Sukses


5 Bek Tengah Terbaik Premier League Saat Ini: Tanpa Pilar MU, Siapa Paling Tangguh?

Bola.com, Jakarta - Dalam sepak bola, pencetak gol atau pemberi assist lebih sering mendapatkan perhatian ketimbang pemain yang menjaga pertahanan tim agar terhindar dari kebobolan. Bahkan di kompetisi seperti di Premier League saja, setiap tim butuh lini pertahanan kelas dunia.

Selama bertahun-tahun, Premier League telah menjadi rumah bagi banyak bek tengah terbaik di sepak bola dunia. Sebut saja Rio Ferdinand, Tony Adams, John Terry, Vincent Kompany, dan masih banyak lagi.

Nama-nama di atas bisa dibilang merupakan pemain bertahan yang lengkap pada eranya. Mampu berduel udara dengan baik saat dibutuhkan, solid ketika menghadapi situasi satu lawan satu, dan cerdas memposisikan diri di tempat yang tepat untuk memadamkan bahaya apa pun.

Jumlah pemain bertahan hebat di Premier League cukup banyak, seperti Virgil van Dijk di Liverpool maupun William Saliba di Arsenal.

Namun, siapa saja yang menjadi bek terbaik dari yang terbaik di Premier League saat ini? Berikut lima di antaranya seperti dilansir dari Give Me Sport.

2 dari 8 halaman

5. Thiago Silva (Chelsea)

 

Pemain yang menua seperti halnya anggur berkualitas. Meski sudah berusia 39 tahun, Thiago Silva tetap menjadi salah satu bek terbaik di Premier League.

Kemampuannya membaca permainan tak tertandingi. Kecerdasannya di lapangan adalah alasan utama dia bisa tetap bermain di kasta tertinggi Liga Inggris, di mana ia mampu menghadapi pemain yang hampir 20 tahun lebih muda darinya.

Bukan hanya menjadi salah satu bek terbaik dunia saat ini, tetapi juga merupakan salah satu bek terbaik abad ke-21. Ia menonjol di Chelsea sebagai salah satu pemain terbaik mereka pada musim ini, meski The Blues tidak konsisten.

3 dari 8 halaman

4. John Stones (Man City)

 

Betapa hebat John Stones bagi Pep Guardiola pada musim lalu. Mengambil peran yang tidak lazim sebagai pemain yang masuk ke lini tengah, bek asal Inggris ini mendapatkan julukan Barnsley Beckenbauer karena penampilannya yang luar biasa di jantung pertahanan Man City ketika meraih treble.

Tidak banyak yang bisa memainkan peran seperti itu pada musim lalu, dan perkembangannya menjadi salah satu bek tengah terbaik di Premier League makin mengesankan karena hampir meninggalkan klub pada 2020.

Namun, setelah mengalami cedera yang membuatnya absen dalam sebagian besar musim ini, sulit untuk menempatkannya lebih tinggi dari ini. Terutama jika Anda mempertimbangkan betapa bagus tiga pemain teratas di dalam daftar ini.

4 dari 8 halaman

3. Ruben Dias (Man City)

 

Sebuah permata di lini pertahanan Man City, Ruben Dias telah mendapatkan reputasinya sebagai raksasa di lini pertahanan dan salah satu yang terbaik posisinya di dunia.

Ia tidak kenal rasa takut ketika melakukan tekel, pengumpan bola yang luar biasa, dan seorang pemimpin di lini pertahanan.

Ia mampu memainkan gaya sepak bola Pep Guardiola dan mengukuhkan statusnya sebagai salah satu bek terbaik di dunia.

Dia tidak dalam kondisi terbaiknya pada musim ini. Pelanggaran Ruben Dias terhadap Armando Broja membuat Man City mendapatkan penalti dan bermain imbang 4-4 dengan Chelsea. Ia juga menjadi penyebab terciptanya salah satu gol RB Leipzig di Liga Champions.

5 dari 8 halaman

2. William Saliba (Arsenal)

 

Menembus tim utama Arsenal pada musim 2022/2023, tidak banyak yang menyangka kebangkitan William Saliba dari talenta muda menjadi salah satu bek terbaik di dunia sepak bola. Namun, itulah yang memang terjadi.

Pemain asal Prancis ini menjadi salah satu pemain yang menonjol dalam perburuan gelar juara Arsenal, masuk dalam tim terbaik PFA tahun ini karena penampilan dominannya.

Banyak hal yang memperlihatkan bahwa cita-cita Arsenal untuk meraih gelar Premier League berantakan ketika ia keluar dari tim karena cedera.

Namun, ia telah bangkit kembali dengan luar biasa dan kembali ke starting lineup dengan penampilan yang lebih baik dari sebelumnya.

Memainkan setiap pertandingan sejauh ini, dibutuhkan sesuatu yang cukup untuk mengunci Erling Haaland seperti yang dia lakukan. Dan dia saat ini memimpin dalam hal persentase tekel terhadap pemain yang melakukan dribel, dengan angka 91,7 persen.

Banyak orang tidak akan mengeluh andai dia ada di peringkat pertama. Namun, harus diakui penghuni posisi pertama adalah bek yang mampu memperlihatkan diri sebagai nomor satu dalam beberapa tahun terakhir.

6 dari 8 halaman

1. Virgil van Dijk (Liverpool)

 

Pada musim 2022/2023, banyak yang mengatakan dia terdegradasi dan bukan pemain yang sama seperti dulu. Namun, musim ini Virgil van Dijk terlihat akan kembali dengan penuh semangat, dan secara konsisten memperlihatkan mengapa ia dianggap sebagai salah satu bek terbaik di dunia, apalagi di Premier League.

Dampak Transformatif yang diberikannya kepada Liverpool sejak bergabung tidak bisa dipandang sebelah mata, dan kemampuannya bertahan pada musim 2023/2024 telah membantu tim asuhan Jurgen Klopp itu kembali ke jalur perebutan gelar pada musim ini.

Berada di urutan kesembilan dari seluruh pemain Premier League yang melakukan intersep, ketujuh dalam hal clearance, dan kedua dalam hal duel udara, semua data memperlihatkan Virgil van Dijk kembali bermain pada level terbaiknya.

Mengingat penampilan konsisten yang diperlihatkannya selama beberapa tahun, trofi yang ia menangkan, dan apa yang dibawa ke klub, jelas dia merupakan bek terbaik di Premier League saat ini.

Sumber: Give Me Sport

7 dari 8 halaman

Cara Legal Menyaksikan Premier League

Selama dua tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

8 dari 8 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer