Sukses


Wataru Endo Bikin Jurgen Klopp Sampai Pegang Kepala: Main 120 Menit Luar Biasa, Terima Medali Kaki Sudah Kaku

Bola.com, London - Wataru Endo telah berubah menjadi satu di antara pahlawan Liverpool musim ini.

Setelah awal yang buruk setelah kedatangannya dari Bundesliga pada musim panas, ia kini menjadi pemain reguler di tim asuhan Jurgen Klopp. Klopp secara rutin menyatakan seberapa besar pengaruh yang telah ia buat.

Dalam 11 pertandingan Premier League yang ia mainkan sebagai starter, Liverpool telah menang sembilan kali dan seri dua kali dan dengan krisis cedera di Anfield, pemain Jepang ini menjadi kunci di final Carabao Cup 2023/2024 melawan Chelsea di Wembley, Minggu (25/2/2024).

Gelandang bertahan Jepang ini menjadi lebih baik dari pertandingan demi pertandingan dan menunjukkan dengan tepat apa yang diinginkan klub untuk membelinya dalam kemenangan final Piala Carabao.

2 dari 3 halaman

120 Menit

Endo bermain selama 120 menit dalam kemenangan luar biasa 1-0 itu, melakukan tekel demi tekel saat rekan satu timnya terjatuh seperti lalat hingga cedera.

Direkrut pada musim panas dari Stuttgart hanya dengan £16,2 juta, ada beberapa keraguan tentang pemain berusia 31 tahun itu. Namun dia terus meyakinkan mereka dengan penampilan yang lebih baik sepanjang musim.

Berbicara pasca-pertandingan, Jurgen Klopp sampai memegang kepalanya saat mendiskusikan pemain nomor 3 miliknya.

“Waturu Endo! Ya Tuhan!" kata Klopp. “Dia menjalani upacara dengan kaki paling kaku yang pernah saya lihat.”

3 dari 3 halaman

Keluar dari Tekanan

Pemain berusia 31 tahun ini awalnya kesulitan dengan tempo Liga Premier tetapi minggu demi minggu, ia telah beradaptasi dan menjadi jimat saat Liverpool bersaing di empat besar.

Dia terpilih sebagai Pemain Terbaik Liverpool Bulan Desember dan Klopp bahkan menyatakan dia sebagai salah satu orang pekerja paling keras yang pernah dia temui.

“Sulit bermain untuk Liverpool. Selalu ada banyak tekanan," kata Endo mengakui.

“Bermain di Premier League itu sulit, tapi itu adalah sesuatu yang kuinginkan sejak lama dan aku mencoba menikmatinya dan melakukan yang terbaik setiap saat. Saya merasa telah berkembang sepanjang musim ini dan itu membantu memberi saya kepercayaan diri.”​

Video Populer

Foto Populer