan,” terang Solskjaer dilansir dari The Sun via Daily Mail.

"Saya meminta 4 juta pounds untuk Haaland tetapi mereka tidak mengontraknya,” lanjut Solksjaer.

4 dari 7 halaman

Gacor Sejak Belia

Selama waktunya di Molde, Haaland mencetak 20 gol dalam 50 pertandingan, dengan semua penampilan itu terjadi di bawah Solskjaer. Dia bergabung dengan klub dari Bryne pada 2017.

Sementara musim ini, Haaland yang masih berusia 22 tahun telah menikmati musim pertama yang fenomenal di sepak bola Inggris dan telah mencetak 51 gol dalam 47 pertandingan di semua kompetisi.

5 dari 7 halaman

Dapat Pesan Khusus

Setelah Haaland bergabung dengan Man City, Solskjaer mengirim pesan sekaligus memberi selamat kepadanya atas apa yang akan menjadi langkah bersejarah berkiprah di Liga Inggris.

"Ketika saya menandatangani kontrak dengan City, dia memberi selamat kepada saya dan menulis kepada saya 'Semoga berhasil pergi ke sisi yang salah di Manchester'," kata Haaland kepada Manchester Evening News.

“Kadang-kadang kami berbicara. Seperti yang Anda ketahui, dia memberikan pengaruh besar pada karier saya ketika saya berada di Molde. Dia pria yang baik,” katanya.

6 dari 7 halaman

Betah di Stadion Etihad

Erling Haaland sangat menikmati kiprahnya di Man City yang sensasional walau belum genap setahun. Meski bakal menjadi incaran banyak tim besar, untuk saat ini ia masih ingin meraih berbagai prestasi dengan The Citizens.

'Saya menyukai waktu saya di City sejauh ini. Begitu juga rekan setim yang luar biasa, dan mereka memberi saya peluang untuk mencetak gol,” ungkap Haaland.

“Saya sekarang fokus untuk memastikan saya menyelesaikan musim sekuat mungkin dan membantu City memenangkan trofi,” jelasnya.

Sumber: Daily Mail

7 dari 7 halaman

Lihat Kiprah Man City di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer