Sukses


Jelang MotoGP Amerika Serikat 2024: Marc Marquez Jago Banget Lho di Trek Anti-Clockwise

Bola.com, Jakarta - MotoGP 2024 akan menggelar seri ke-3 di Circuit of the Americas, Austin, akhir pekan ini. Mendengar nama COTA, satu nama pembalap pasti langsung mencuat.

Sosoknya adalah Marc Marquez. Ya, COTA merupakan tipe trek anti-clockwise atau berlawanan arah jarum jam. Trek seperti ini didominasi tikungan arah kiri lebih banyak ketimbang kanan.

Nah semua trek anti-clockwise, Marc Marquez bisa dibilang punya rapor fantastis mendekati sempurna. Contoh MotoGP Aragon. Dia merupakan pemenang edisi 2015 dan empat kali berturut-turut: 2016-2019.

Sayang akibat rentetan cedera, Marc Marquez tidak menang di MotoGP Aragon sejak edisi 2020. Mau tahu berapa jumlah tikungan kiri di Aragon? Ada sepuluh berbanding tujuh.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Berjaya di Sachsenring

Trek lain tipe anti-clockwise adalah Sirkuit Sachsenring. Sachsenring bahkan betul-betul berlawanan arah jarum jam karena punya 10 tikungan kiri dan hanya tiga ke kanan.

Tidak heran, Marc Marquez sangat superior di MotoGP Jerman. Tercatat ia pernah merasakan delapan race berturut-turut balapan di Sachsenring selalu menang: 2013-2019. 

Sempat tidak digelar pada MotoGP 2020 akibat pandemi COVID-19, Marquez kembali menang di Sachsenring pada 2021. 

3 dari 3 halaman

Rapor Marc di COTA

Nah bagaimana rapor Marc Marquez di COTA atau yang sering disebut Sirkuit Austin, Texas? Sirkuit Austin sendiri punya tikungan kiri sebanyak sebelas dan berbanding sembilan untuk tikungan kanan.

Di trek ini, Marc Marquez sempat menang enam balapan berturut-turut yaitu musim 2013-2018. Sayang tren ini diakhiri Alex Rins pada edisi 2019. Itupun penyebabnya Marc Marquez tidak finis.

Tentu saja tidak heran, jelang MotoGP Amerika Serikat 2024, sosok Marc Marquez kembali masuk kandidat untuk menang balapan. 

Apalagi saat ini, Marquez bakal balapan menggunakan motor Ducati Desmosedici atau motor paling kompetitif di grid.  

Video Populer

Foto Populer