Sukses


Cuma Marc Marquez dan Valentino Rossi yang Bisa Mempertahankan Titel Juara Dunia MotoGP, Sinyal Pecco Bagnaia Bakal Gagal?

Bola.com, Jakarta - Data statistik menuliskan, menjadi juara dunia MotoGP merupakan sebuah tugas berat tapi ada yang lebih sulit lagi yaitu mempertahankannya.

Hal di atas bakal dirasakan Ducati dan pembalapnya, Pecco Bagnaia pada MotoGP 2023. Pada sesi launching tim Ducati hari Senin (23/01/2023), rider asal Italia itu telah memastikan akan menggunakan nomor motor 1.

Tercatat sejak era 4-tak MotoGP dimulai tahun 2002, tidak ada pembalap dengan nomor motor 1 bisa mempertahankan titel juara dunia.

Lebih luas lagi, sejak dimulainya era MotoGP, bahkan hanya ada dua pembalap yang bisa mempertahankan titel juara dunia.

Keduanya yaitu Marc Marquez dan Valentino Rossi. Bila hitungannya sejarah sejak kelas tertinggi masih 500cc, cuma ada lima pembalap bisa mempertahankan titel juara dunia.

Kelimanya adalah Mick Doohan, Wayne Rainey, Kenny Roberts, Barry Sheene dan Giacomo Agostini.

2 dari 4 halaman

Tantangan Sangat Berat

Berbicara pada launching tim Ducati, General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna tahu betul statistik di atas.

Menurutnya Pecco Bagnaia punya tantangan sangat berat ditambah secara statistik begitu sulit untuk mempertahankan titel juara dunia MotoGP 2023.

"Hanya ada beberapa pembalap yang berhasil mengulang kesuksesan di musim berikutnya. Jadi ini tantangan yang sangat rumit, tetapi kami menyukai tantangan dan kami senang mencoba mencapainya," kata Dall'Igna.

"Kami adalah juara dunia tetapi kami harus tetap rendah hati, yang merupakan karakteristik yang sangat penting dalam olahraga dan kehidupan," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Bagnaia Kali Pertama

Jika Bagnaia mampu mengulang kesuksesan tahun 2022 pada MotoGP 2023, ia juga akan menjadi pembalap pertama di era MotoGP yang bisa mempertahankan gelar dengan menggunakan nomor motor 1.

"Melihat (nomor 1) di atas motor itu indah dan sekarang tujuan saya adalah melakukan segalanya untuk mempertahankannya," ujar anak didik Valentino Rossi itu. 

"Itu tidak akan mudah karena saya mengharapkan persaingan yang lebih ketat dari tahun lalu, dengan banyak rival yang siap bertarung untuk gelar." 

"Namun, saya sadar bahwa saya memiliki motor dan tim terbaik untuk membidik target lebih tinggi lagi di tahun 2023," lanjutnya. 

4 dari 4 halaman

Tantangan Terberat

Tentu patut ditunggu apakah Pecco Bagnaia bisa mempertahankan titel juara dunia pada MotoGP 2023. Yang pasti ia dibekali motor terkuat di grid, Ducati Desmosedici.

Batu sandungan bisa datang dari tim sendiri. Karena Enea Bastinini yang notabene rekan setim baru, punya kans besar untuk bersaing jadi juara dunia.

Belum lagi beberapa nama dari pabrikan lain seperti Marc Marquez atau Fabio Quartararo yang tentunya siap memberikan ancaman.

Sumber: Crash

Video Populer

Foto Populer